Larangan Yang Sebaiknya Dihindari Setelah Bekam

Diposting pada

pantangan setelah bekam

Terapi bekam memiliki segudang manfaat yang bisa anda peroleh bagi anda yang rutin melakukannya. Terapi ini juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam yang dapat kita jumpai dalam banyak riwayat hadits tentang bekam.

Tentunya untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari terapi bekam yang dilakukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan mengikuti prosedur yang benar agar terapi bekam tetap aman dilakukan serta meminimalisir efek samping.

Selain anjuran sebelum dan sesudah bekam yang pernah saya share pada artikel terdahulu, ada beberapa larangan atau pantangan yang sebaiknya dihindari setelah melakukan terapi bekam agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan nantinya.

Pantangan setelah bekam

Ketika kita telah selesai menjalani terapi bekam dengan mengeluarkan darah (bekam basah) baik untuk pengobatan maupun untuk menjaga kesehatan, ada beberapa pantangan yang harus anda perhatikan dan sebaiknya anda taati untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari terapi yang telah dilakukan.

Sebenarnya pantangan setelah bekam ini tidaklah memberatkan bagi anda, asalkan ada kesadaran pastinya akan sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan dengan menghindari larangan tersebut akan memberikan efek positif bagi anda yang telah selesai melakukan terapi bekam.

Larangan setelah bekam

Untuk memudahkan anda memahami pantangan tersebut, disini saya telah kumpulkan beberapa poin yang perlu anda perhatikan

  • Setelah selesai bekam jangan langsung mandi, namun disarankan minimal 1 jam setelah bekam dengan air hangat
  • Sebaiknya jangan makan berat setelah bekam
  • Jangan melakukan aktifitas fisik yang terlalu berat dulu setelah selesai melakukan terapi bekam
  • Hindari menggunakan pendingin ruangan seperti kipas angin atau AC yang berlebihan
  • Sebaiknya setelah selesai bekam jangan melakukan hubungan jima’ dulu

Larangan setelah bekam tersebut sifatnya tidaklah mutlak pada setiap orang, namun sifatnya untuk jaga-jaga agar tak terjadi hal yang tak diinginkan atau ketidaknyamanan setelah selesai melakukan terapi bekam.

Karena terapi bekam dengan mengeluarkan darah biasanya banyak mengeluarkan energi sehingga tak jarang yang merasa lemas setelah selesai terapi. Bagi anda yang memiliki energi yang berlebih dan daya tahan tubuh yang kuat maka boleh saja melakukan aktifitas fisik atau kerja berat setelah terapi bekam.

Namun begitu, saran saya sebaiknya patuhi semua larangan setelah bekam tersebut agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari terapi yang sudah dilakukan dan agar terhindar dari efek negatif yang timbul dan pastinya tak kita inginkan.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *