Pertolongan Pertama Pada Gejala Angin Duduk

Diposting pada

Pertolongan pertama pada angin duduk

Angin duduk merupakan subuah istilah yang sudah umum dan familiar di kalangan masyarakat Indonesia, namun begitu penyakit ini sangat berbeda dengan masuk angin biasa yang sering kita rasakan jika musim penghujan atau musim pancaroba mulai datang.

Penyakit angin duduk dalam dunia medis dikenal sebagai angina pectoris yang merupakan sebuah keadaan dimana seseorang mengalami rasa sakit yang luarbiasa di dada sebagai akibat dari terhambatnya aliran darah ke otot jantung yang membuat otot jantung kekurangan pasokan nutrisi dan oksigen yang sangat dibutuhkan untuk mendukung kinerja otot tersebut.

Karena angin duduk memiliki kemiripan dengan gejala masuk angin, orang sering menganggap remeh penyakit ini sehingga berakibat fatal pada kondisi penderita yang membuat kondisi tubuh cepat melemah dan sering berujung pada kematian yang cepat dan mendadak.

Oleh sebab itu mengenali serangan angin duduk sejak awal sangatlah penting untuk bisa diambil tindakan atau pertolongan pertama yang bisa membantu penderita untuk bisa tertolong sebelum mendapatkan pertolongan lebih lanjut dari tenaga ahli.

Gejala angin duduk

Akibat dari terhambatnya aliran darah ke otot jantung yang merupakan organ vital penunjang kehidupan, hal itu akan secara otomatis membuat otot jantung menjadi kehilangan fungsi utamanya untuk membantu jantung tetap memompa darah secara konstan.

Penyebab angin duduk

Ada beberapa tanda dan gejala umum yang dirasakan oleh penderita angin duduk yang patut di waspadai, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tanda utama dari angin duduk adalah rasa sakit dan nyeri didalam dada tengah atau sebelah kiri
  • Penderita biasanya juga akan mengalami sesak nafas
  • Mengeluarkan keringat dingin yang berlebihan
  • Merasakan muat dan mau muntah
  • Kepala tiba-tiba menjadi pusing
  • Tubuh terasa sangat lelah
  • Mengalami gelisah

Meskipun tak semua nyeri dada disebabkan oleh angin duduk, namun begitu anda patut waspada jika rasa nyeri tersebut disertai dengan gejala lainnya seperti yang saya sebutkan diatas. Biasanya orang yang mengalami angin duduk pada awalnya akan merasakan sakit didada dan sesak nafas disertai keluarnya keringat dingin berlebihan.

Pertolongan pertama pada angin duduk

Jika anda atau orang disekitar anda mengalami gejala angin duduk seperti uraian saya diatas, hal yang harus anda lakukan adalah jangan panik melihat keadaan tersebut, berusahalah untuk tetap tenang karena kepanikan tak akan menyelasikan masalah.

Setelah anda bisa menguasai diri dari rasa panik, selanjutnya lakukan beberapa langkah pertolongan pertama pada angin penyakit angin duduk sebagai berikut.

  • Dudukkan penderita dan buka kerah bajunya

Jika anda melihat gejala angin duduk pada orang disekitar, lakukan segera untuk mendudukkan penderita dengan posisi bersandar dan kaki diselonjorkan dan diberi alas bantal di betisnya agar penderita lebih rileks dan tak terlalu sesak saat mengambil nafas

  • Berikan minyak kayu putih

Langkah selanjutnya yang bisa anda alakukan adalah, memberikan minyak kayu putih atau minyak angin pada bagian tubuh dari mulai dada sampai perut kemudian dari punggung sampai pinggang penderita.

Dengan mengolesi bagian tubuh tersebut menggunakan minyak angin, hal itu akan rasa hangat pada tubuh penderita sehingga ia akan merasa lebih nyaman.

  • Cari bantuan orang sekitar

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mencari bantuan orang disekitar untuk membantu anda membawa penderita ke rumah sakit atau tenaga ahli yang bisa mengobati angin duduk.

Pengobatan angina pectoris

Semakin cepat anda mendapatkan bantuan, maka penderita angin duduk memiliki kesempatan yang besar untuk selamat dari bahaya yang ditimbulkan oleh angin duduk.

  • Ajak penderita tetap rileks

Selama menunggu pertolongan datang dari tenaga ahli  atau medis, ajaklah penderita untuk tetap tenang, sabar dan jangan panik dalam menghadapi ujian tersebut. Hal itu akan membuat penderita merasa lebih rileks.

Jika penderita pingsan

Jika penderita mengalami pingsan karena serangan angin duduk, langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menidurkan pasien di tempat yang keras bisi di tikar atau karpet karena jika di atas kasur tidak akan efektif.

Setelah itu lakukan penekanan pada dada atau kompresi terukur sebanyak 100 kali dalam satu menit sambil berteriak mencari bantuan orang sekitar. Jika ia sudah sadar tidurkan dalam posisi miring untuk mencegah pasien mengalami muntah dan tersedak.

Yang perlu diperhatikan juga saat penderita sadar, jangan diberi makan atau minum terlebih dahulu, segera cari bantuan untuk membawa penderita ke rumah sakit atau tenaga medis terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian artikel saya tentang pertolongan pertama pada angin duduk yang bisa anda lakukan jika mengalami atau melihat kasus penyakit tersebut disekitar anda, dengan pertolongan awal yang benar akan memberikan kesempatan besar pada penderita angin duduk untuk bisa selamat dengan izin Alloh tentunya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

2 thoughts on “Pertolongan Pertama Pada Gejala Angin Duduk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *