Cara Membuat Ramuan Gurah Mata Sendiri

Diposting pada

Ramuan gurah mata

Pada artikel terdahulu telah saya singgung tentang apa yang dimaksud dengan gurah mata dan manfaatnya untuk kesehatan indra penglihatan. Didalam artikel tersebut saya juga berjanji akan memberitahukan cara membuat ramuan gurah mata. Dan pada kesempatan hari ini saya akan menepati janji tersebut dengan menuliskannya pada artikel ini.

Ramuan gurah mata yang akan saya share ini berbahan dasar tanaman kitolod atau dalam bahasa latin disebut laurentina longiflora. Tanaman ini banyak dan mudah tumbuh di Indonesia yang beriklim tropis.

Sejak dahulu kala tanaman kitolod sudah digunakan orang sebagai obat tetes mata untuk memperbaiki masalah penglihatan dan kesehatan mata, kandungan dari daun dan bunga kitolod adalah zat anti bakteri yang akan membersihkan mata dari kotoran dan gangguan mikro organisme jahat.

Cara membuat ramuan gurah mata

Tanaman kitolod yang biasanya digunakan untuk obat tetes mata adalah daun atau bunganya. Agar tanaman kitolod bisa kita gunakan untuk gurah tetes mata, anda harus tahu cara membuat ramuannya agar manfaatnya bisa kita rasakan.

Tanaman kitolod

Dan berikut ini cara membuat ramuan gurah mata menggunakan daun atau bunga kitolod:

Ramuan dari bunga kitolod

  • Ambil satu bunga berikut batang tangkai bunga kemudian patahkan ujung tangkainya
  • Selenjutnya rendam dengan 50 cc air bersih selama 5 menit sampai getah dari bunga kitolod larut kedalam air. Untuk hasil yang bagus airnya jangan terlalu banyak karena akan mengurangi khasiat dari getah bunganya.
  • Setelah itu air rendaman bunga kitolod siap untuk digunakan sebagai obat tetes mata.

Ramuan dari daun kitolod

Jika anda tak mendapatkan bunganya, anda juga bisa memanfaatkan daun dari tanaman kitolod untuk gurah mata dengan cara:

  • Ambil satu batang daun kitolod kemudian iris kecil-kecil
  • Setelah dipotong-potong kemudian irisan daun kitolod direndam kedalam air bersih sekitar setengah gelas selama satu malam
  • Selanjutnya setelah semalaman di rendam, saring airnya dan ramuan siap digunakan.

Setelah ramuan selesai dibuat, selanjutnya ramuan di tuang kedalam sebuah wadah bekas obat tetes mata yang telah dibersihkan. Kemudian teteskan ramuan tersebut ke mata anda sebanyak 2 atau 3 tetes dan usahakan untuk mengedipkan mata agar ramuan bisa merata.

Setelah diteteskan biasanya mata akan terasa agak perih dalam waktu 2 atau 3 menit kemudian rasa perih tersebut akan hilang dengan sendirinya. Untuk pengobatan, gunakan ramuan ini sebanyak 3 kali seminggu dan jika untuk menjaga kesehatan mata maka 2 minggu sekali sudah cukup.

Demikian sahabat sekalian artikel saya tentang cara membuat ramuan gurah mata dari daun dan bunga kitolod, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkan solusi alami untuk kesehatan mata. Terimakasih.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *