Titik Pijat Untuk Mengatasi Sakit Panggul (Sciatica)

Diposting pada

Cara mengatasi nyeri panggul

Nyeri panggul atau dalam bahasa medisnya disebut sciatica merupakan nyeri yang disebabkan oleh masalah pada jalur syaraf panggul yang memanjang hingga ke belakang kaki. Orang yang mengalami penyakit ini biasanya akan merasakan nyeri dari panggul yang menjalar hingga paha dan kaki bawah.

Pada umumnya penyakit nyeri panggul dapat ditangani secara mandiri dirumah, biasanya diperlukan waktu sekitar satu sampai dua bulan untuk bisa pulih secara tuntas dengan jalan perawatan yang benar.

Didalam artikel ini saya akan share sebuah metode yang bisa anda gunakan untuk mengobati sciatica. Yakni dengan terapi pijat sakit panggul dengan menggunakan titik pijat tertentu yang bermanfaat untuk perawatan dan pemulihan nyeri panggul.

Namun sebelum masuk ke pokok pembahasan, ada baiknya untuk mengetahui penyebab dan gejala sciatica agar kita bisa memahami lebih jauh tentang jenis penyakit ini.

Penyabab Nyeri Panggul

Penyebab yang umum dan sering memicu terjadinya nyeri panggul adalah karena sendi yang menonjol dan menekan syaraf panggul sehingga menyebabkan nyeri. Keadaan tersebut biasanya disebabkan oleh bergesernya piringan sendi dari posisinya semula atau karena pertumbuhan tulang yang tidak wajar sehingga menyebabkan syaraf terjepit di panggul.

Baca juga: Terapi refleksi untuk syaraf terjepit

Penyebab lainnya yang jarang terjadi adalah akibat dari penyempitan jarur syaraf pada tulang belakang bagian bawah, terjadinya cidera sehingga menyebabkan adanya infeksi pada tulang serta masalah pada syaraf sumsum tulang belakang.

Pengobatan sciatica

Faktor yang meningkatkan resiko sciatica

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang beresiko lebih besar terkena penyakit nyeri panggung atau sciatica, pastikan anda tak termasuk salah satu yang beresiko mengalami sciatica. Diantara faktor-faktornya adalah sebagai berikut.

  • Sering mengangkat beban yang terlalu berat lebih beresiko terkena sciatica
  • Terlalu lama duduk juga memperbesar peluang terkena penyakit syaraf sciatica dibandingkan dengan orang yang bekerja aktif dalam posisi yang berubah-ubah.
  • Faktor kegemuka atau obesitas dimana beban tubuh yang berat akan memberikan tekanan lebih pada tulang belakang bagian bawah sehingga lebih beresiko mengalami nyeri panggul
  • Karena penyakit diabetes dimana penyakit ini berpotensi meningkatkan resiko terjadinya kerusakan syaraf
  • Faktor usia sering menjadi faktor seseorang mengalami sciatica karena usia lanjut lebih rentan terhadap gangguan tulang terutama tulang belakang

Empat faktor diatas bias anda hindari untuk meminimalisir terjadinya sciatica, namun kita tak bisa mengelak dengan faktor usia yang tak mungkin kita hindari. Namun usia tua dengan menjaga kesehatan tulang adalah cara yang bisa kita tempuh untuk bisa terhindar dari penyakit nyeri panggul.

Gejala nyeri panggul

Setelah kita mengetahui penyebab dan faktor yang meningkatkan resiko terjadinya sciatica. Saatnya untuk mempelajari gejala yang timbul jika kita mengalami penyakit ini dimana dengan mengetahui gejala sejak dini akan memudahkan kita untuk mengambil tindakan pengobatan agar penyakit tidak kian parah dan menggangu aktifitas harian kita.

Gejala umum yang dirasakan oleh seseorang yang mengalami sciatica adalah mengalmi nyeri atau rasa tidak nyaman pada jalur syaraf panggul yang memanjang hingga kaki. Rasa nyeri kadang terasa ringan hingga terasa panas seperti terbakar.

Selain itu gejala lainnya adalah mengalami mati rasa dan kelemahan pada otot panggul. Merasakan kesemutan yang dimulai dari pinggang bawah yang menjalar hingga pantat sapai ke paha dan kaki bagian belakang.

Baca juga: Pijat refleksi atasi kaki kebas dan kesemutan

Gejala nyeri panggul tersebut akan terasa lebih menyiksa manakala bangun dari duduk yang lama, saat bersin atau ketika penderita sedang terbatuk.

Jika anda mengalmai gejala seperti yang  telah saya sebutkan diatas, pastikan untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengurangi gejala dan lebih penting lagi adalah mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi kemungkinan menjadi lebih parah lagi.

Terapi Pijat sakit panggul

Salahsatu cara yang mudah dilakukan dan menjadi alternatif pertama untuk mengatasi nyeri panggul adalah dengan metode pijat refleksi dan akupresur. Kenapa demikian…..? karena terapi ini bisa langsung diaplikasikan kepada orang-orang disekitar anda meskipun tanpa alat bantu sekalipun.

Selain itu Terapi ini juga mudah dipelajari dan dipraktekkan secara langsung oleh siapa saja, asalkan ada niat dan kemauan untuk belajar. Yang perlu anda ketahui untuk terapi pijat sakit panggul adalah letak titik pijat yang diperlukan dan cara memijat yang benar untuk kasus penyakit tersebut.

Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini, admin akan berbagi tentang metode pengobatan untuk sciatica dengan terapi pijat refleksi yang digabungkan dengan pijat akupresur. Disini anda juga akan mendapatkan letak titik yang diperlukan dalam proses terapi penyembuhan sciatica dirumah.

Titik pijat nyeri panggul

Untuk melakukan terapi pemulihan nyeri panggul dengan pijat refleksi dan akupresur, diperlukan pengetahuan letak titik pijat yang diperlukan. Dengan melakukan pemijatan pada titik yang tepat diharapkan akan mengurangi derita akibat sciatica dan menjadi penyebab kesembuhan penyakit tersebut.

Silahkan pelajari letak titik pijat sakit panggul yang telah saya sediakan pada gambar dibawah ini. Fokus pada titik yang telah saya tandai dengan warna merah pada gambar tersebut karena ia adalah titik pijat yang anda butuhkan.

Titik pijat sakit panggul

Proses terapi pemijatan

Setelah anda mengetahui dan memahami letak titik pijat yang dibutuhkan. Saatnya untuk mulai pada proses pemijatan yang menjadi inti terapi pemulihan nyeri panggul dengan metode terapi refleksi dan akupresur.

Pemijatan dilakukan pada setiap titiknya dengan durasi minimal 1 menit yang dimulai dari titik pertama hingga yang terakhir. Cara pemijatan pada titik refleksi boleh dilakukan dengan cara memijat menggunakan jari secara memutar searah jarum jam atau dengan cara memberikan pijatan konstan secara terukur pada titik pijatnya.

Terapi pemulihan sciatica untuk tahap awal dilakukan sebanyak 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut. Setelah 3 hari pertama telah dilakukan, maka terapi selanjutnya boleh dilakukan minimal 1 kali sehari sampai sembuh.

Jangan lupa untuk minum air putih minimal 500 ml atau sekitar 2 gelas setiap kali selesai sesi terapi dilakukan. Mudah-mudahan dengan jalan terapi ini bisa menjadi sebab kesembuhan dari penyakit nyeri panggul yang menyiksa.

Demikian artikel singkat saya tentang cara mudah untuk mengobati nyeri panggul dengan terapi pijat refleksi dan akupresur. Harapan saya semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda yang membutuhkan metode pengobatan alami untuk masalah yang anda alami.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

2 thoughts on “Titik Pijat Untuk Mengatasi Sakit Panggul (Sciatica)

  1. Assalamualaikum,saya heriawan mau bertanya apakah orang gejala ginjal itu masih bisa disembuhkan melalui pijat saraf dari telapak kaki diatas??

    1. Wa’alakumsalam Pak heriawan…..

      Terapi refleksi memang efektif untuk pencegahan terhadap berbagai penyakit serta pengobatan dalam taraf gejala. Termasuk disini adalah masalah pada gejala sakit ginjal
      Sedangkan jika sudah parah, terapi refleksi juga masih bisa digunakan sebagai pendamping dari metode pengobatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *