Terapi Gurah Hidung Sehatkan Saluran Pernafasan

Diposting pada

Terapi gurah hidung

Gurah hidung merupakan metode pengobatan tradisional yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, namun begitu masih banyak juga diantara kita yang belum mengetahui dan memahami apa itu terapi gurah dan manfaatnya untuk kesehatan.

Terapi gurah biasanya dilakukan oleh seorang ahli yang akan memasukkan ramuan melalui hidung untuk kemudian pasien akan mengeluarkan lendir di paru-paru dan tenggorokan melalui mulut dan hidung.

Pada zaman dahulu terapi gurah digunakan untuk mendapatkan suara yang bagus dan nafas yang panjang, terapi ini sering digunakan oleh para sinden dan penyanyi untuk menjaga kualitas suara mereka.

Di lingkungan pondok pesantren, gurah juga sangat terkenal untuk membersihkan pita suara para muadzin dan qori’ atau pembaca Alquran berlagu agar suara mereka bagus saat melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

Selain untuk mendapatkan suara yang bagus, ternyata terapi gurah juga memiliki manfaat yang luarbiasa untuk kesehatan terutama yang berhubungan dengan saluran pernafasan.

Cara melakukan terapi gurah

Ramuan atau obat utama yang digunakan untuk gurah hidung adalah akar srigunggu atau senggugu yang memiliki nama latin Clerodendrum serratum dan tanaman jenis ini banyak tumbuh di Indonesia.

Ekstrak akar srigunggu yang sudah berbentuk cair akan dimasukkan melalui hidung pasien yang akan digurah dimana pasien awalnya dalam keadaan tidur terlentang.

Setelah cairan ramuan dimasukkan melalui hidung, maka ia akan mengalir ke tenggorokan dan pasien akan merasakan sensasi panas pada saluran hidung dan tenggorokan yang dilalui ramuan tersebut.

Kemudian setelah beberapa saat, pasien akan disuruh tengkurap dan lendir mulai mengalir melalui mulut dan hidung , dalam waktu sekitar 10 sampai 15 menit hidung akan mulai tersumbat total sehingga nafas hanya bisa dilakukan melalui mulut.

Gurah hidung untuk kesehatan

Pada saat proses terapi gurah air mata juga akan mengalir deras pada awal proses gurah, tak jarang pasien juga akan mengalami muntah ketika proses gurah sedang berlangsung, hal itu tak masalah karena merupakan efek dari ramuan yang ditelan saat awal dimasukkan dari hidung.

Proses gurah biasanya memakan waktu minimal 30 menit sampai 2 jam lebih, selama itu lendir akan terus keluar dari mulut dan hidung. Terapi gurah akan dianggap selesai jika lendir sudah mulai berhenti mengalir dan lubang hidung sudah mulai plong.

Apakah gurah hidung aman?

Melihat proses terapi gurah yang mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung terus menerus apa lagi jika proses gurah di barengi dengan muntah, banyak orang yang merasa takut dan berfikir apakan terapi ini aman dilakukan.

Perlu anda ketahui bahwasanya terapi gurah sudah diakui oleh kementrian kesehatan Republik Indonesia dengan nomor 1076/Menkes/SK/VII/2003 sebagai pengobatan tradisional ramuan.

Pengobatan gurah disejajarkan dengan metode pengobatan tradisional lainnya seperti ramuan herbal dan metode pengobatan sejenis. Dengan pengakuan tersebut mengindikasikan bahwasanya pengobatan gurah tetap aman dilakukan.

Seperti halnya terapi bekam dengan mengeluarkan darah, terapi gurah juga akan tetap aman sepanjang dilakukan oleh seorang ahli yang memahami semua tentang seluk-beluk gurah tersebut.

Manfaat gurah hidung

Gurah dengan mengeluarkan lendir dari paru-paru dan tenggorokan memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan terutama untuk mengatasi masalah pada saluran pernafasan.

Selain untuk membaguskan suara, ternyata banyak manfaat untuk kesehatan lainnya yang bisa anda rasakan setelah melakukan terapi gurah diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mencegah dan mengobati gejala sinusitis
  • Mempertajam indera penciuman
  • Mencegah terjadinya penyakit polip
  • Sebagai tindakan pencegahan penyakit pilek
  • Memperbaiki sistem pernafasan
  • Membersihkan tenggorokan dari lendir
  • Mencegah terjadinya sakit atau radang tenggorokan
  • Pencegahan terhadap sakit batuk
  • Mengobati gejala bronkitis
  • Mencegah terjadinya penyakit amandel
  • Mengobati gejala asama
  • Membuat nafas lebih panjang
  • Mengobati sakit kepala
  • Terhindar dari sesak nafas
  • Mengobati bau mulut
  • Membersihkan saluran pernafasan dari lendir kotor dan virus serta nikotin bagi per0kok

Dan masih banyak lagi manfaat gurah hidung lainnya yang bisa anda rasakan untuk pencegahan dan pengobatan terhadap berbagai keluhan sakit pada saluran pernafasan.

Melihat begitu banyak manfaat yang bisa kita rasakan dengan melakukan terapi gurah, bagi anda yang belum pernah melakukannya tak ada salahnya anda mencoba untuk membersihkan dan mencegah penyakit saluran pernafasan.

Demikian artikel perdana saya tentang terapi gurah hidung yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga bermanfaat untuk anda yang membutuhkan informasi tentang metode pengobatan gurah. Kedepannya InsyaAlloh akan saya bahas lebih detail lagi pada artikel selanjutnya. Terimakasih sudah berkunjung di blog saya.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *