5 Kelebihan Pijat Refleksi Dibandingkan Metode Lainnya

Diposting pada

Pijat refleksi kaki

Pijat refleksi, pastinya kita sudah tak asing lagi dengan metode pengobatan yang satu ini. Ya metode pengobatan yang menitikberatkan pada pemijatan dan penekanan terukur pada titik-titik refleksi yang dibutuhkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Terapi pijat refleksi sudah dikenal dan digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Meskipun merupakan metode pengobatan yang sudah kuno sekali, namun metode pengobatan ini masih eksis dan banyak digunakan untuk terapi pengobatan di era modern saat ini.

Hal itu tak lepas dari berbagai manfaat pijat refleksi yang bisa kita peroleh dengan rutin melakukan terapi ini. Selain itu terapi pijat refleksi juga memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh metode pengobatan lainnya yang banyak kita jumpai dewasa ini.

Dan pada kesempatan yang baik ini admin akan share beberapa kelebihan pijat refleksi dibandingkan dengan metode pengobatan lainnya. Harapan saya setelah anda membaca artikel ini akan bisa memahami berbagai kelebihan yang ada pada salahsatu metode pengobatan klasik ini.

Kelebihan pijat refleksi

Kelebihan pijat refleksi

Meskipun metode pijat refleksi sudah berusia sekitar empat ribu tahun bahkan lebih, namun tidak berarti metode ini tak memiliki kelebihan dibandingkan metode pengobatan yang ada saat ini. Setelah saya pelajari, setidaknya ada 5 kelebihan yang ada pada metode pengobatan refleksi yang telah saya uraikan dibawah ini.

  • Pijat refleksi mudah dipelajari

Pijat refleksi adalah metode pengobatan yang sangat mudah untuk dipelajari dan bisa langsung dipraktekkan. Modal dasar untuk bisa melakukannya adalah mengetahui dan memahami letak titik pijat refleksi di telapak kaki .

Selain titik refleksi yang ada pada telapak kaki, pelajari dan fahami juga letak titik refleksi di telapak tangan yang telah saya share pada artikel terdahulu.

Jika anda sungguh-sungguh mempelajarinya, tidak butuh waktu lama untuk bisa menghafal semua letak titik refleksi tersebut yang kemudian bisa anda gunakan untuk terapi pengobatan dengan melakukan pijat refleksi sendiri.

  • Bisa langsung di terapkan tanpa bantuan alat

Tak seperti metode pengobatan lainnya yang harus menggunakan alat bantu atau harus mencari ramuan dulu. Terapi pijat refleksi bisa langsung diterapkan untuk pertolongan pertama pada masalah kesehatan yang anda alami.

Misalnya tiba-tiba kita merasakan sakit kepala ketika dalam perjalanan dan tak membawa obat untuk mengatasinya, maka anda bisa langsung melakukan terapi pemijatan pada titik pijat sakit kepala yang diperlukan untuk membantu meringankan dan meredakan sakit kepala yang anda derita.

Pemijatan bisa menggunakan jari tangan anda secara langsung pada titik pijat yang dibutuhkan dan tidak harus menggunakan alat bantu pemijatan seperti kayu, stick dan lainnya.

Pijat refleksi sendiri

  • Terapi bisa dilakukan sendiri dirumah

Kelebihan Pijat refleksi selanjutnya adalah bisa dilakukan sendiri dirumah tanpa bantuan orang lain, sehingga jika anda sedang mengalami gangguan kesehatan, bisa langsung dilakukan tindakan pengobatan sendiri dengan melakukan pemijatan pada titik pijat yang dibutuhkan.

Baca: Cara melakukan pijat refleksi sendiri

Selain itu anda juga bisa menolong orang lain yang membutuhkan bantuan anda dengan cepat jika diperlukan karena terapi ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

  • Metode pengobatan yang sangat aman

Terapi pijat refleksi adalah metode pengobatan yang sangat aman dan mudah dilakukan, idealnya setiap orang bisa melakukannya dengan pengetahuan letak titik refleksi dasar yang dibutuhkan dan cara melakukan pemijatan pada titik-titik tersebut.

Selain itu terapi ini juga sangat minim efek samping. Tak masalah jika anda salah atau memijat pada titik yang tidak tepat. Namun tentunya efektifitas pengobatan akan lebih optimal jika anda melakukan pemijatan pada titik yang tepat untuk penyakit tertentu.

  • Bisa dikombinasikan dengan pengobatan lain

Selain merupakan metode pengobatan yang aman dan nyaris tanpa efek samping, terapi refleksi juga bisa anda gunakan berdampingan dengan metode pengobatan lainnya yang sedang anda jalani.

Misalnya pijat refleksi bisa anda gabungkan dengan pengobatan lainnya seperti terapi bekam, mengonsumsi obat atau ramuan herbal dan menjadi terapi pendamping dari pengobatan dokter yang sudah anda lakukan.

Menurut pengalaman, penggabungan pijat refleksi dengan metode pengobatan lainnya, tak akan membarikan efek samping yang negatif. yang ada adalah terapi pijat refleksi akan membantu proses penyembuhan dari gangguan kesehatan yang dialami.

Setelah kita mengetahui kelebihan pijat refleksi dibandingkan dengan metode pengobatan lainnya yang sudah saya uraikan diatas, tak ada ruginya bagi anda untuk belajar pijat refleksi yang bisa anda gunakan untuk terapi mandiri dirumah maupun untuk membantu saudara, teman dan orang lain di sekitar anda yang membutuhkan.

Demikian sahabat sekalian artikel saya tentang berbagai kelebihan metode pengobatan pijat refleksi yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi anda yang ingin belajar pijat refleksi, terimakasih atas kunjungan anda.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *