Bacaan Doa Ketika Minum Air Zam-zam dan Terjemahannya

Diposting pada

Air zam-zam

Air zam-zam merupakan air yang diberkahi oleh Allah subhanahu wata’ala. Air suci ini bersumber pada sebuah sumur di tenggara masjidil haram kota mekah yang telah berumur ribuan tahun sejak zaman nabi Ismail alaihi salam.

Selain itu air zam-zam juga memiliki keistimewaan dibdandingkan dengan air biasa dari belahan dunia manapun, karena air ini telah diberkahi oleh Allah ta’ala dan menjadi minuman yang menyegarkan sekaligus mengenyangkan bagi yang mengonsumsinya.

Tak hanya itu manfaat air zam-zam yang lain adalah merupakan sebaik-baik air yang ada dimuka bumi dan bisa kita manfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit, hal itu telah ditegaskan oleh Rasulullah dalam hadits tentang air zam-zam yang sudah sangat terkenal sebagai berikut:

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ

“Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.”

dan hadits berikt ini:

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.” (HR. Muslim no. 4520)

Doa minum air zam-zam

Doa minum air zam-zam

Banyak orang yang bertanya apakah ada doa khusus ketika minum air zam-zam, karena khasiat air zam-zam ini tergantung pada maksud dari peminumnya, yang artinya doa apapun yang dipanjatkan ketika minum air zam-zam merupakan do’a yang mustajab.

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

“Air zam-zam sesuai keinginan ketika meminumnya.” (HR. Ibnu Majah)

Dari hadits tersebut bisa di ambil kesimpulan bahwasanya kita boleh berdoa apa saja (asalkan doanya merupakan doa yang baik) karena khasiat dari air zam-zam tersebut tergantung pada harapan dan keinginan kita ketika mengonsumsinya.

Namun jika anda ingin mencari doa minum air zam-zam yang diajarkan oleh rasulullah, maka disini admin belum menemukan hadits yang mengajarkan doa khusus yang dilakukan oleh rasulullah ketika minum air zam-zam.

Ada sebuah doa yang dilakukan oleh Ibnu Abbas ketika minum air zam-zam yang diriwayatkan oleh Ad Daruquthniy, namun ini bukan yang dipraktekkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam. Berikut ini bacaan doanya:

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أْسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ

Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wasyifaa an min kulli daa in

Artinya: “Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit“

Anda boleh membaca doa minum air zam-zam seperti yang dipraktekkan oleh Ibnu Abbas tersebut atau anda juga boleh menggunakan doa anda sendiri.

Demikian sahabat sekalian artikel saya tentang bacaan doa ketika minum air zam-zam yang pernah dipraktekkan oleh sahabat Ibnu Abbas yang bisa kita ikuti dan praktekkan ketika hendak minum air yang diberkahi ini, semoga bermanfaat bagi anda membutuhkan, terimakasih.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *