Ramuan Gurah Hidung Dengan Bahan Jeruk Nipis

Diposting pada

Jeruk nipis untuk gurah

Gurah hidung merupakan metode pengobatan tradisional alami yang sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat Indonesia dan terbukti efektif untuk meringankan serta mengatasi gangguan kesehatan yang berhubungan dengan saluran pernafasan.

Metode terapi gurah dengan mengeluarkan lendir di hidung, tenggorokan ini biasanya menggunakan ramuan tertentu yang berbentuk cairan dan dimasukkan melalui kedua lubang hidung. Fungsi ramuan tersebut adalah untuk merangsang keluarnya lendir dari saluran pernafasan.

Pada umumnya ramuan gurah hidung yang lazim digunakan oleh para terapis gurah adalah berbahan dasar akar srigunggu atau senggunggu yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi cairan yang bisa digunakan untuk proses penggurahan.

Namun karena akar srigunggu termasuk bahan untuk membuat obat gurah yang silit didapat, maka pada kesempatan hari ini, admin akan share cara membuat ramuan gurah hidung dengan jeruk nipis sebagai bahan dasarnya.

Ramuan gurah hidung dengan jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan jenis buah-bahan yang memiliki rasa asam yang khas dan mudah didapatkan, kita bisa membelinya di pasar tradisional atau ditoko sekitar rumah sehingga hal itu akan sangat memudahkan kita untuk membuat ramuan alami gurah hidung yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan dasarnya.

Menurut penelitian, jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat dan juga asam amino. Dimana kedua asam tersebut mampu membunuh bakteri jahat dari dalam tubuh termasuk yang berada di hidung dan tenggorokan yang bisa menjadi penyebab lendir yang berlebihan.

Oleh sebab itu, memilih jeruk nipis sebagai bahan dasar obat gurah adalah pilihan tepat karena selain mampu merangsang sayaraf untuk mengeluarkan lendir, ternyata jeruk nipis juga memiliki fungsi untuk mematikan bakteri yang bersemayam di dalam hidung dan tenggotrokan.

Ramuan gurah hidung dengan jeruk nipis

Cara membuat ramuan

  • Pertama-tama siapkan bahanya berupa 1 buah jeruk nipis dan 3 sendok madu murni
  • Peras jeruk nipis kemudian taruh kedalam gelas kemudian saring
  • Campurkan 3 sendok makan madu murni kemudian aduk sampai rata
  • Jika dirasa terlalu pekat, anda bisa menambahkan 1 sendok air matang
  • Ramuan gurah siap digunakan

Setelah anda selesai membuat ramuan tersebut, selanjunya anda bisa menggunakan ramuan untuk gurah dengan tehnik yang sama dengan gurah pada umumnya, yang membedakan disini hanyalah pada jenis ramuan yang digunakan.

Khasiat gurah hidung dengan ramuan jeruk nipis + madu yang saya share ini gak berbeda dengan ramuan dari akar srigunggu yang sering digunakan oleh para terapis. Proses dan lama keluarnya lendir juga hampir sama dengan ramuan tersebut.

Selain bisa digunakan untuk terapi gurah, jeruk nipis juga bisa anda gunakan untuk ramuan herbal mengatasi lendir berlebih di tenggorokan dan paru-paru dengan cara meminumnya, caranya hanya menambahkan air matang 200 cc kemudian aduk dan ramuan siap diminum.

Anda juga bisa mengkombinaskanya dengan cara menggunakan untuk gurah hidung dan juga membuatnya untuk diminum untuk hasil yang optimal dari masalah lendir di tenggorokan dan paru-paru yang anda alami.

Demikian sahabat sekalian, cara membuat ramuan gurah hidung dengan jeruk nipis sebagai bahan utama yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga bisa menjadi alternatif ramuan gurah terbaik selain akar srigunggu.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

2 thoughts on “Ramuan Gurah Hidung Dengan Bahan Jeruk Nipis

  1. assalamualaikum..
    Sebelumnya saya doakan agar kita semua diberikan kesehatan jasmani dan rohani. Aamiin..
    Saya mau tanya apa itu polip..?apakah polip sama dgn pilek.. Apakah polip bisa di gurah dgn cara diatas? Mohon penjelasannya.. Saya ucapkan terima kasih.. Wassalam..

    1. Wa’alaikumsalam pak abdullah, polip hidung memiliki gejala yang mirip dengan flu dan pilek karena produksi lendir yang berlebih, biasanya polip disebabkan oleh alergi dan bakteri yang menyebabkan peradangan pada rongga hidung dekat sinus. Jika sudah agak parah biasanya akan muncul benjolan yang bisa membesar dan menutupi rongga hidung sehingga membuat penderita susah bernafas.

      Polip pada tahap gejala InsyaAlloh bisa disembuhkan dengan jalan terapi gurah, karena dengan melakukan gurah akan mengeluarkan bakteri, jamur dan virus yang menjadi penyebab sinus. Demikian semoga membantu dan terimakasih sudah berkomentar di blog saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *