Persiapan Sebelum Melakukan Terapi Gurah Hidung

Diposting pada

Persiapan gurah hidung

Gurah hidung merupakan metode pengobatan tradisional alami yang sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat jawa yang sangat efektif untuk mengobati berbagai macam gangguan dan penyakit saluran pernafasan.

Perlu anda ketahui bahwasanya terapi gurah dengan mengeluarkan lendir dari hidung, tenggorokan dan saluran bronkial paru-paru akan menguras tenaga dan energi dari tubuh anda sehingga dibutuhkan persiapan tenaga dan mental sebelum menjalani terapi ini.

Bagi anda yang belum pernah menjalani terapi gurah hidung, biasanya akan merasa ngeri dan enggan untuk melakukannya. Namun dengan persiapan matang dan cara yang benar terapi gurah akan sangat efektif dan aman untuk dilakukan.

Disini admin akan share beberapa persiapan yang harus anda perhatikan sebelum datang ke terapis gurah agar efek samping gurah bisa diminimalisir dan anda bisa mendapatkan manfaat gurah secara optimal.

 

Persiapan gurah hidung

Sebelum anda melakukan terapi gurah, ada beberapa hal penting yang harus anda fahami agar proses terapi berjalan lancar tanpa mengalami kendala. Hal itu karena banyak orang yang ingin melakukan terapi gurah, namun belum mengetahui persiapan sebelum menjalaninya.

Diantara syarat yang harus dipenuhi sebelum gurah telah saya rangkum dalam beberapa poin berikut ini.

  • Sebelum gurah badan harus sehat dan fit

Dikarenakan gurah mengeluarkan banyak energi, maka sebelum menjalani terapi ini pastikan tubuh anda dalam keadaan fit dan tidak dalam keadaan meriang atau sakit kepala.

Jika merasa badan kurang fit, sebaiknya tunda dulu melakukan terapi gurah dan lakukan ketika badan sudah terasa sehat. Karena jika anda memaksakan diri, dikhawatirkan akan membuat badan menjadi demam akibat energi yang banyak dikeluarkan saat proses gurah.

  • Jangan melakukan gurah saat batuk

Meskipun gurah merupakan metode yang efektif untuk mengatasi masalah saluran pernafasan, namun terapi ini tak boleh dilakukan pada orang yang sedang mengalami sakit.

Terapi gurah dilakukan sebagai metode pencegahan dan untuk yang sedang mengalami batuk, silahkan obati dulu batuk anda sampai sembuh setelah itu baru melakukan terapi gurah ini.

Gurah hidung untuk kesehatan

Jika anda melakukan terapi gurah pada saat batuk, maka dikhawatirkan akan membuat tenggorokan anda sakit karena harus terbatuk-batuk saat proses gurah berlangsung.

  • Jangan melakukan gurah saat kelelahan

Saat anda sedang kelelahan fisik maka tubuh akan loyo dan kurang bertenaga. Oleh karena proses gurah membutuhkan energi yang besar maka orang yang sedang kecapekan sangat disarankan untuk tidak melakukan terapi gurah hidung.

Istirahat yang cukup dan pulihkan tenaga anda sebelum melakukan terapi gurah agar semuanya berjalan lancar tanpa masalah nantinya.

  • Tidak melakukan gurah saat pilek

Saat seseorang mengalami pilek biasanya hidung dalam keadaan tersumbat, hal itu tak memungkinkan untuk dilakukan gurah disebabkan obat gurah tak bisa di teteskan ke hidung yang sedang tersumbat.

  • Jangan gurah saat tekanan darah tinggi atau rendah

Jika anda ingin melakukanterapi gurah, sebaiknya pastikan tekanan darah anda normal dan tak sedang mengalami sakit kronis lainnya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Persiapan mental sebelum gurah

Selain persiapan fisik yang harus anda penuhi sebelum melakukan terapi gurah ada persiapan lainnya yang harus anda ketahui yakni persiapan mental dan keberanian untuk melakukannya.

Banyak orang yang merasa enggan untuk gurah kebanyakan disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang terapi ini, ada yang merasa ngeri melihat orang yang mengeluarkan lendir dan bahkan muntah-muntah saat di gurah.

Padahal jika anda mengetahui manfaat gurah yang begitu besar untuk kesehatan, pastinya pengorbanan anda yang sebentar saat proses gurah akan terbayarkan saat terapi gurah selesai dilakukan.

Yang perlu anda ketahui adalah terapi gurah akan sangat aman dilakukan jika dilakukan dengan benar dan persiapan yang matang. Jadi tak ada alasan untuk takut melakukan terapi ini.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalani terapi gurah, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin melakukan terapi gurah.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *