Penyebab Sakit Tumit Kaki Kiri Pada Perempuan

Diposting pada

Plantar fasciitis

Tumit merupakan bagian dari organ telapak kaki yang paling sering mengalami rasa nyeri dan sakit yang berlangsung secara bertahap, biasanya rasa sakit akan semakin parah seiring berjalannya waktu. Bahkan jika sakit pada tumit sudah parah, biasanya penderita akan merasakan rasa sakit seperti disayat-sayat dan berdenyut didalam tumit.

Umumnya sakit tumit disebabkan oleh peradangan pada jaringan otot pada tumit (plantar fasciitis), peradangan pada lapisan otot tersebut akan menyebabkan rasa sakit di tumit yang berakibat pada terganggunya aktifitas terutama saat berdiri, berjalan dan berlari.

Rasa sakit biasanya akan lebih buruk dirasakan saat pertama kali bangun tidur di pagi hari, dimana kaki akan terasa sakit saat pertama kali menapak sehingga membuat anda kesulitan untuk berjalan, rasa sakit akan berkurang ketika telapak kaki sering digunakan berjalan.

Meskipun begitu rasa nyeri akan kembali dirasakan ketika anda beristirahat dari aktifitas atau saat berdiri dan bertumpu pada tumit yang sedang sakit. Keadaan tersebut juga bisa menjadi semakin parah jika anda terlalu memaksakan diri untuk menggunakannya berjalan terlalu lama.

Penyebab sakit tumit kaki kiri perempuan

Sebenarnya sakit tumit bisa menimpa siapa saja baik laki-laki maupun perempuan, demikian juga kedua tumit baik kaki kanan maupun kaki kiri juga beresiko mengalami peradangan jika anda tak memperhatikan kondisi kesehatan otot pada tumit anda.

Namun pada kesempatan hari ini, admin akan berbagi tentang beberapa penyebab yang sering menjadi pemicu sakit tumit kaki kiri pada perempuan, dan berikut ini diantaranya:

  • Terlalu sering melakukan aktifitas berjalan

Perempuan yang sudah berkeluarga atau ibu-ibu, pastinya sering melakukan aktifitas berjalan dalam melakukan tugasnya meskipun seorang ibu rumah tangga sekalipun. Terlalu memforsir kaki untuk melakukan aktifitas bisa menyebabkan otot di tumit mengalami cidera.

  • Sering bertumpu pada tumit kaki sebelah kiri

Penyebab lainnya yang bisa menjadi faktor pemicu sakit pada tumit adalah terlalu sering menggunakan tumit sebelah kiri menjadi tumpuan saat berdiri dalam waktu yang cukup lama. Hal itu akan membebani tumit sebelah kiri dan berakibat pada rasa nyeri.

Sakit tumit kaki kiri

  • Terlalu aktif berolahraga

Oalhraga adalah hal yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubu, namun jika dilakukan berlebihan juga akan berakibat buruk juga untuk kesehatan tubuh termasuk untuk kesehatan otot tumit anda.

  • Faktor usia

Usia yang sudah menginjak paruh baya atau lebih tua lebih beresiko mengalami sakit tumit dibandingkan usia muda.

  • Kelebihan berat badan

Kegemukan atau kelebihan berat badan sering menjadi pemicu utama yang menyebabkan sakit pada tumit, dimana otot telapak kaki akan menerima beban yang lebih berat ketika berjalan yang berakibat pada peradangan pada lapisan otot pada telapak kaki

  • Bentuk telapak kaki

Faktor lainnya yang menyebabkan sakit tumit adalah bentuk telapak kaki yang terlalu datar atau terlalu melengkung yang menyebabkan tumpuan berat badan yang tertumpu pada tumit saja.

  • Proses kehamilan

Seorang ibu yang sedang mengandung juga beresiko mengalami sakit pada tumitnya, hal itu disebabkan oleh berat badan yang meningkat seiring usia kandungannya yang bertambah.

  • Alas kaki yang terlalu keras

Selain itu penggunaan alas kaki yang memiliki lengkung yang tidak pas dan atau terlalu keras juga bisa menyebakan tumit sakit, alas kaki disini bisa berupa sandal atau sepatu yang sering anda gunakan termasuk juga sepatu berhak tinggi juga bisa memicu nyeri tumit.

Cara mengatasi sakit tumit

Jika anda mengalami sakit pada tumit baik kanan ataupun kiri, ada beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri yang anda alami. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi aktifitas berjalan agar otot telapak kaki bisa memiliki waktu yang cukup untuk istirahat
  • Jangan bertumpu pada tumit yang sedang mengalami nyeri ketika berdiri
  • Menggunakansandal atau sepatu dengan alas kaki yang lebih empuk
  • Melakukan pengompresan pada telapak kaki yang sakit dengan es yang dibungkus kain
  • Melakukan senam peregangan pada otot telapak kaki secara berkala
  • Hindari sepatu ber hak tinggi
  • Menurunkan berat badan jika berlebih

Ketika mengalami sakit tumit setelah bangun tidur dipagi hari, jangan langsung menapakkan kaki untuk berjalan, namun terlebih dahulu lakukan peregangan pada otot telapak kaki dengan cara posisi duduk kemudian tarik ujung jari kaki dengan jari tangan anda sambil menggoyang-goyangkan sendi engkel selama 5 menit.

Selain itu, anda juga bisa kombinasikan dengan melakukan terapi pijat akupresur untuk sakit tumit yang akan mengurangi ketegangan dan merelaksasi otot pada telapak kaki, Penjelasan tentang letak titik dan cara melakukannya telah saya jelaskan pada artikel terdahulu, silahkan klik link tersebut untuk membacanya.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *