Penyebab Gigi Berlubang Yang Harus Anda Waspadai

Diposting pada

Gigi keropos

Gigi merupakan bagian dari organ tubuh karunia dari Alloh yang memiliki peranan yang sangat penting, oleh sebab itu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi adalah hal yang harus kita perhatikan agar gigi bisa tahan untuk kita gunakan seumur hidup.

Gangguan kesehatan pada gigi seperti gigi keropos, berlubang, gigi berwarna kuning atau hitam dan gangguan lainnya banyak disebabkan oleh rendahnya kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi yang merupakan aset yang sangat berharga.

Mungkin karena letak gigi yang tersembunyi didalam mulut sehingga membuat banyak orang tak mau ambil pusing terhadap kesehatan organ tersebut, hal itu tentunya akan berdampak pada kesehatan gigi jangka panjang yang harusnya anda waspadai dari sekarang.

Salahsatu masalah gangguan kesehatan gigi yang sering dialami adalah gigi berlubang, dimana gangguan gigi yang satu ini memberikan dampak buruk terhadap kerusakan gigi secara permanen serta menimbulkan sakit gigi yang sangat menyiksa.

Setelah mengalami sakit gigi yang diakibatkan oleh gigi berlubang, biasanya barulah timbul kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi yang seharusnya diperhatikan sejak dini sebagai tindakan pencegahan agar tak terjadi hal yang tak kita inginkan.

Baca juga: Titik pijat redakan sakit gigi

Oleh sebab itu, disini admin akan bercerita panjang lebar tentang penyebab gigi berlubang yang harusnya kita waspadai sebelum kerusakan gigi dapat menyebabkan sakit gigi yang sangat menyiksa.

Pemicu gigi berlubang

Penyebab gigi berlubang

Mengetahui penyebab suatu penyakit adalah sangat penting, hal itu karena dengan memahami faktor pemicu akan memudahkan kita untuk menghindarinya sehingga kita bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Tak terkecuali dengan masalah gigi berlubang yang memiliki banyak faktor pemicu dan harus kita waspadai. Untuk lebih jelasnya silahkan baca dan fahami poin-poin berikut yang menjadi penyebab gigi berlubang.

  • Serangan bakteri jahat

Gigi berlubang seringkali disebabkan oleh serangan bakteri jahat yang berada didalam mulut, bakteri ini hidup dirongga mulut dan menyerang gigi anda sehingga menyebabkan gigi menjadi keropos dan berlubang.

  • Makanan dan minuman manis

Siapa sih yang tak menyukai makanan manis? dari mulai anak kecil hingga orang tua pasti menyukainya. Namun tahukah anda bahwasanya makanan dan minuman manis dapat memicu terjadinya gigi berlubang.

Hal itu karena kandungan gula yang tertinggal dimulut akan difermentasi oleh bakteri menjadi zat asam yang pastinya akan merusak email gigi sehingga mudah keropos dan lama-kelamaan akan membuat gigi menjadi mudah berlubang.

  • Timbulnya plak pada gigi

Bakteri yang merubah gula menjadi asam didalam mulut dan lambat laun akan membentuk plak yang menempel pada lapisan luar gigi anda. Plak biasanya akan membentuk karang gigi jika kita kurang memperhatikan kebersihan mulut dan gigi.

Penyebab gigi berlubang

Kandungan asam yang meliputi plak pada gigi akan sangat membahayakan kesehatan gigi anda, hal itu karena zat asam pada plak akan merusak email gigi sehingga mudah keropos, dalam jangka panjang akan timbul lubang kecil pada gigi sehingga jika dibiarkan akan membuat lubang kecil tersebut menjadi membesar.

  • Kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi

Rendahnya kepedulian terhadap kebersihan mulut dan gigi merupakan faktor utama yang menjadi penyebab gigi berlubang. Jadi mulai saat ini mari kita rutin menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan rajin menggosok gigi. Karena gigi yang bersih juga akan mencegah terjadinya bau mulut kronis yang salahsatu penyebab utamanya adalah akibat dari gigi berlubang.

Dengan rutin menjaga kebersihan mulut dan gigi, hal itu akan menghalangi bakteri untuk membuat plak dan karang gigi yang menjadi penyebab gigi keropos dan berlubang.

  • Faktor keturunan

Mudahnya gigi yang mengalami kerusakan bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan atau genetika. Gen kita sangat mempengaruhi seberapa baik dan kerasnya email gigi yang kita miliki sehingga tingkat seseorang yang mudah terserang oleh masalah gigi berlubang juga di pengaruhi oleh gen yang diturunkan kepada dia.

  • Masalah mulut yang kering

Air liur sangat bermanfaat untuk mengikis sisa makanan dan munculnya plak pada gigi anda, selain itu air liur juga mencegah bakteri untuk memproduksi asam yang membuat gigi mudah keropos. Jadi kurangnya produksi air liur yang membuat mulut menjadi kering merupakan salahsatu penyebab gigi berlubang.

Perokok aktif juga sangat beresiko menyebabkan gigi berlubang karena zat tertentu pada tembakau dapat menggangu produktifitas air liur yang sangat dibutuhkan untuk terjaganya kesehatan mulut dan gigi.

  • Gangguan lambung

Satu lagi faktor yang memicu munculnya lubang pada gigi adalah gangguan pada lambung anda. Hal itu bisa terjadi apabila asam lambung yang naik hingga ke mulut yang pastinya akan sangat tidak bersahabat dan berpotensi merusak email gigi anda.

  • Minuman keras

Selain itu seseorang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol juga sangat rentan mengalami kerusakan pada gigi, karena kandungan alkohol yang keras sangat tidak bersahabat dan dapat merusak email gigi anda.

  • Faktor usia

Pada dasarnya masalah gigi berlubang bisa menimpa siapa saja baik anak-anak sampai orang tua sekalipun, namun menurut penelitian usia anak-anak dan remaja merupakan rentang usia yang sangat rentan mengalami gigi berlubang, hal itu disebabkan oleh kurangnya kesadaran pada anak-anak untuk merawat kesehatan dan kebersihan gigi.

Orang dewasa biasanya lebih memahami dan mawas diri untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi mereka. Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan gigi anak-anak agar tak mengalami kerusakan.

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab gigi berlubang dan faktor pemicu kerusakan gigi, sekarang pastinya sudah terfikir di benak anda untuk mencegahnya agar gigi yang kita miliki tetap sehat dan utuh serta bisa menjadi aset seumur hidup.

Melihat pentingnya kesehatan mulut dan gigi yang memiliki peranan vital dan sistem pencernaan kita, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menjaga dan merawatnya karena ia merupakan salahsatu anugerah Alloh yang tak ternilai harganya.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *