Luarbiasa Manfaat Pijat Akupresur Untuk Kesehatan

Manfaat pijat akupresur

Pernahkah anda menjalani sesi terapi akupresur? Jika belum, setelah membaca artikel ini anda akan penasaran dan ingin mempelajari lebih dalam tentang terapi akupresur yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Meskipun di Indonesia terapi ini tak begitu populer dibandingan pijat refleksi dan lainnya. Akan tetapi akupresur sudah sangat akrab di benua eropa dan amerika. Bahkan di negeri barat tersebut saat ini banyak ditemukan terapis akupresur yang bersertifikat dengan pengetahuan dan kemampuan yang bisa diandalkan.

Apa itu pijat akupresur?

Akupresur adalah metode pengobatan holistik tradisional tiongkok yang sudah dikenal luas di berbagai belahan dunia. Metode pengobatan klasik ini sudah berusia sekitar 5000 tahun dan telah terbukti memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan.

Terapi ini melibatkan tekanan atau pemijatan terukur menggunakan jari atau alat bantu lainnya pada titik tertentu pada tubuh yang memiliki hubungan langsung maupun tidak langsung dengan organ, energi dan emosi serta syaraf tertentu.

Meskipun tak setenar akupuntur yang sudah akrab di telinga kita. Namun pijat akupresur juga memiliki khasiat yang tak bisa diremehkan. Banyak jenis penyakit yang bisa ditangani dan sembuh dengan metode sederhana ini.

Terapi pijat akupresur

Pijat akupresur memiliki sejarah panjang dan berhubungan erat dengan metode pengobatan tiongkok kuno lainya seperti pijat refleksi kaki dan akupuntur yang menggunakan jarum sebagai media terapi.

Di dalam artikel ini saya akan mencoba untuk mengulas tentang apa saja manfaat pijat akupresur yang bisa kita dapatkan dengan rutin menjalaninya. Jadi pastikan anda membaca habis artikel ini untuk detail selanjutnya.

Cara kerja akupresur

Sebenarnya teori pengobatan dengan akupresur memiliki kesamaan dengan teori pijat refleksi yang pernah saya share terdahulu.

Yakni setiap manusia memiliki vital energi atau energi chi yang mengalir pada tubuh melalui garis meridian tubuh. Ketika aliran chi terhambat, maka keseimbangan tubuh akan terganggu dan penyakit pun bermunculan.

Terapi akupresur tubuh

Disinilah terapi pijat akupresur bekerja dengan melakukan pemijatan pada titik-titik meridian tubuh yang berfungsi untuk melancarkan energi vital sehingga keseimbangan tubuh kembali normal dan penyakit juga bisa sembuh lebih cepat.

Selain itu titik pijat akupresur juga memiliki fungsi sebagai pereda nyeri terhadap berbagai keluhan. memberikan efek relaksasi pada tubuh dan ampuh untuk mengatasi stres yang banyak di alami oleh manusia modern saat ini.

Manfaat pijat akupresur

Setelah anda memahami apa itu akupresur dan cara kerjanya. Anda juga harus tahu apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjalani terapi ini.

Oleh sebab itu, pada kesempatan hari ini saya akan share berbagai manfaat pijat akupresur yang telah terbukti dan telah banyak di diteliti oleh para ahli dan praktisi kesehatan baik medis maupun non medis.

Baca juga: Manfaat Pijat Refleksi

Dan berikut ini manfaat luarbiasa terapi akupresur untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan.

Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah lancar

Peredaran darah yang mengalir dengan lancar akan memudahkan pengangkutan nutrisi, oksigen dan berbagai zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh terdistribusi dengan baik sehingga tubuh akan tetap sehat.

Agar peredaran darah didalam tubuh anda tetap lancar, anda bisa rutin menjalani terapi akupresur yang salah satu fungsi utamanya adalah untuk melancarkan peredaran darah dengan cara sederhana yakni dengan melakukan penekanan terukur pada titik tertentu yang dibutuhkan.

Pijat akupresur sebagai pereda nyeri

Terapi akupresur adalah cara yang sangat efektif untuk mengatasi rasa nyeri dan sakit pada tubuh kita. Dengan melakukan pemijatan pada titik atau area tertentu pada tubuh kita, hal itu akan membuat aliran chi menjadi lancar tanpa hambatan.

Selain itu terapi ini juga berperan untuk melancarkan predaran darah dengan menghilangkan sumbatan pada pembuluh darah. Lancarnya peredaran darah akan membuat tubuh anda akan cepat pulih dari sakit yang diderita.

Efektif atasi stres

Terapi akupresur atasi stres

Stres adalah faktor terbesar yang menghambat lancarnya energi vital pada tubuh kita. Pijat akupresur dipercaya sangat efektif untuk melancarkan energi vital dan memperbaiki keseimbangan tubuh kita.

Tentunya terapi pijat untuk atasi stres akan dilakukan pada titi-titik tertentu dengan tehnik pemijatan tertentu yang bisa memberikan efek positif terhadap penurunan tingkat stres secara berkala.

Mempercepat penyembuhan penyakit

Untuk penyakit ringan dan penyakit dalam taraf gejala, pijat akupresur erbukti mampu memberikan kontribusi positif untuk proses penyembuhan bahkan tanpa tambahan obat apapun yang mengiringinya.

Sedangkan untuk jenis penyakit berat atau kronis, terapi akupresur bisa anda gunakan sebagai pendamping dari metode pengobatan lainnya yang sudah dilakukan.

Tak ada efek negatif yang ditimbulkan dengan penggabungan metode pengobatan apapun dengan pijat akupresur, yang ada adalah terapi ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Menurunkan ketegangan pada otot

Terapi sakit pinggang

banyak hal yang memicu terjadinya ketegangan pada otot-otot tubuh kita, salah satunya disebabkan oleh tingkat stres yang kita alami, tingkat emosi dan masalah peredaran darah didalam tubuh kita.

Dengan menjalani terapi akupresur, akan menstimulasi sistem syaraf serta melepaskan ketegangan otot dengan menurunkan tingkat stres serta melancarkan peredaran darah sehingga akan timbul efek relaksasi dan mengendurkan ketegangan pada otot.

Mendapatkan ketenangan

Efek relaksasi dari terapi pijat akupresur akan memberikan ketenangan jiwa dan membuat fikiran menjadi lebih fresh. Hal itu karena energi vital yang telah mengalir lancar didalam tubuh kita sehingga menyebabkan tubuh menjadi lebih rileks dan segar kembali.

Ketenangan pasca terapi juga secara otomatis kita dapatkan karena menurunnya tingkat stres, penurunan pada ketegangan otot-otot tubuh serta lancarnya peredaran darah setelah selesai proses terapi akupresur.

Meningkatkan gairah dan vitalitas

Para ahli akupresur meyakini bahwasanya terhambatnya energi chi pada tubuh akan sangat mempengaruhi gairah dan penurunan libido seseorang.

Hal itu bisa teratasi dengan menjalani terapi pijat akupresur yang akan membuat energi vital menjadi lancar dan memberikan efek peningkatan gairah seksual dan tentu saja akan meningkatkan vitalitas ketika berhubungan.

Meningkatkan kesuburan wanita

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari terapi akupresur adalah untuk meningkatkan kesuburan bagi wanita yang susah hamil karena berbagai sebab seperti kelainan hormon, sel telur yang kurang berkualitas dan lainnya.

Dengan melakukan terapi akupresur pada titik tertentu pada tubuh anda, hal itu akan memperbaiki kualitas sel telur yang dihasilkan serta memperbaiki kelainan hormon yang mungkin senjadi penyebab sulit mendapat keturunan.

Mengatasi keluhan ibu hamil

Terapi akupresur menjaga kesehatan kehamilan

Pijat akupresur juga bisa digunakan untuk tindakan pengobatan pada keluhan yang dialami oleh seorang ibu dalam masa kehamilan seperti sakit pinggang, pegal dan bengkak pada kaki, mual dan keluhan lainnya.

Tentunya untuk terapi akupresur pada ibu hamil harus dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman serta memahami kapan melakukannya serta titik mana saja yang tak boleh dilakukan pijatan diatasnya.

Melancarkan asi

Menurut penelitian dan jurnal yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang. Bahwasanya manfaat akupresur pada ibu menyusui mampu meningkatkan kecukupan asupan air susu ibu bagi bayi.

Jurnal tersebut telah diterbitkan dan bisa anda baca disini untuk detail lengkapnya.

Mencegah penuaan dini

Terapi akupresur wajah

Penuaan dini bisa terjadi biasanya disebabkan oleh munculnya kerutan atau keriput di sekitar wajah. Beberapa titik akupresur wajah dipercaya mampu mempertahankan kekencangan kulit wajah dan mencegah munculnya keriput sebelum waktunya.

Jadi terapi akupresur selain bermanfaat untuk kesehatan juga bisa memberikan efek positif terhadap kecantikan kulit anda.

Banyak jalan yang bisa anda tempuh untuk menjaga kesehatan secara alami, selain selalu menerapkan gaya hidup sehat, salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah menjalani terapi akupresur yang telah terbukti memberikan banyak manfaat luarbiasa untuk kesehatan.

Gimana sobat sekalian……? setelah mengetahui banyaknya manfaat pijat akupresur untuk kesehatan, tentunya terfikir oleh kita untuk mencoba menjalani terapi ini bukan…?

Selain memiliki banyak manfaat, terapi ini juga mudah dipelajari dan dipraktekkan untuk pengobatan mandiri dan keluarga dirumah. Untuk mempelajarinya, anda bisa ikuti artikel saya di blog ini yang sudah banyak mengulas tentang pijat akupresur yang biasanya saya padukan dengan pijat refleksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *