Titik Bekam Punggung dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Manfaat bekam kering

Bekam merupakan metode pengobatan yang sudah tak asing lagi ditelinga kita, bekam atau hijamah juga merupakan salahsau jenis pengobatan kuno yang masih eksis sampai saat ini karena terbukti khasiatnya untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami.

Terapi bekam awalnya dibawa ke Indonesia bersamaan dengan penyebaran Islam oleh para saudagar dari negeri gujarat dan dari jazirah Arab. Oleh sebab itu pengobatan bekam di Indonesia sangat erat hubungannya dengan Islam dilihat dari histori dan perkembangan terapi ini dari waktu ke waktu.

Selain itu bekam adalah salahsatu metode pengobatan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan beliau menyatakan bahwasanya bekam merupakan sebaik-baik pengobatan dalam salahsatu hadits beliau.

Salahsatu area tubuh yang sangat umum dan bermanfaat utuk dilakukan pembekaman diatasnya adalah daerah punggung dan pinggang. Dan disini admin sudah merangkum beberapa titik bekam di punggung dan manfaatnya yang harus anda ketahui.

Titik bekam punggung

Setelah saya ulas manfaat bekam kepala pada artikel saya terdahulu, pada kesempatan kali ini saya akan share titik bekam pada punggung dan manfaat yang bisa anda peroleh dengan melakukan pembekaman diatasnya.

Setidaknya ada 16 titik bekam di punggung yang bisa anda gunakan untuk pengobatan dan bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan, silahkan perhatikan gambar letak titiknya pada gambar berikut ini.

Titik bekam punggung

 

Manfaat bekam di punggung

Setelah anda mengetahui letak titik bekam di punggung yang sudah saya sediakan pada gambar diatas, saatnya anda juga mengetahui manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan pembekaman diatasnya.

  1. Titik bekam yang berada di punggung atas ini merupakan salahsatu titik inti bekam yang sangat bermanfaat untuk mengobati hingga 72 macam penyakit, menjaga keseimbangan tubuh, mengobati sakit kepala secara umum dan banyak lagi
  2. Nomor 2 ini juga merupakan titik bekam sunnah yang terletak di pundak kanan dan kiri serta bermanfaat untuk mengobati keracunan, melancarkan peredaran darah ke kepala, mengobati stroke dan untuk relaksasi otot pundak.
  3. Titik bekam yang ke tiga letaknya di samping tulang belikat kanan dan kiri manfaatnya adalah untuk kesehatan paru-paru dan saluran pernafasan secara umum, mengobati sakit urat belikat dan melegakan pernafasan
  4. Letak titiknya dekat sendi bahu yang memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri sendi pada bahu dan untuk kesehatan paru-paru
  5. Titik bekam punggung yang kelima ini letaknya di bawah tulang belikat yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan titik bekam nomor 3, jadi perpaduannya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan paru dan pernafasan serta kesehatan jantung secara umum.
  6. Titik bekam nomor 6 sebelah kiri memiliki manfaat untuk kesehatan lambung dan pencernaan secara umum, sedangkan yang sebelah kanan bermanfaat untuk kesehatan hati dan empedu.
  7. Titik nomor 7 letaknya di pinggang kanan dan kiri bermanfaat untuk kesehatan ginjal, usus dan kesehatan pencernaan. Mengobati masalah saluran kencing dan lainnya.
  8. Titik bekam di punggung yang terakhir ini memiliki manfaat yang hampir sama dengan titik bekam nomor 7 yakni membantu mengobati masalah ginjal dan saluran kencing, selain itu bisa juga untuk meningkatkan vitalitas pria, mengobati haid tidak lancar dan banyak lagi.

Manfaat dan anjuran lainnya

Selain itu manfaat bekam di punggung secara umum juga membantu untuk meringankan rasa capek dan lelah dengan prinsip relaksasi otot pinggang dan punggung. Tak hanya itu bekam kering di punggung juga cepat mengatasi masuk angin dan angin duduk.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari terapi bekamuntuk menjaga kesehatan, sebaiknya lakukan terapi bekam basah pada titik-titik yang diperlukan pada waktu terbaik untuk berbekam yang bisa anda pelajari pada artikel saya terdahulu.

Namun jika terapi bekam punggung diperlukan untuk pengobatan yang sifatnya mendesak, pembekaman bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu waktu tertentu. Demikian artikel saya tentang titik bekam di punggung dan manfaatnya yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *