11 Jenis Kurma Populer dan Paling Enak di Dunia

Macam dan jenis kurma

Di Indonesia buah kurma sering diidentikkan dengan bulan Ramadhan. Karena pada bulan tersebut pasar di Indonesia dibanjiri oleh berbagai macam buah kurma, dari mulai supermarket hingga toko pinggir jalan banyak yang menjajakan buah ini karena merupakan makanan khas yang digunakan untuk buka puasa.

Sejak zaman dahulu buah kurma memang sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat timur tengah dan seiring dengan perkembangan pasar global, kurma mulai banyak di eksport ke luar jazirah Arab dan bahkan di Indonesia sendiri saat ini sudah ada kebun kurma yang banyak menghasilkan buah.

Meskipun bukan makanan khas Indonesia, namun banyak dari masyarakat yang menyukai buah khas timur tengah ini karena rasanya yang manis dan memiliki kandungan yang dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

Namun tahukah anda bahwasanya didunia ini buah kurma memiliki ratusan jenis yang berbeda, di Arab Saudi sendiri ada sekitar 400 jenis kurma yang dikenal disana, belum lagi jenis kurma yang ada di dataran afrika dan negara-negara asia tengah lainnya.

Sejarah singkat tentang buah kurma

Sejarah singkat buah kurma

Pohon kurma merupakan tanaman jenis palm yang dalam bahasa latin disebut sebagai phoenix dactylifera yang banyak tumbuh dan mudah kita temukan di jazirah Arab. Buah kurma juga sudah menjadi makanan harian penduduk disana sejak ribuan tahun yang lalu.

Menurut para ahli sejarah pohon kurma merupakan pohon asli di teluk arab yang sudah tumbuh sejak sekitar 4000 tahun hingga 6000 tahun sebelum masehi. Terdapat beberapa bukti arkeologi yang membuktikan bahwa kurma sudah ada sejak zaman tersebut yang ditemukan di jazirah Arab bagian timur.

Pada zaman manusia mulai bercocok tanam dan bermigrasi, kurma mulai dibawa oleh orang arab keluar dari jazirah arab ke belahan dunia lain seperti asia selatan, daratan afrika, sebagian di benua eropa. Dan pada zaman modern saat ini, pohon kurma sudah bisa ditemukan dan dikembangkan di negara-negara tropis seperti thailand, malaysia dan Indonesia.

Jenis-jenis kurma populer

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwasanya buah kurma memiliki banyak varietas dan jenis yang berbeda-beda. masing-masing memiliki karakteristik dan rasa yang khas yang membedakan jenis kurma satu dangan yang lainnya.

Pada kesempatan hari ini admin akan berbagi tentang 10 jenis kurma yang populer didunia. Mungkin dari beberapa jenis yang saya sebutkan disini merupakan salah satu favorit anda dan sering anda konsumsi namun mungkin anda sendiri belum tau jenis kurma apa yang anda gemari tersebut.

  • Kurma Ajwa

Kurma Ajwa

Kurma ajwa biasa disebut juga sebagai kurma Nabi karena buah kurma yang banyak tumbuh dimadinah ini merupakan jenis kurma yang sangat disukai Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam dan umat Islam diseluruh dunia pada umumnya.

Tak heran jika kurma ajwa memiliki nilai dan harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan kurma jenis lainnya. Ciri-ciri dari kurma ajwa yang asli adalah bentuknya yang lebih kecil dengan warna yang hitam pekat dan terdapat beberapa garis kecil. Selain itu ciri lainnya adalah kurma ajwa rasanya tidak terlalu manis dengan tekstur yang tergolong lembut.

Mengenai manfaat kurma ajwa ini, ada sebuah hadits dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam yang menjadikan kurma ajwa tergolong buah yang istimewa. Berikut ini arti haditsnya dalam bahasa Indonesia.

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR. Bukhari no.5769)

Jadi selain kurma ajwa rasanya enak, ternyata juga memiliki khasiat yang luarbiasa untuk menangkal racun dan sihir seperti yang telah Rasulullah jelaskan dalam hadits tersebut.

  • Kurma sukari

kurma sukari

Jenis kurma populer yang kedua adalah kuram sukari yang memiliki rasa yang sangat manis dengan karakter yang lebih lembab. Kurma seperti ini sangat bermanfaat untuk memulihkan energi tubuh setelah dikonsumsi.

Kurma sukari banyak tumbuh di daerah Qaseem Arab Saudi yang memiliki warna yang kemerah-merahan ketika baru matang dan ketika sudah mengering warna akan berubah menjadi kuning keemasan. Kurma ini juga banyak digemari oleh orang Arab dan memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan yang lainnya.

  • Kurma Deglet Noor

Kurma Deglet Noor

Sesuai namanya kurma ini memiliki warna yang bercahaya sehingga menarik minat orang yang melihatnya. Memiliki warna kuning keemasan yang menarik, kurma ini jenis varietas unggul yang banyak ditemukan di daerah Libya, Tunisia dan Amerika.

Mengenai rasa, kurma yang satu ini cocok bagi anda yang kurang menyukai rasa manis, karena memang rasanya yang tak terlalu manis dengan tekstur daging buah yang lembut dan tidak keras ketika digigit.

  • Kurma Mozafati

Kurma Mozafati

Kurma muzafati adalah jenis buah kurma yang memiliki warna yang cenderung gelap dengan ukuran yang sedang dan daging buah yang lembut. Kurma ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan kurma lainnya yakni sangat awet ketika disimpan. Bahkan jika anda pandai menyimpannya, bisa bertahan hingga 2 tahun jika disimpan pada suhu minus 5 derajat celsius.

Sesuai namanya, Kurma mozafati dikembangkan dan banyak ditemukan didaerah Mozafati sehingga untuk memudahkan mengingatnya orang menggunakan nama daerah asal sebagai nama varietas kurma ini.

  • Kurma Amer Hajj

Kurma Amer Hajj

Kurma jenis Amer Hajj banyak ditemukan di daerah Irak dan sekitarnya. Ciri khas kurma ini adalah memiliki daging buah yang cukup tebal dibandingkan kurma lainnya dengan daging yang lembut. Didaerah asalnya, kurma Amer hajj sering dihidangkan untuk menyambut tamu sebagai penghormatan.

  • Kurma Umelkhashab

Kurma Umelkhashab

Kurma umelkhashab banyak didapatkan dan tumbuh di Saudi Arabia, keunikan dari kurma yang satu ini adalah dari warnanya yang kemerahan dan rasanya yang manis  dengan sedikit rasa pahit ketika kita memakannya.

  • Kurma Halawi / Holwah

Kurma Halawi

Kurma halawi didaerah asalnya disebut juga kurma holwah dalam bahasa arab holwah artinya manis. Nama itu menggambarkan tentang keunikan kurma ini yang memiliki rasa yang sangat manis dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

Jika anda merupakan pecinta kurma yang manis, maka kurma halawi bisa menjadi pilihan yang akan memberikan kesan berbeda saat memakan buah ini.

  • Kurma Saidy

Kurma Saidy

Kurma saidy adalah kurma yang bisa dengan mudah kita temukan di Libya karena kurma jenis ini sangat populer di negara asalnya tersebut. Kurma ini juga memiliki kesamaan dengan kurma sukari dari segi bentuknya, memiliki tekstur daging buah yang lembut dan rasa yang manis sehingga cocok dijadikan hidangan pembuka puasa.

  • Kurma Zaghloul

Kurma Zaghloul

Kurma yang satu ini memiliki keunikan dari bentuknya yang panjang dan agak lonjong dengan warna yang merah gelap. Dari segi rasanya, kurma zaghloul memiliki rasa yang sangat manis dan melekat di lidah.

Satu lagi keistimewaan dari kurma jenis ini adalah merupakan varietas utama yang esklusif yang memiliki harga jual sangat tinggi. Kurma ini juga biasa dinikmati oleh kalangan tertentu saja karena hrganya yang mahal sehingga tak semua orang sanggup membelinya.

  • Kurma Thoory

Kurma Thoory

Kurma thoory merupakan salah satu jenis kurma yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama, kurma ini juga banyak dijumpai di pasaran Indonesia. Nama lain dari kurma ini adalah kurma thuri yang sangat populer di negara asalnya yakni Algeria.

Ciri khas kurma ini adalah memiliki warna yang kecoklatan dengan kulit yang terlihat keriput dan cenderung keras saat digigit. Selain itu daging kurma ini juga cenderung kering namun memiliki rasa yang cukup manis ketika dimakan.

  • Kurma Safawi

Kurma Safawi

jenis kurma safawi banyak ditemukan di daerah Mekah dan Madinah, merupakan jenis kurma unggul yang produktif sehingga kurma ini mudah didapatkan di pasaran dibandingkan dengan kurma varietas lainnya.

Dari segi fisiknya, kurma safawi memiliki warna coklat yang cenderung agak gelap, dengan rasa buah yang cukup manis dan mirip dengan kurma ajwah.

Dari kesebelas jenis kurma unggulan diatas, buah kurma virietas mana yang anda sukai…? Kalau saya tentunya memilih kurma Ajwa yang juga sangat disukai oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam. Karena selain rasanya yang enak, kurma ajwa memiliki manfaat lebih dibandingkan dengan kurma-kurma lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *