Cara Melakukan Pijat Refleksi Pada Bayi dan Anak

Pijat refleksi pada bayi

Pijat refleksi merupakan sebuah metode pengobatan klasik yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain untuk mengobati berbagai macam penyakit, metode ini juga terbukti efektif untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar dan prima dalam menjalani kehidupan.

Selain itu pijat refleksi juga merupakan sebuah cara yang mudah dan murah yang bisa anda tempuh untuk pengobatan gejala penyakit serta aman untuk dilakukan oleh siapa saja yang telah memahami dasar pijat refleksi ini.

Hebatnya lagi terapi ini tak hanya bisa digunakan pada orang dewasa saja, namun pijat refleksi juga memberikan manfaat yang luarbiasa untuk kesehatan pada bayi dan anak-anak jika dilakukan dengan baik dan benar seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel terdahulu tentang aman dan bolehnya pijat refleksi pada bayi.

Nah pada kesempatan yang baik ini, admin akan berbagi sedikit teknik dan cara melakukan pijat refleksi pada bayi dan anak-anak yang bisa anda pelajari dan praktekkan sendiri dirumah untuk mengatasi anak yang mengalami gangguan kesehatan.

teknik pemijatan refleksi bayi

Cara pijat refleksi bayi

Pijat refleksi adalah metode pijat yang menitikberatkan pada pemijatan pada area telapak kaki dan tangan yang merupakan area tubuh tempat berkumpulnya ujung-ujung syaraf dari berbagai organ yang berada di tubuh kita.

Dimana dengan melakukan pemijatan atau penekanan terukur pada area tersebut akan memberikan efek positif terhadap organ atau proses tertentu yang berjalan di tubuh kita.

Melakukan pijat refleksi pada bayi dan anak tentunya berbeda perlakuan dan teknik yang digunakan pada orang dewasa. Karena telapak kaki bayi memiliki bentuk yang kecil dengan ujung syaraf yang masih sensitif.

Area pijat refleksi pada bayi

Karena telapak kaki yang kecil pada bayi dan anak-anak, para terapis refleksi biasanya hanya membagi 6 area pijat refleksi di telapak kaki bayi yang bisa anda pelajari pada gambar yang tersedia dibawah ini.

Area pijat refleksi telapak kaki bayi

Keterangan gambar:

  1. Sinus
  2. Kepala dan gigi
  3. Ulu hati
  4. Area perut bagian atas
  5. Area perut bagian bawah
  6. Area panggul

Teknik pemijatan

Setelah anda mengetahui dan memahami letak titik pijat yang ada pada telapak kaki bayi, ada beberapa teknik yang bisa anda lakukan untuk memberikan pijat refleksi pada bayi, dan berikut ini 3 teknik pijatan yang bisa anda lakukan pada bayi dan anak untuk mengatasi ketidaknyamanan dan rewel pada bayi anda.

  • Cara Pijat refleksi bayi untuk relaksasi

Cara yang bisa anda lakukan adalah letakkan tangan Anda di bawah kedua telapak kaki bayi dan pastikan kakinya rileks di telapak tangan anda.  Kemudian letakkan ibu jari tangan anda pada ibu jari kaki bayi yang dilanjutkan dengan memberikan tekanan lembut pada ibu jari kakinya sambil menggeser ibu jari Anda ke pangkal jempol kaki bayi kemudian lepaskan ibu jari anda. Ulangi teknik ini beberapa kali.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan teknik pemijatan pada gambar berikut ini.

teknik pijat refleksi relaksasi pada bayi

Manfaat dari teknik ini mampu memberikan relaksasi pada bayi anda, sehingga efektif untuk mengatasi bayi yang rewel, tidak nyaman karena gelisah dan cemas.

  • Pijat refleksi menenangkan bayi yang lelah

Teknik yang kedua ini bisa anda gunakan untuk mengatasi bayi yang rewel karena kelelahan yang caranya hampir sama dengan teknik pertama, hanya saja ibu jari anda di letakkan pada kedua leher ibu jari luar bayi anda. Kemudian berikan tekanan lembut sambil menggeser ibu jari anda ke bawah hingga tumit luar. Lakukan teknik ini beberapa kali hingga dirasa cukup.

Perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Cara pijat refleksi bayi atasi kelelahan

Manfaat dari teknik ini akan memberikan efek relaksasi pada syaraf punggung dan pinggang pada bayi anda sehingga sangat efektif untuk mengatasi kelelahan yang ia rasakan.

  • Pijat refleksi untuk mengatasi masalah pencernaan pada bayi

Teknik ketiga ini bisa anda gunakan untuk membantu menenangkan bayi yang mengalami masalah pencernaan seperti mencret dan sembelit, caranya adalah dengan meletakkan ibu jari anda di tengah telapak kaki bayi. Kemudian pijat secara memutar searah jarum jam dengan tekanan yang lembut agar bayi tidak kesakitan. Lakukan teknik ini minimal 3 kali dalam setiap sesi terapi.

Silahkan perhatikan gambar dibawah ini untuk detail tekniknya.

cara pijat refleksi bayi atasi masalah pencernaan

Manfaat dari teknik ini adalah pemijatan akan memberikan rangsangan pada ujung syaraf yang memegang peranan penting untuk menormalkan sistem pencernaan pada bayi sehingga membantu mengatasi masalah pencernaan yang dialami seperti perut kembung, mencret dan sembelit.

Ketika teknik pijat refleksi tersebut bisa anda lakukan dalam satu sesi terapi, yang perlu diperhatikan saat melakukan terapi adalah pemijatan dilakukan dengan lembut dan terukur sehingga tak membuat bayi merasa kesakitan sat dilakukan penekanan pada area pemijatan.

Demikian sahabat sekalian artikel singkat yang bisa saya share pada kesempatan hari ini tentang teknik dan cara pijat refleksi bayi dan anak-anak. Semoga bermanfaat untuk anda yang kebetulan sedang mencari teknik pemijatan dengan metode refleksologi untuk bayi atau balita anda. Terimakasih atas kunjungan anda di blog saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *