Waktu Terbaik Untuk Melakukan Terapi Bekam Sunnah

Diposting pada

Waktu terbaik berbekam

Terapi bekam adalah metode pengobatan alami untuk mengobati berbagai macam penyakit yang sudah digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu, metode pengobatan ini juga sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad yang termaktub didalam beberapa hadits bekam yang sudah saya share pada artikel terdahulu.

Selain efektif untuk mengobatai banyak jenis penyakit, terapi bekam juga bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima dan bugar serta tak mudah terserang penyakit yang banyak disebabkan oleh kurang lancarnya peredaran darah dan sumbatan di pembuluh darah.

Terapi bekam yang dilakukan secara teratur akan membuang endapan, sumbatan, toksin dan sampah didalam darah yang menjadi sumber berbagai jenis penyakit. Selain itu terapi bekam juga akan melancarkan peredaran darah serta menguatkan sistem imun atau kekebalan tubuh kita.

Hari terbaik untuk berbekam

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari terapi bekam yang anda lakukan, selain berbekam pada titik-titik khusus dan titik bekam sunnah ternyata ada waktu-waktu terbaik yang jika anda lakukan terapi bekam pada hari tersebut akan mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dibandingkan dengan melakukan terapi pada hari-hari biasa.

Berdasarkan pendapat ahli ilmu yang mengkaji tentang waktu terbaik untuk berbekam dan pendapat kebanyakan para dokter ahli bekam , bahwasanya waktu berbekam yang terbaik adalah tanggal 17, 19 dan 21 hijriyah setiap bulannya, namun begitu tak ada anjuran dan larangan untuk memilih salahsatu hari dalam seminggu untuk berbekam.

Hari baik berbekam

Penentuan tanggal tujuh belas, sembilan belas dan dua puluh satu hujriyah ini berdasarkan hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Tirmuzi berikut ini:

“Dahulu Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam berbekam pada akhzi’ain dan kahil (tulang belakang). Beliau berbekam pada tanggal tujuh belas, Sembilan belas dan duapuluh satu” (HR Tirmizi No. 2051)

Dan beliau menghasankan hadits tersebut.

Selain itu Abu dawud juga meriwayatkan sebuah hadits dari Rasulullah yang berkaitan dengan hari terbaik untuk berbekam sebagai berikut:

“Barangsiapa yang berbekam pada tanggal 17, 19, atau 21, maka ia menjadi obat bagi segala macam penyakit” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 3861; dihasankan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud, 2/463]

Melakukan terapi bekam untuk menjaga kesehatan adalah lebih baik dilakukan setelah pertengahan bulan seperti yang sudah saya singgung diatas, hal itu untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang optimal dari terapi bekam yang dilakukan berdasarkan pendapat ahli ilmu dan ahli bekam.

Namun jika dibutuhkan terapi bekam untuk pengobatan yang harus disegerakan, maka melakukan bekam pada waktu-waktu yang lain tidaklah mengapa, justru waktu terbaik adalah mensegerakan terapi agar penyakit cepat teratasi.

Kesimpulan

Terapi bekam adalah sebaik-baik pengobatan dan merupakan terapi terbaik untuk menjaga kesehatan, banyak hadits sahih yang mashur tentang berbagai manfaat dan keutamaan metode pengobatan ini.

Jadi selain untuk mengobati berbagai jenis penyakit, terapi bekam juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan menguatkan kekebalan tubuh sehingga badan tak mudah sakit.

Dianjurkan untuk memilih waktu terbaik berbekam untuk menjaga keseimbangan tubuh yakni tanggal ganjil setelah pertengahan bulan hijriyah yaitu tanggal 17, 19 dan 21. Terimakasih semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *