Cara Mudah Melakukan Pijat Refleksi Kaki Sendiri

Diposting pada

Refleksi kaki sendiri

Pijat refleksi merupakan metode terapi klasik yang sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu untuk menjaga kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit. Metode dasar terapi ini adalah dengan melakukan pemijatan pada titik-titik refleksi yang diperlukan.

Meskipun pijat refleksi ini sudah sangat tua dan saat ini banyak kita jumpai berbagai metode pengobatan yang lebih modern, namun metode pengobatan ini masih eksis dan banyak digunakan oleh banyak orang karena berbagai manfaat pijat refleksi yang bisa dirasakan.

Selain itu terapi refleksi juga mudah dilakukan serta aman tanpa efek samping pasca pengobatan. Dari segi biaya metode ini juga sangat murah bahkan bisa dibilang nyaris tanpa biaya jika anda melakukan terapi sendiri dirumah.

Untuk bisa melakukan terapi pijat refleksi dengan baik dan benar, dibutuhkan pengetahuan letak titik refleksi di telapak kaki dan cara melakukan pemijatan pada titik yang dibutuhkan, selain itu ada tahapan-tahapan yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah terapi agar mendapatkan hasil yang optimal dari terapi yang dilakukan.

Persiapan pijat refleksi

Sebelum mulai melakukan pijat refleksi kaki sendiri, ada beberapa hal yang perlu anda pelajari dan persiapkan agar terapi bisa dilakukan dengan benar tanpa ada masalah yang dialami pasca terapi yang dilakukan.

Sebenarnya pijat refleksi sangat mudah dilakukan, idealnya setiap orang bisa melakukannya asalkan ada kemauan untuk belajar melakukannya, tentunya tahap awal yang harus anda lakukan adalah mempelajari dan memahami letak titik pijat refleksi di telapak kaki yang bisa anda pelajari pada artikel saya terdahulu atau dengan klik link tersebut.

Selanjutnya setelah anda memahami letak titik pijat refleksi pada telapak kaki, pelajari juga pelajaran dasar pijat refleksi yang juga sudah saya share pada postingan terdahulu, setelah anda memahaminya baru masuk pada tahapan selanjutnya.

Tahapan selanjutnya sebagai modal anda untuk bisa menentukan letak titik refleksi yang dibutuhkan, silahkan baca fungsi titik refleksi untuk pengobatan dengan menuju pada link tersebut, karena setiap penyakit memiliki letak titik refleksi yang berbeda-beda.

Cara pijat refleksi kaki sendiri

Sesudah anda mempelajari semua dasar-dasar pijat refleksi yang diperlukan, tahapan selanjutnya adalah mempelajari bagaimana melakukan pijat refleksi pada titik-titik pijat yang sudah anda pelajari pada tahap awal tersebut.

Untuk melakukan pijat refleksi, anda bisa menggunakan alat bantu seperti stick kayu yang sudah dibuat agak runcing di ujungnya atau menggunakan batu lonjong yang bisa anda gunakan untuk membantu proses pemijatan pada titik di telapak kaki.

Stick refleksi kaki

Sebenarnya tanpa alat bantu pun pijat refleksi bisa dilakukan, yakni dengan menggunakan jari tangan terutama jari jempol untuk memijat titik refleksi yang di butuhkan. Namun jika telapak kaki anda keras dan kapalan tentunya menggunakan jari tangan saja tak akan memberikan efek yang positif dari terapi yang dilakukan. Selain itu juga akan membuat jari anda sakit ketika digunakan untuk memijat.

Proses pemijatan

  • Cuci dan bersihkan kaki anda sebelum pijat refleksi
  • Jangan lupa untuk membaca basmalah sebelum mulai proses terapi
  • Lumuri telapak kaki anda dengan menggunakan minyak urut
  • Lakukan pijatan pada titik refleksi dengan tekanan sedang, jika terlalu sakit tekanan bisa dikurangi
  • Pijatan bisa dengan tekanan konstan atau dengan cara memutar-mutar searah jarum jam pada titik refleksi
  • Lakukan pijatan minimal 1 menit setiap titiknya, namun untuk penyakit yang agak parah lakukan maksimal 3 menit
  • Pijatan untuk syaraf tulang seperti belikat, tulang belakang, punggung dan lainnya harus dilakukan agak keras
  • Sedangkan untuk titik refleksi kelenjar jangan terlalu keras memijatnya
  • Jangan melakukan pijatan pada telapak kaki yang sedang terluka, memar atau bengkak
  • Untuk pengobatan tahap awal lakukan terapi 3 x 3 hari berturut-turut

Anjuran pasca terapi

Bagi anda yang sudah selesai melakukan proses pijat refleksi kaki, dianjurkan untuk banyak minum air putih minimal 500 ml atau dua gelas untuk membantu memperlancar proses metabolisme tubuh dan mempercepat penyembuhan.

Anda juga diperbolehkan untuk mengonsumsi obat-obatan lainnya setelah terapi refleksi, namun jika terapi refleksi sudah dirasa cukup sebagai metode pengobatan untuk keluhan anda, maka hal itu juga tak mengapa.

Fungsi pijat refleksi juga bisa sebagai terapi pendamping untuk penyakit kronis yang anda derita, tak ada masalah jika terapi ini dilakukan berdampingan dengan metode pengobatan lainnya yang sedang anda jalani.

Demikian sahabat sekalian artikel singkat tentang cara melakukan pijat refleksi kaki sendiri yang bisa anda lakukan dirumah, harapan saya terapi ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah kesehatan yang sedang anda alami, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *