Yuk Pelajari Manfaat Sholat Untuk Kesehatan Jasmani

Diposting pada

Manfaat sholat untuk kesehatan tubuh

Berbicara tentang masalah kesehatan memang tiada habisnya untuk diperbincangkan. Setiap orang pasti butuh yang namanya hidup sehat dan bahagia, ketika ditanya pasti setiap orang mengharapkannya karena tak seorangpun yang ingin hidup sakit lagi sengsara.

Sehat sendiri merupakan karunia Allah yang sangat besar dan wajib untuk kita syukuri. Caranya yakni dengan menggunakan nikmat yang telah Allah ta’ala berikan kepada kita sebesar-besarnya untuk mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Karena nikmat sehat juga akan ditanyakan oleh Allah subhanahu wata’ala sebagai pemberinya untuk apa dia menggunakannya sewaktu hidup didunia.

Pentingnya bersyukur

Selain itu bersyukur dengan nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita juga merupakan pintu untuk bertambahnya nikmat yang akan kita terima. Janji itu telah Allah abadikan didalam Al Qur’an surah Ibrahim ayat 7 berikut ini.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS Ibrahim:7)

Islam adalah agama yang sempurna yang tak hanya mengatur masalah ibadah yang hanya bermanfaat untuk akhirat saja, namun lebih dari itu setiap ibadah yang kita lakukan juga memberikan manfaat duniawi bagi yang patuh mengerjakannya. baik manfaat untuk kesehatan jasmani maupun rohani serta manfaat dunia lainnya yang bisa kita dapatkan.

Termasuk dalam hal ini adalah manfaat sholat untuk kesehatan yang telah banyak yang meneliti dan merasakan manfaatnya dengan rutin mengerjakan sholat sesuai dengan yang telah Allah perintahkan.

Manfaat sholat untuk kesehatan

Ibadah shalat merupakan sebuah ibadah yang telah disyariatkan didalam agama islam dengan tata cara dan gerakan yang telah ditentukan. Tak hanya itu dalam satu haru satu malam, setiap muslim diwajibkan untuk menjalankan sholat fardhu sebanyak 5 kali yang telah ditentukan waktu-waktunya.

Sholatlah dengan benar niscaya sehat

Sejatinya gerakan didalam shalat merupakan kumpulan gerakan ibadah untuk menyembah dan mengagungkan Allah sebagai satu-satunya tuhan yang berhak untuk diibadahi. Gerakan tersebut meliputi berdiri, rukuk, i,tidal, sujud dan gerakan lainnya yang membentuk rangkaian shalat.

Namun setelah diteliti ternyata dari gerakan sholat yang biasa kita lakukan, memiliki manfaat yang luarbiasa untuk kesehatan. Hal itu dikemukakan oleh seorang peneliti dari universitas Binghamton New York bernama Prof. Muhammad khasawneh.

Menurut beliau, gerakan shalat memiliki kemiripan dengan gerakan senam atau terapi fisik untuk penyembuhan nyeri punggung. Tak hanya itu, setiap gerakan didalam shalat juga memiliki arti dan manfaat yang berbeda-beda untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat takbiratul ihram

Takbiratul ihram merupakan gerakan mengangkat tangan setinggi pundak atau telinga kemudian meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri di dada sebagaimana posisi awal shalat yang biasa kita kerjakan.

Gerakan tersebut bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah didalam tubuh serta menguatkan otot pergelangan tangan dan otot tangan secara keseluruhan karena gerakan takbiratul ihram yang telah mengerakkan tangan dengan irama yang teratur.

Ketika tangan digerakkan, maka otot bahu akan secara otomatis meregang. Keadaan ini akan membuat aliran darah baru yang kaya akan oksigen dan nutrisi yang diperlukan menjadi lancar sehingga otot menjadi lebih rileks.

Manfaat gerakan rukuk

Rukuk adalah gerakan shalat yang mengharuskan tubuh membungkuk hingga punggung dalam keadaan rata dan kedua telapak tangan diletakkan menekan lutut. Rukuk yang sempurna juga mengharuskan adanya tuma’ninah dimana tubuh harus dalam keadaan tenang dan rileks dalam menjalani rukuk tersebut.

Manfaat rukuk untuk kesehatan

Manfaat dari gerakan tersebut adalah menjaga kesempurnaan dan fungsi utama dari tulang belakang yakni sebagai penyangga tubuh dan jalur utama urat syaraf tubuh. Posisi tubuh yang membungkuk membuat jantung sejajar dengan otak sehingga membuat peredaran darah menjadi lebih lancar di bagian tengah tubuh.

Selain itu tangan yang diletakkan diatas lutut juga berfungsi untuk merelaksasi otot bahu hingga lengan dan posisi rukuk juga merupakan latihan yang sangat baik untuk mencegah penyakit pada organ prostat.

Manfaat gerakan i’tidal

I’tidal merupakan gerakan bangun dari rukuk yang mengharuskan tubuh dalam keadaan tegak seimbang yang dibarengi dengan mengangkat tangan setinggi pundak atau telinga.

Manfaat yang bisa kita peroleh dari gerakan bangun dari rukuk adalah variasi dari gerakan yang melatih pencernaan dalam tubuh kita. Pada saat peralihan antara rukuk dan sujud, terjadi peregangan dan pelonggaran secara bergantian yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Manfaat gerakan sujud

Sujud adalah gerakan yang mengharuskan untuk meletakkan badan dalam posisi mencium lantai dengan kedua telapak tangan, dua lutut dan dua ujung jari kaki menempel di lantai dalam waktu beberapa saat.

Manfaat sujud untuk kesehatan

Manfaat dari posisi sujud ini adalah keadaan jantung yang lebih tinggi dari pada otak sangat bermanfaat untuk mengalirkan darah baru yang kaya akan nutrisi dan oksigen menuju ke otak yang sangat berpengaruh terhadap kinerja otak dan daya fikir seseorang. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kerjakan sujud dengan tuma’ninah artinya tidak tergesa-gesa dalam melakukannya.

Bagi kaum hawa, gerakan rukuk dan sujud sangat bermanfaat untuk kesuburan dan kesehatan organ kewanitaannya. Selain itu khusus untuk ibu hamil gerakan ini juga sangat bermanfaat untuk memudahkan proses melahirkan nantinya.

Manfaat duduk tahiyat

Dalam hal ini ada dua bentuk duduk dalam shalat yakni duduk tahiyat awal (duduk iftirasy) dan duduk tahiyat akhir (duduk tawaruk) yang perbedaannya hanya pada letak dan posisi telapak kaki kiri.

Manfaat duduk takhiyat untuk kesehatan

Duduk iftirasy dimana keadaan ini mengharuskan kita bertumpu pada pangkal paha yang bermanfaat untuk menghindarkan kita pada nyeri pada pangkal paha yang sering membuat penderitanya susah untuk berjalan dan menggerakkan kaki.

Sedangkan duduk tahiyat akhir atau tawaruk bermanfaat untuk menghindarkan kita dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan kandung kemih, saluran kencing, prostat dan saluran vas deferens.

Selain itu posisi duduk iftirasy dan tawaruk juga bermanfaat untuk kesehatan otot tungkai kaki dan menghindarkan kita dari penyakit nyeri telapak kaki atau plantar fasciitis.

Manfaat gerakan salam

Gerakan salam dalam shalat adalah dengan memutar kepala ke kanan dan ke kiri sambil membaca salam.

Manfaat dari gerakan ini adalah merelaksasi otot-otot disekitar leher dan membuat aliran darak dari leher ke kepala menjadi lebih lancar. Gerakan ini juga bermanfaat untuk mencegah sakit urat leher dan sakit kepala.

Jadi selain manfaat sholat untuk kesehatan rohani atau jiwa kita, ternyata shalat juga memberikan manfaat secara nyata untuk kesehatan jasmani. Tentunya untuk mendapatkannya kita harus mengikuti aturan yang telah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam ajarkan kepada kita.

Salah satunya anjuran yang sangat penting dari beliau adalah mengerjakan shalat harus dengan khusuk yang disertai dengan tuma’ninah atau tenang dan rileks dalam setiap gerakan shalat yang kita kerjakan. Rasulullah melarang keras kita mengerjakan shalat dengan tergesa-gesa yang kemungkinan besar juga tak akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Wallahu a’lam bishawab.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *