Amankah Melakukan Pijat Refleksi Pada Bayi dan Anak?

Terapi refleksi bayi

Dewasa ini sudah banyak yang mengetahui akan manfaat pijat refleksi untuk menjaga kesehatan tubuh dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit ringan bahkan penyakit berat sekalipun. Terutama bagi anda yang sudah belajar metode ini atau minimal pernah menjalani terapi pijat refleksi.

Untuk orang dewasa, terapi pijat refleksi merupakan solusi sehat alami yang efektif, mudah dan aman dilakukan untuk mengatasi berbagai keluhan diantaranya adalah susah tidur atau insomnia, nyeri otot dan sendi, gangguan pernafasan, gangguan pencernaan, stress dan masalah lainnya.

Namun tahukah anda bahwasanya terapi pijat refleksi juga sangat bermanfaat jika dilakukan pada bayi dan anak anda..? Jika anda belum mengetahuinya maka anda bisa menemukan informasi tersebut pada artikel ini yang akan mengulas tuntas tentang boleh dan amannya terapi pijat refleksi pada bayi dan anak.

Pijat refleksi aman untuk bayi dan anak

Di kolom komentar sering saya jumpai pertanyaan tentang apakah aman melakukan pijat refleksi pada bayi dan anak-anak, daripada saya menjawab satu persatu alangkah baiknya jika saya membuat sebuah artikel yang khusus membahas masalah tersebut sehingga bisa difahami oleh setiap orang.

Pertanyaan tersebut adalah hal yang wajar yang biasanya ditanyakan oleh orang tua yang mengharapkan kebaikan untuk putra putrinya. Dengan membaca artikel ini diharapkan akan memberikan jawaban tentang pertanyaan tersebut sehingga akan menghapus kekhawatiran dalam menerapkan pijat refleksi pada bayi dan anak.

Adalah naluri seorang ibu jika mendapati anaknya yang sedang rewel atau sedang tidak nyaman akan menggosok lembut pada telapak kaki dan tangan kecil anak mereka. Mungkin dia tidak sadar bahwasanya dengan menggosok lembut telapak kaki dan tangan secara tidak langsung akan memberikan rangsangan pada ujung syaraf kaki mungilnya. Hal itu secara tak langsung akan memberikan efek relaksasi pada bayi tersebut.

Pijat refleksi pada bayi

Secara tidak langsung, hal yang dilakukan oleh Ibu tersebut adalah praktek dari pijat refleksi pada bayinya. Dimana pijat refleksi merupakan penekanan pada titik-titik tertentu di telapak kaki dan tangan yang akan memberikan pengaruh positif terhadap suatu organ atau proses tertentu pada tubuh.

Baca juga: Cara melakukan pijat refleksi pada bayi

Oleh sebab itu memberikan tekanan dan pijatan terukur pada telapak tangan dan kaki bayi anda akan memberikan reaksi positif pada anak anda karena pemijatan akan memberikan rangsangan pada ujung syaraf refleksi yang berada di tangan dan kaki.

Respon pijat refleksi pada bayi

Biasanya terapi pijat refleksi yang anda lakukan pada bayi akan bekerja dengan sangat baik karena pada dasarnya telapak kaki mereka masih dalam tahap pertumbuhan sehingga telapak kakinya masih datar, lembut dan sensitif.

Maka dari itu memberikan pijatan lembut pada area telapak kaki akan memberikan waktu respon yang lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa.

Selain itu alasan lain mengapa pijat refleksi pada bayi mampu direspon dengan baik adalah otak mereka yang juga masih dalam taraf pertumbuhan dan belum banyak digunakan untuk menganalisis hal-hal lain. Sehingga sinyal refleksi dari ujung syaraf di kaki akan lancar dikirim ke organ yang relevan.

Baca juga: Pijat refleksi untuk kecerdasan anak

Dari analisa tersebut dapat disimpulkan bahwasanya pijat refleksi pada bayi dan anak adalah aman atau boleh untuk dilakukan, sepanjang anda melakukannya dengan baik dan benar. Pijat refleksi untuk anak harusnya dilakukan dengan pemijatan yang lembut dan terukur agar anak tidak kesakitan ketika terapi dilakukan.

Demikian artikel saya tentang terapi pijat refleksi untuk bayi dan anak semoga bisa menjawab berbagai pertanyaan senada yang masuk di beranda saya, harapan saya mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk yang membutuhkannya. Terimakasih atas perhatian dan dukungan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *