Cara Mensterilkan Alat Bekam Agar Aman Digunakan

Diposting pada

Mensterilkan gelas bekam

Terapi bekam merupakan sebuah metode pengobatan yang relatif mudah untuk dilakukan, dengan sedikit pengetahuan tentang penggunaan alat bekam dan titik bekam yang dibutuhkan, anda bisa melakukannya sendiri dirumah.

Namun tahukah anda bahwasanya ada hal-hal yang sangat penting dan wajib diketahui oleh seorang terapis bekam yakni menjaga agar alat bekam yang digunakan tetap steril dan aman dari virus atau bakteri berbahaya yang bisa saja menular kepada orang lain yang anda bekam.

Proses penularan penyakit biasanya melalui terapi bekam basah yakni dengan mengeluarkan darah kotor dari seorang yang dibekam, sehingga proses sterilisasi untuk alat yang digunakan untuk bekam basah harus melalui prosedur yang benar.

Pentingnya sterilisasi alat bekam

Penularan penyakit dari seseorang ke orang lain melalui gelas bekam bisa terjadi bila anda tak mengikuti prosedur sterilisasi alat bekam yang anda gunakan, ini merupakan sebuah kecerobohan seorang terapis yang bisa merugikan orang lain dan harus menjadi perhatian setiap terapis bekam.

Tujuan dari sterilisasi alat yang digunakan untuk berbekam adalah untuk membunuh kuman, virus dan bakteri dari proses bekam darah yang dilakukan, sehingga alat bekam bisa digunakan untuk terapi pembekaman kepada orang lain secara aman tanpa khawatir tertular penyakit dari pasien lain.

Selain itu, tujuan lain dari proses sterilisasi alat bekam adalah untuk membersihkan minyak dan bekas darah kotor  yang menempel pada gelas bekam yang digunakan, cara ini juga bermanfaat untuk menjaga agar alat bekam anda miliki tetap awet dan higienis.

Melihat pentingnya mensterilkan alat bekam, disini admin akan share cara sederhana untuk membersihkan dan mensterilkan alat bekam menggunakan bahan yang mudah didapatkan serta bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Cara msterilkan alat bekam

Alat bekam yang digunakan berkali-kali untuk terapi seperti, gelas bekam dan pena bekam harus melalui proses sterilisasi yang benar agar tak membawa dampak negatif penularan penyakit pada pasien lain yang kita bekam.

Gelas bekam steril

Namun untuk alat pendukung lainnya yang sekali pakai seperti sarung tangan, kapas untuk membuang darah kotor, pisau atau jarum. Tentunya tak membutuhkan proses sterilisasi karena tak akan kita gunakan lagi.

Oleh sebab itu, proses sterilisasi akan kita fokuskan pada gelas dan pena bekam yang mengalami kontak langsung dengan darah kotor yang terjadi ketika  proses pembekaman berlangsung. Dan inilah cara sederhana mudah dan murah yang bisa anda lakukan untuk mensterilkan alat bekam.

Cara mensterilkan gelas bekam

  • Setelah selesai proses pembekaman, letakkan gelas bekam pada nampan khusus. Jangan di taruh di sembarnag tempat
  • Rendam gelas bekam dengan air yang dicampur cairan klorin / pemutih (bayclin) dengan takaran 15 cc pemutih untuk 1 liter air
  • Lakukan perendaman minimal 20 menit
  • Setelah sekitar 20 menit aduk-aduk air rendaman selama 5 menit sampai berbusa
  • Bilas dengan air bersih sebanyak 3 kali bilas
  • Setelah itu keringkan gelas bekam yang selesai anda cuci
  • Setelah kering lap dengan menggunakan kapas yang direndam cairan alkohol 70%
  • Selanjutnya anda bisa menjemurnya pada terik matahari selama 15 menit
  • Gelas bekam siap digunakan kembali

Untuk anda yang memiliki alat bekam premium yang taham panas, sebaiknya lakukan sterilisasi dengan merebusnya pada air mendidih selama 15 menit untuk mengganti proses perendaman yang menggunakan cairan klorin. Cara merebus alat bekam ini lebih efektif membunuh kuman dan virus. Namun cara ini tak bisa dilakukan pada gelas bekam biasa yang tak tahan panas, karena gelas akan rusak dan tak bisa digunakan lagi.

Cara sterilisasi pena bekam

Pena bekam juga harus dilakukan sterilisasi setiap kali selesai melakukan terapi bekam, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya

Sterilisasi pena bekam

  • Rendam pena bekam pada air yang dicampur pemutih dengan takaran 15 cc pemutih untuk 1 liter air
  • Perendaman dilakukan terpisah dengan gelas bekam
  • Rendam selama maksimal 5 menit saja karena jika terlalu lama warnanya akan luntur akibat pemutih
  • Setelah itu keringkan penanya
  • Lap pena bekam terutama bagian ujungnya menggunakan kapas yang sudah direndam alkohol 70%
  • Biarkan alkoholnya kering 100%
  • Pena bekam siap digunakan kembali

Sterilnya alat bekam menjadi syarat mutlak yang musti diperhatikan oleh setiap terapis, mengabaikan masalah ini bisa berakibat fatal pada pasien yang anda bekam yakni kemungkinan penularan penyakit akibat dari alat bekam yang tidak steril.

Selain itu darah bekam juga jangan dibuang sembarangan di tempat sampah karena rawan akan penularan penyakit, akan tetapi kumpulkan semua didalam sebuah plastik kemudian bakar sampai jadi arang untuk mengantisipasi hal-hal yang tak kita inginkan.

Demikian sahabat sekalian artikel penting tentang cara mensteriklan alat bekam yang bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan mudah dan murah. Semoga bisa menjadi perhatian bagi anda yang sedang belajar melakukan terapi bekam akan pentingnya menjaga kesterilan alat bekam yang anda gunakan.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *