7 Gejala Masuk Angin Yang Harus Anda Ketahui

Diposting pada

Gejala masuk angin

Pernahkah anda mengalami masuk angin…? pastinya setiap kita pernah mengalaminya karena penyakit ini adalah jenis gangguan kesehatan yang sangat populer dan sering dialami oleh orang disekitar kita.

Masuk angin bisa menimpa siapa saja tak memandang usia dan jenis kelamin, biasanya penyakit ini sangat mudah menyerang mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan kurang memperhatikan kondisi tubuh.

Selain itu orang yang sering begadang dan kurang tidur, kelelahan karena kerja lembur, kehujanan, perubahan cuaca yang cepat juga menjadi penyebab utama seseorang rentan terkena penyakit masuk angin.

Baca juga: Tips agar tak mudah masuk angin

Meskipun biasanya masuk angin termasuk penyakit yang ringan, bukan berarti kita boleh menganggap enteng dan meremehkannya. Karena jika dibiarkan berlarut-larut juga bisa menjadi sangat berbahaya yang fatal akibatnya.

Oleh sebab itu mengetahui gejala masuk angin sejak dini sangat diperlukan agar kita bisa mengambil tindakan pengobatan yang tepat dan dengan segera masuk angin bisa cepat teratasi.

Gejala masuk angin

Setiap penyakit pasti memiliki gejala penyerta yang akan memudahkan kita untuk mengenali jenis suatu penyakit, bila sudah diketahui jenis penyakit yang dideerita, maka bisa diambil tindakan yang cepat untuk mengatasi gejala penyakit yang timbul.

Mengapa demikian…? karena pengobatan penyakit pada tahap gejala secara umum akan lebih mudah untuk ditangani dan disembuhkan dibandingkan melakukan tindakan pengobatan terhadap penyakit yang sudah parah atau kronis.

Hal itu berlaku untuk semua jenis penyakit termasuk masuk angin yang menjadi pokok pembahasan kita pada hari ini. Dan berikut ini beberapa gejala umum yang timbul pada seseorang yang mengalami masuk angin.

  • Badan terasa tidak nyaman

Gejala awal seseorang mengalami masuk angin adalah badan terasa tidak nyaman yang disertai dengan badan terasa meriang atau demam ringan.

  • Merasakan kedinginan

Meskipun badan terasa meriang, namun penderita masuk angin akan merasakan kedinginan dan sensasi menggigil disekujur tubuh.

Mencegah masuk angin

  • Kurang nafsu makan

Rasa tidak nyaman pada tubuh akan berdampak pada kurang atau bahkan hilangnya nafsu makan.

  • Perut Kembung

Gejala selanjutnya yang akan dirasakan adalah perut akan terasa kembung dan begah, selain itu penderita masuk angin juga akan merasakan susah buang angin atau kentut.

  • Mengalami pusing di kepala

Jika perut sudah mulai terasa kembung, biasanya gejala masuk angin selanjutnya adalah mengalami sakit dan pusing di kepala.

  • Mual dan muntah

Gejala masuk angin berikutnya adalah penderita akan mengalami perut yang mual dan bahkan disertai dengan muntah- muntah. Ini menandakan masuk angin sudah pada fase medium yang membutuhkan tindakan pengobatan intensif.

  • Kelelahan dan nyeri pada persendian

Biasanya penderita masuk angin akan mengalami kelelahan fisik dan merasakan ngilu atau nyeri pada persendian terutama sendi anggota gerak di tangan dan kaki.

Sakit sendi akibat masuk angin

Jika anda mengalami gejala awal seperti yang sudah saya jelaskan diatas, segera lakukan tindakan pengobatan masuk angin yang cara mengatasinya sudah saya bahas secara gambalng  pada artikel saya terdahulu.

Dengan tindakan yang tepat pada tahap gejala, InsyaAlloh masuk angin akan cepat teratasi dan dengan segera tubuh anda akan kembali prima dan pulih seperti sedia kala.

Demikian ulasan saya tentang berbagai gejala masuk angin yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga dengan mengetahui gejala tersebut akan memudahkan kita untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *