Doa Mengobati Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah

Diposting pada

Doa sakit perut

Sakit perut merupakan hal yang sering diderita dan bisa dibilang hampir semua orang pernah mengalaminya. Sakit pada perut juga tak mengenal gender dan batas usia, rasa sakit bisa saja dialami oleh anak-anak sampai orang tua.

Perut yang sakit juga merupakan gejala dari jenis penyakit tertentu misalnya karena masuk angin yang membuat perut menjadi kembung, penyakit maag, haid tidak lancar, sembelit, mencret, gangguan pencernaan dan masalah lainnya.

Orang yang menderita jenis penyakit tersebut biasanya akan merasakan sakit pada perut seperti nyeri, mual dan perut terasa perih bahkan tak jarang sakit tersebut disertai dengan muntah sehingga badan menjadi lemas.

Ketika kita mengalami sakit perut, biasanya langsung mengambil tindakan untuk mengobatinya dengan meminum obat atau ramuan yang biasa digunakan untuk mengatasi sakit perut.

Namun tahukah anda bahwasanya ada doa mengobati sakit perut yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam yang bisa anda kombinasikan dengan cara berobat yang telah anda lakukan.

Doa mengobati sakit perut

Rasa sakit adalah sebuah ujian yang Allah ta’ala berikan untuk menguji hamba-hambanya. Selain itu rasa sakit yang menimpa seorang mukmin juga sebagai sarana penggugur dosa jika kita sabar dalam menjalaninya.

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya” (HR Muslim)

Sebagai seorang muslim, kita juga dianjurkan untuk berobat agar penyakit yang diderita bisa cepat sembuh dengan cara dan metode yang dibolehkan secara syariat. Hal itu telah disebutkan dalam hadits anjuran berobat pada artikel saya terdahulu.

Salahsatu cara yang dibolehkan dan diajarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam adalah berobat dengan doa yang telah beliau ajarkan.

Dalam hal ini untuk mengobati sakit perut ada sebuah doa yang bisa anda gunakan untuk berobat berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam muslim bahwasanya ada seorang sahabat yang bernama Usman bin Abil ‘Ash merasakan sakit pada bagian tubuhnya.

Kemudian sahabat tersebut mendatangi Rasulullah dan mengadukan perihal rasa sakit yang ia derita. Mendengar hal tersebut kemudian Rasulullah mengajarkan cara untuk mengobatinya seperti berikut ini.

Doa mengobati sakit perut

Kesimpulan

Dari keterangan hadits diatas, dapat kita temukan 3 point penting untuk mengobati rasa sakit yang kita derita. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meletakkan tangan pada tempat yang dirasa sakit
  2. Kemudian membaca Bismillah sebanyak 3 kali
  3. Dilanjutkan dengan membaca doa perlindungan kepada Allah ta’ala sebagai berikut:

أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

“Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”

Doa tersebut tidak di khususkan untuk mengobati sakit perut saja. Namun doa tersebut juga bisa anda gunakan untuk mengobati rasa sakit pada bagian tubuh lainnya seperti saat sakit kepala, sakit pinggang, sakit kaki dan rasa sakit lainnya.

Tentunya saat membaca doa tersebut kita dianjurkan untuk memegang atau meletakkan tangan pada area tubuh yang dirasa sakit. Semoga dengan membaca doa ini Allah akan mengangkat penyakit yang anda derita dengan segera.

Mengenai masalah sakit perut ini, pada artikel terdahulu juga sudah saya bahas tentang pijat refleksi sakit perut yang merupakan terapi penyembuhan dengan pemijatan pada titik refleksi yang bisa anda pelajari dan praktekkan sendiri dirumah.

Demikian sahabat sekalian artikel saya tentang petunjuk rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam untuk mengobati sakit perut. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya untuk mengatasi rasa sakit yang diderita.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

4 thoughts on “Doa Mengobati Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *