Kandungan dan Manfaat Kurma Ajwa Untuk Kesehatan

Diposting pada

Khasiat Kurma Nabi

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan buah kurma. Di Indonesia buah ini identik dengan bulan Ramadhan karena sudah menjadi tradisi makanan untuk berbuka puasa. Sehingga pada bulan tersebut buah kurma sangat mudah kita jumpai di pasaran karena banyak sekali yang menjajakannya pada bulan puasa.

Selain itu saat ini juga sangat banyak kita jumpai berbagai jenis kurma yang membanjiri pasar Indonesia. Dari yang harganya murah hingga kurma  yang memiliki harga yang cukup mahal tergantung jenis dan kualitas buah tersebut. Sebagai konsumen yang baik sudah seharusnya kita mengetahui apa saja manfaat dari kurma yang kita konsumsi.

Salahsatu jenis kurma yang memiliki kualitas yang bagus dan harga yang mahal adalah kurma ajwa. Karena jenis kurma ini memiliki khasiat khusus yang berbeda dengan jenis kurma lainnya yang banyak kita jumpai di pasaran.

Kurma ajwa merupakan salah satu jenis kurma populer dan banyak tumbuh di kota Madinah. Kurma ajwa juga sering disebut sebagai kurma nabi karena merupakan jenis kurma yang menjadi favorit nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam serta memiliki keutamaan dan manfaat berkat doa beliau.

Hadits tentang kurma ajwa

Ada beberapa hadits populer yang menyebutkan manfaat kurma ajwa sebagai penangkal racun dan sihir jika dimakan 7 butir saat sarapan pagi. Hal itu berdasarkan hadits dari Sa’at bin Abi waqqash radhiyallahu ‘anhu:

مَنْ تَصَبَّحَ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعَ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضرَّهُ فِي ذَلِكَ اليَوْمِ سُمٌّ وَلا سِحْرٌ

“Siapa yang setiap hari sarapan kurma ajwah 7 butir, maka di racun maupun sihir tidak akan memberikan pengaruh baginya di hari itu” (HR. Bukhari & Muslim)

Manfaat kurma ajwa

Didalam hadits lainnya yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam juga telah bersabda:

فِي عَجْوَةِ الْعَالِيَةِ، أَوَّلَ الْبُكْرَةِ عَلَى رِيقِ النَّفْسِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ سِحْرٍ، أَوْ سُمٍّ

“Dalam ajwah Aliyah yang dimakan di pagi hari, akan menjadi obat dari setiap sihir dan racun” (HR. Ahmad)

Dan banyak lagi hadits shahih lainnya dengan makna serupa yang menyebutkan keutamaan kurma ajwa untuk penetralisir racun dan sihir jika dikonsumsi pada pagi hari.Manfaat

Kandungan buah kurma ajwa

Selain sebagai kurma favorit nabi yang memiliki rasa yang nikmat, ternyata kurma ajwa memilki kandungan yang cukup lengkap dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita jika mengonsumsinya secara rutin.

Berdasarkan penelitian ilmiah yang telah dilakukan oleh para ahli, kandungan buah kurma ajwa kaya akan nutrisi seperti protein, serat, glukosa, lemak jenuh, fosfor, karbohidrat, kalsium, kalium zat besi dan lainnya.

Selain itu kurma ajwa juga kaya akan kandungan vitamin didalam daging buahnya diantaranya adalah vitamin A, B1, B6, B12, E, C dan vitamin K. Jadi dengan mengonsumsi buah ini kita juga mendapatkan berbagai vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Kurma Ajwa

Kurma ajwa adalah jenis buah kurma yang memiliki kandungan dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi buah ini akan memberikan manfaat luarbiasa bagi tubuh untuk menetralisir racun yang berbahaya.

Khasiat Kurma Ajwa

Selain sebagai obat yang mujarab untuk menangkal racun dan sihir sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits dari rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam daiatas, ternyata kurma ajwa juga memiliki manfaat lainnya yang akan saya jelaskan pada artikel ini satu per satu.

Manfaat untuk ibu hamil dan menyusui

Bagi ibu hamil yang rutin mengonsumsi kurma ajwa, hal itu akan memberikan banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam masa kehamilan dan untuk perkembangan bayi yang dikandungnya. Karena dalam masa kehamilan pastinya seorang ibu membutuhkan asupan yang cukup dari berbagai vitamin dan mineral dan hal tersebut banyak terkandung didalam daging buah kurma.

Selain itu buah kurma juga banyak mengandung zat untuk menambah energi tubuh yang diperlukan oleh ibu dalam masa kehamilannya, apalagi ketika hendak melahirkan secara normal pastinya energi yang diperlukan akan lebih banyak lagi.

Oleh sebab itu untuk memudahkan proses persalinan secara normal pada ibu yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengonsumsi kurma dan banyak minum air putih yang menjadi sumber energi alami tubuh ketika melahirkan.

Ketika sudah melahirkan pun, hendaknya tetap rutin mengonsumsi buah kurma ini karena juga sangat bermanfaat untuk ibu menyusui dimana salah satu manfaat kurma ajwa adalah untuk membantu memperlancar produksi asi yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

Khasiat kurma ajwa untuk bayi dan anak-anak

Tahnik bayi dengan kurma

Tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa saja, ternyata kurma ajwa juga sangat bermanfaat untuk anak-anak bahkan bayi sekalipun. Didalam sebuah riwayat, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam pernah mentahnik bayi yang baru lahir dengan kurma kering.

Mentahnik adalah memberikan kurma yang sudah dikunyah sampai lembut kemudian memasukkan dan menggosok-gosokkan pada langit-langit mulut bayi yang telah disunnahkan oleh Nabi seperti dalam hadits dari Abu Musa berikut ini.

وُلِدَ لِى غُلاَمٌ فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ وَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ

“Aku pernah dikaruniai anak laki-laki, lalu aku membawanya ke hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau memberinya nama Ibrahim dan mentahniknya dengan sebuah kurma kering” (HR Bukhari dan Muslim)

Jika anak sudah bisa mengunnyah dan makan sendiri, sebaiknya berikan kurma padanya secara rutin yang akan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Karena kandungan kurma yang baik untuk tumbuh kembang pada anak.

Menyehatkan organ pencernaan

Khasiat kurma ajwa untuk pencernaan

Manfaat kurma ajwa lainnya yang tak kalah pentingnya adalah untuk menjaga kesehatan organ pencernaan kita yang meliputi lambung dan usus. Kandungan anti racun didalam kurma ajwa akan membersihkan organ pencernaan dari berbagai bakteri yang merugikan.

Dengan sehatnya organ pencernaan didalam tubuh kita, hal itu akan membuat sistem pencernaan juga akan lancar sehingga kita bisa terbebas dari yang namanya sakit perut, sembelit dan mencret dan gangguan lainnya yang berhubungan dengan organ pencernaan.

Selain itu kurma ajwa juga sangat bermanfaat dan aman untuk penderita penyakit maag, karena memiliki fungsi sebagai detoksifikasi dan menyehatkan organ pencernaan.

Jadi bagi anda yang sedang mengalami masalah dengan organ pencernaannya, sebaiknya konsumsi 7 butir kurma ajwa pada pagi hari atau saat sarapan dengan rutin sesuai petunjuk nabi, semoga dengan ini akan cepat menetralisir racun didalam tubuh dan membuat pencernaan anda cehat kembali.

Sebagai metode diet alami

Manfaat kurma nabi untuk diet

 

Berat badan yang berlebih atau obesitas merupakan masalah yang sangat menggangu bagi sebagian orang karena membuat badan menjadi berat sehingga terbatas saat bergerak dan sangat menggangu penampilan.

Untuk mengurangi berat badan yang efektif serta aman, anda patut mencoba dengan rutin mengonsumsi kurma ajwa yang akan memperbaiki sistem pencernaan dan sebagai makanan yang mengenyangkan meskipun cuma makan beberapa butir saja.

Jadi sebagai metode diet alami, sebaiknya konsumsi kurma 7 butir sebagai pengganti sarapan pagi anda setiap hari, semoga dengan rutin mengonsumsinya akan memberikan efek terhadap penurunan berat badan.

Meningkatkan vitalitas pria

Manfaat lain dari kurma ajwa yang bisa kita rasakan adalah mampu meningkatkan vitalias dan kejantanan pria, kandungan kurma ajwa yang cukup lengkap mampu memberikan energi yang cukup agar tubuh tetap vit, sehat dan kuat.

Dalam hal ini anda bisa meramu sendiri campurannya, misalnya mencampur buah kurma ajwa dengan madu yang dikonsumsi rutin setiap hari. Setelah beberapa hari rutin mengonsumsinya, silahkan rasakan sendiri perbedaan pada vitalias anda.

Meningkatkan produksi sel darah merah

Khasiat kurma untuk produksi darah

Khasiat buah kurma ajwa lainnya adalah manfaatnya untuk membantu peningkatan produksi sel darah merah yang akan sangat berguna untuk mengatasi penyakit animea yang penyebabnya adalah karena kekurangan sel darah merah didalam tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, tentunya kita harus mengonsumsinya dengan rutin dalam jangka waktu tertentu sehingga kita bisa mendapatkan manfaatdari buah ini. Tenang saja kurma ajwa aman dikonsumsi untuk jangka panjang dan tanpa efek samping yang ditimbulkannya.

Mencegah penyakit kronis

Kandungan vitamin dan mineral serta anti oksidan alami didalam daging buah kurma ajwa memberikan manfaat luarbiasa bagi kesehatan tubuh kita secara alami. Bahkan dengan rutin memakan buah ini bisa mencegah dari terkena penyakit kronis dan memataikan seperti penyakit jantung, diabetes, stroke dan penyakit berat lainnya.

Jadi dengan rutin mengonsumsi buah kurma ajwa selain rasanya yang enak dan nikmat juga akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, peningkatan energi dan pencegah dari penyakit berbahaya.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *