Cara Memberikan Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Diposting pada

Menolong orang pingsan

Pingsan merupakan suatu keadaan seseorang yang kehilangan kesadaran seecara mendadak karena berbagai sebab tertentu. Biasanya seseorang mengalami pingsan karena kurangnya pasokan darah yang menuju ke otak sehingga hal itu menyebabkan kurangnya pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel otak yang menyebabkan pingsan dalam waktu cepat.

Banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang mengalmi pingsan seperti kelelahan akut, berada di tempat yang bersuhu panas dalam waktu lama, stress berkepanjangan dan karena sebab penyakit tertentu.

Pingsan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Hal itu bergantung pada kondisi kesehatan dan kondisi disekitar yang mempengaruhi seperti berada di tempat yang mengharuskan kita berdesak-desakan dengan banyak orang, keadaan belum sarapan dan yang umum terjadi adalah berada ditempat panas dalam waktu yang cukup lama seperti ketika melakukan upacara bendera dilapangan  sekolah.

Pada dasarnya seorang yang pingsan akan cepat sadar dengan sendirinya, butuh waktu beberapa menit untuk seorang yang pingsan menemukan jalan kesadarannya. Namun dalam beberapa kasus tertentu orang yang pingsan tak segera sadar dalam waktu singkat yang bisa berakibat fatal. Namun hal ini termasuk jarang dan hanya bisa terjadi pada orang yang memiliki komplikasi penyakit tertentu.

Pertolongan pertama pada orang pingsan

Pertolongan pertama pada orang pingsan

Karena pingsan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, oleh sebab itu hendaknya setiap kita mengetahui dan memahami pertolongan pertama pada orang pingsan agar kita bisa memberikan pertolongan jika mendapati kasus orang pingsan di sekitar kita.

Baca juga: Pertolongan pertama pada gejala angin duduk

Sebenarnya penanganan pada kasus pingsan tergantung pada jenis pemicunya. Namun begitu secara umum pertolongan pertama pada orang pingsan yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Bawa pasien ke tempat yang aman dan nyaman

Jika anda mendapati seorang yang pingsan berada ditempat yang tak nyaman, segera bawa ketempat yang aman dan nyaman supaya pasien bisa merasa lebih baik dan cepat sadar dari pingsannya.

  • Hindarkan pasien dari kerumunan orang

kebiasaan yang tak baik saat melihat orang pingsan adalah mengerumuninya. Hal itu akan membuat pasien harus ikut berebut oksigen dengan orang-orang yang mengerumuninya. Oleh sebab itu hindarkan dia dari kerumunan banyak orang.

  • Posisikan pasien tidur terlentang dengan kepala miring

Memposisikan pasien dengan kepala miring sangat berguna untuk melonggarkan jalan pernafasan dan mencegah tersedak jika pasien mengalami muntah.

  • Tinggikan kaki sekitar 30 cm

selain itu dianjurkan juga untuk meninggikan kaki pasien sekitar 30 cm agar aliran darah bisa terfokus pada bagian atas tubuh atau otak sehingga pasien bisa cepat sadarkan diri.

  • Longgarkan baju dan ikat pinggang

Orang yang mengalami pingsan biasanya akan kesulitan untuk bernafas, oleh sebab itu dianjurkan untuk melonggarkan pakaian dengan membuka 2 kacing baju paling atas dan melonggarkan ikat pinggang agar pasien bisa bernafas dengan normal.

  • Periksa keadaan pasien

Periksa juga apakah ada bagian tubuh yang terluka pada pasien yang terjatuh saat pingsan, jika ditemukan lakukan juga perawatan pertama pada luka yang ada.

  • Berikan nafas buatan jika diperlukan

Jika anda mendapati orang pingsan dan nafasnya lemah sekali, anda bisa memberikan nafas buatan hingga pasien memberikan respon positif.

  • Bangunkan pasien

Anda bisa mencoba menyadarkan pasien yang pingsan dengan cara menggoyang pelan tubuhnya atau bisa juga dengan panggilan suara.

  • Dudukkan pasien jika sudah sadar

Setelah pasien sadar dari pingsannya beberapa saat, anda bisa menawarinya untuk duduk santai dnengan bersandar tanpa memaksakannya, setelah itu anda bolem memberikannya air putih secukupnya agar pulih kesadarannya.

demikian sahabat sekalian artikel saya tentang pertolongan pertama pada orang yang mengalami pingsan yang bisa anda lakukan. Jika dalam beberapa menit pasien tak sadarkan diri, segera cari pertolongan dan membawanya ke rumah sakit atau klinik pengobatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. terimakasih semoga bermanfaat untuk kita semua.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *