3 Metode Efektif Untuk Mengobati Asam Lambung

Diposting pada

cara mengobati asam lambung

Asam lambung merupakan suatu gangguan kesehatan yang sering diderita oleh manusia dizaman modern saat ini, hal itu disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur dan kurangnya memperhatikan jenis makanan yang berpotensi memicu timbulnya gangguan lambung.

Penyakit ini disebabkan oleh peningkatan produksi asam lambung yang berlebihan sehingga memungkinkan untuk naik ke dada dan kerongkongan. Jika asam lambung sudah naik, maka penderita akan merasakan panas dan sensasi terbakar di dada yang tentunya akan sangat menggangu aktifitas harian anda.

Disisi lain asam lambung sangat diperlukan untuk membantu mencerna makanan yang kita konsumsi sehingga kandungan dari makanan tersebut lebih mudah untuk diserap dan di distribusikan ke jaringan tubuh.

Akan tetapi apabila asam lambung di produksi berlebihan, hal ini merupakan kondisi yang tidak normal dan berpotensi mengganggu kesehatan. Jika kondisi ini di abaikan, dikhawatirkan akan membawa dampak buruk bagi kesehatan lambung dan kerongkongan anda.

Penyebab gerd

Penyebab asam lambung naik

Penyakit asam lambung bisa anda hindari dengan mengetahui sebab dan faktor pemicunya, disinilah pentingnya mengetahui penyebab suatu penyakit karena dengan pengetahuan yang cukup akan membuat kita lebih berhati-hati.

Dan disini admin telah rangkumkan beberapa poin yang menjadi penyebab utama penyakit asam lambung yang harus kita waspadai.

  • Mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan
  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung serat
  • Pola makan yang tidak teratur
  • Diet ketat yang kurang memperhatikan kebutuhan nutrisi
  • Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol
  • Konsumsi kafein yang berlebihan
  • Terlalu sering begadang atau kurang tidur
  • Gangguan emosi atau stress berlebihan

Setelah kita mengetahui penyebab asam lambung, tentunya sudah terpikir di benak kita bagaimana untuk menghindarinya agar tak mengalami asam lambung. Yakni dengan menghindari faktor pemicu yang sudah saya jelaskan pada poin diatas.

Gejala asam lambung naik ke dada (kerongkongan)

Jika seseorang sedang mengalami naiknya asam lambung ke esofagus atau saluran kerongkongan diatas lambung, ada tanda-tanda yang bisa dirasakan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Rasa panas di dada dengan sensasi seperti terbakar
  2. Perut terasa perih, kembung dan begah
  3. Merasakan perut mual dan bahkan muntah
  4. Mengalami sakit tenggorokan dan sulit untuk menelan makanan
  5. Mulut terasa pahit
  6. bau mulut
  7. Sering bersendawa

Jika anda mengalami beberapa hal diatas, kemungkinan besar asam lambung anda sedang naik dan harus segera diambil tindakan pengobatan agar tak semakin parah.

Cara mengobati asam lambung yang naik

Banyak jalan yang bisa anda tempuh untuk mengobati asam lambung, dari mulai cara tradisional sampai cara paling modern yang bisa anda pilih. Namun pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan 3 metode alami yang mudah dan bisa anda gunakan untuk mengatasi asam lambung yang naik.

# Dengan terapi pijat refleksi

Pijat refleksi merupakan sebuah metode pengobatan yang sudah sangat akrab di telinga kita, pengobatan ini telah digunakan manusia sejak lebih dari 2000 tahun lalu dan masih eksis hingga zaman modern ini karena manfaatnya yang benar-benar bisa dirasakan untuk mengobati berbagai macam penyakit ringan maupun kronis.

Termasuk disini terapi refleksi bisa digunakan untuk mengobati asam lambung yang sedang naik. Untuk lebih jelasnya tentang cara melakukan pijat dan letak titiknya silahkan baca artikel saya yang berjudul titik refleksi asam lambung yang telah saya share beberapa bulan yang lalu.

Pijat refleksi asam lambung

Hanya dengan melakukan pemijatan pada titik-titik tubuh tertentu akan memberikan efek positif terhadap gejala atau penyakit asam lambung yang anda derita, sungguh ini merupakan cara yang sangat mudah dan murah serta bisa dilakukan oleh siapa saja.

# Dengan Terapi Bekam

Metode lainnya yang bisa anda tempuh adalah dengan melakukan terapi bekam untuk menurunkan asam lambung yang sedang naik. Bekam sendiri juga merupakan metode pengobatan klasik yang masih populer hingga saat ini karena terbukti memiliki khasiat dan segudang manfaat untuk kesehatan.

Terapi bekam bisa digunakan untuk memperbaiki masalah pada sistem pencernaan seperti maag, perut kembung, mual dan termasuk juga masalah asam lambung yang naik. Terapi ini terbukti memberikan efek relaksasi dari rasa sakit dan nyeri lambung yang dirasakan oleh penderita asam lambung.

Letak titik bekam untuk mengatasi asam lambung memiliki kesamaan dengan titik bekam untuk maag, untuk lebih jelasnya silahkan baca dan pelajari cara melakukannya pada artikel bekam sakit maag yang sudah saya share terdahulu.

# Dengan Ramuan Tradisional

Metode pengobatan untuk mengatasi asam lambung yang ketiga adalah dengan menggunakan ramuan herbal tradisional alami yang bisa anda racik dan buat sendiri dirumah. Metode ini sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia secara turun-temurun dari berbagai tanaman herbal yang mudah didapat.

Obat asam lambung

Berikut ini bahan dan cara membuat ramuan untuk menetralisir asam lambung yang meningkat:

  • Siapkan kunyit sebanyak 3 jari orang dewasa
  • Kupas kulitnya kemudian cuci sampai bersih
  • Kemudian parut atau blender dengan ditambahkan sedikit air masak
  • Setelah itu saring dan peras kunyitnya
  • Tambahkan air masak sebanyak 200 cc
  • Tambahkan madu 3 sendok makan kemudian aduk
  • Ramuan untuk sekali minum

Buat dan minumlah ramuan asam lambung setiap pagi dan sore semoga setelah 3 hari akan ada perubahan positif dari gejala sakit akibat asam lambung yang sedang naik ke kerongkongan.

Ketiga metode pengobatan yang sudah saya rekomendasikan diatas, bisa anda gabungkan untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan harapan penyakit asam lambung bisa segera sembuh meskipun dengan cara tradisional.

Penggabungan 3 metode pengobatan tersebut bisa dilakukan karena ketiganya tidak bertolak belakang sehingga bisa disinergikan antara satu dengan yang lainnya. Jadi untuk mengatasi asam lambung anda bisa melakukan pijat refleksi dulu, kemudian setelah 30 menit lanjutkan dengan terapi bekam dan selanjutnya diakhiri dengan minum ramuan herbal setelah istirahat 30 menit.

Jadi bagi anda yang sedang mengalami sakit karena asam lambung yang sedang naik, jangan cemas dan khawatir, karena ada metode mudah dan murah yang bisa anda tempuh untuk mengobatinya, dengan berusaha dan berdo’a, dengan izin Alloh insayAlloh penyakit anda mudah-mudahan bisa sembuh dengan metode ini.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *