Titik Pijat Efektif Atasi Sakit Gigi Dengan Cepat

Diposting pada

Terapi sakit gigi

Sakit gigi merupakan sebuah penyakit yang umum diderita oleh manusia, penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada gigi, gusi dan rahang dengan rasa sakit yang datang dan pergi dan jika sakit gigi sudah parah maka rasa sakit akan terasa terus-menerus setiap hari sehingga perlu penanganan ekstra untuk mengobatinya.

Penderita sakit gigi akan merasa tersiksa dengan rasa nyeri di sekitar gigi sehingga penderita penyakit ini akan lebih sensitif dan mudah marah ketika merasa terganggu. Rasa sakit akan semakin menjadi ketika penderita sedang mengunyah makanan sehingga penderita tak bisa memakan makanan yang terlalu keras yang mengharuskannya untuk mengunyah makanan.

Penyebab sakit gigi

Sebagian besar sakit gigi disebabkan oleh peradangan pada pulpa gigi yang terdiri dari pembuluh darah serta jaringan syaraf yang halus dan sensitif, gigi yang sering sakit biasanya adalah gigi geraham atas dan bawah yang kerap kali berlubang dan mengalami infeksi. Penyebab peradangan pada pulpa gigi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gigi berlubang yang berakibat pada pembusukan gigi
  • Karena infeksi oleh bakteri yang menyebabkan penumpukan nanah di akar gigi
  • Tambalan gigi yang rusak pada gigi berlubang yang pernah ditambal
  • Kerusakan pada gigi akibat benturan yang mengakibatkan gigi retak atau patah
  • Karena adanya penyusutan pada gusi

Selain karena peradangan pada pulpa gigi, ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicu seseorang mengalami sakit gigi seperti pembengkakan pada gusi, tumbuhnya gigi pada bayi dan anak-anak, cedera sendi rahang dan sebab lainnya yang bisa membuat gigi terasa sakit.

Gejala sakit gigi

Sakit gigi bisa menimpa siapa saja dan bahkan hampir setiap orang pernah mengalaminya, diantara gejala penyerta yang timbul pada seorang yang mengalami sakit gigi adalah sebagai berikut:

  • Terjadi pembengkakan di area sekitar gigi yang sakit
  • Penderita akan mengalami meriang dan demam
  • Tak jarang juga disertai dengan sakit kepala
  • Mulut menjadi bau yang berasal dari infeksi pada gigi

Gejala tersebut umum terjadi pada setiap orang yang mengalami sakit gigi, jika anda mengalami gejala tersebut segera lakukan pengobatan pada tahap awal agar sakit gigi yang anda derita lebih cepat dan mudah disembuhkan. Salahsatu metode pengobatan yang bisa langsung anda lakukan sendiri dirumah adalah melakukan pijatan pada titik pijat tertentu yang akan membantu meredakan rasa sakit dan nyeri pada gigi anda.

Titik pijat sakit gigi

Metode pengobatan yang bisa menyembuhkan sakit gigi dengan pijat refleksi dan akupresur sangat bermanfaat untuk merelaksasi syaraf pada pulpa gigi yang menjadi sumber rasa sakit, oleh sebab itu pemijatan dilakukan pada titik-titik tertentu yang sudah terbukti mampu mengurangi rasa sakit dan membantu proses penyembuhan. Diantara titik pijat sakit gigi yang efektif untuk pengobatan adalah sebagai berikut:

Titik pijat sakit gigi

Keterangan gambar:

  • Titik nomo 1 merupakan titik refleksi rahang atas yang bisa anda gunakan untuk mengobati sakit gigi bagian atas
  • Nomor 2 adalah titik refleksi rahang bawah untuk sakit gigi bagian bawah
  • Nomor 3 adalah titik akupresur yang terletak di atas tengah kepala
  • Nomor 4 terletak 1 jari diatas telinga kanan dan kiri
  • Nomor 5 letaknya ujung pangkal rahang atas untuk mengatasi sakit pada gigi atas
  • Nomor 6 terletak di ujung rahang bawah dari belakang telinga sampai bawah telinga
  • Nomor 7 letaknya di tengah rahang bawah untuk sakit gigi bagian bawah
  • Nomor 8 terletak di bawah tulang pipi efektif untuk mengobati sakit gigi atas
  • Nomor 9 dan 10 untuk membantu meredakan sakit kepala
  • Nomor 11 letaknya di tangan antara ibu jari dan jari telunjuk kanan dan kiri

Terapi penyembuhan sakit gigi

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwasanya sakit gigi akan lebih cepat disembuhkan pada tahap gejala, jadi sebaiknya lakukan terapi pijat saat anda mengalami gejala yang sudah saya jelaskan.

Setelah anda memahami letak titik pijat sakit gigi dengan benar, selanjutnya silahkan lakukan pijatan pada titik-titik tersebut selama minimal 1 menit pada setiap titiknya, lakukan terapi 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

Biasanya setelah selesai pemijatan penderita akan merasakan lebih rileks dan rasa sakit mulai berkurang karena fungsi dari pemijatan titik pijat tersebut salahsatunya adalah untuk merelaksasi jaringan dan syaraf sensitif pada pulpa gigi yang mengalami peradangan.

Jika sakit gigi yang anda alami disertai dengan sakit kepala, anda bisa menambahkan beberapa titik pijat sakit kepala yang sudah saya jelaskan pada artikel terdahulu. Klik link tersebut untuk mempelajari dan memahami letak titiknya.

Metode pengobatan ini bisa anda kombinasikan dengan mengonsumsi obat herbal atau metode pengobatan lainnya yang diperbolehkan karena metode pengobatan pijat refleksi dan akupresur sangat fleksibel dan tak memberikan dampak negatif serta tak bertentangan dengan berbagai metode pengobatan lainnya.

Akhirnya semoga beberapa titik pijat sakit gigi yang saya share disini bisa membantu anda dalam ikhtiar untuk mendapatkan kesembuhan dengan cara yang aman, murah dan bisa anda lakukan sendiri dirumah. selain itu bisa anda gunakan untuk menolong keluarga, sahabat dan orang terdekat anda jika mereka sedang mengalami sakit gigi. Terimakasih atas kunjungan anda.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

21 thoughts on “Titik Pijat Efektif Atasi Sakit Gigi Dengan Cepat

  1. makasih kang.. alhamdulillah ada efek nya.. smlman stress gara2 sakit gigi ga karuan.. udh minum obat byk.. tp efekny ga lama..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *