Penyebab dan Cara Mengatasi Pengentalan Darah Secara Alami

Diposting pada

Waspadai pengentalan darah

Darah merupakan komponen yang memiliki peranan sangat penting dan vital dalam tubuh kita. Darah berfungsi untuk membawa berbagai nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup sel-sel didalam tubuh kita.

Fungsi lain dari darah adalah untuk mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh dan membuangnya ke ginjal untuk dikeluarkan melalui air kencing. Selain itu darah juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, mempercepat penyembuhan luka, membasmi virus dan bakteri yang merugikan tubuh dan masih banyak lagi fungsi penting lainnya.

Melihat fungsi darah yang memiliki peranan penting dan vital dalam tubuh kita, maka sudah seharusnya bagi kita untuk menjaga agar darah bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mustinya.

Karena jika terjadi kelainan pada darah bisa berakibat pada masalah serius, seperti masalah pengentalan pada darah yang sering diabaikan oleh banyak orang padahal sindrom ini bisa menjadi masalah yang serius jika tak di tangani dengan segera.

Penyebab pengentalan darah

Dalam keadaan normal, darah kita memiliki sifat cair dan tidak terlalu kental sehingga darah bisa menjalankan fungsinya dengan baik tanpa hambatan.

 

Terjadinya pengentalan pada darah tentunya akan mengganggu sirkulasi hingga terjadinya sumbatan pada pembuluh darah yang bisa berakibat serius seperti penyakit jantung hingga stroke.

Peredaran darah lancar

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan pengentalan pada darah diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cidera atau adanya kerusakan pada pembuluh darah
  • Adanya gumpalan kolesterol pada pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya sumbatan
  • Karena serangan virus, bakteri dan parasit
  • Kurangnya olah raga atau aktifitas fisik
  • Karena paparan bahan beracun seperti logam berat dan lainnya
  • Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi
  • Masalah genetik

Orang yang memiliki resiko tinggi mengalami penggumpalan pada darah adalah para penikmat alkohol, perokok berat, orang yang mengalami kegemukan, berusia lanjut, gagal jantung, kanker dan riwayat keluarga yang menderita pengentalan darah.

Gejala darah yang mengental

Gejala terjadinya pengentalan darah pada setiap orang bisa saja berbeda, tergantung lokasi tubuh yang mengalaminya. Seperti pada organ dibawah ini.

  • Jika pengentalan darah terjadi pada organ jantung, maka akan mengalami sesak nafas, perut mual, dada sakit, keringat berlebih, kepala pusing dan bahkan pingsan. Jika hal ini dibiarkan maka bisa menyebabkan penyakit jantung.
  • Apabila terjadi pada paru-paru. Maka gejala yang timbul adalah kesulitan bernafas, batuk yang bercampur darah, dada terasa nyeri, keringat berlebih, demam, kepala pusing dan denyut nadi terasa cepat.
  • Pengentalan darah terjadi pada area perut gejala yang timbul adalah penderita akan mengalami sakit perut, mual dan muntah, diare dan tinja bisa bercampur darah
  • Pada tangan atau kaki gejala yang terjadi adalah terjadinya pembengkakan pada area tertentu dan terasa nyeri serta jika di pegang terasa hangat.

Tips mencegah pengentalan darah

Secara umum pengentalan darah bisa terjadi pada siapa saja, namun kita bisa menghindari atau mencegahnya dengan mengikuti beberapa tips berikut ini

  • Banyak minum air putih

Banyak minum air putih

Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi bisa menjadi penyebab dan meningkatkan resiko pengentalan pada darah. Oleh sebab itu, kondisikan cairan tubuh kita selalu tercukupi dengan mengonsumsi air putih secukupnya

  • Menerapkan gaya hidup sehat

Agar darah tidak mudah mengental, cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, hentikan mengonsumsi minuman keras, berhenti merokok dan selalu memperhatikan kondisi tubuh anda setiap hari.

  • Kurangi berat badan

Salah satu penyebab meningkatnya resiko pengentalan darah adalah karena kelebihan berat badan atau obesitas. Oleh sebab itu, lakukan diet yang sehat untuk menurunkan berat badan anda agar tetap ideal dan menurunkan resiko pengentalan pada darah.

  • Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan darah turun dan berkumpul di kaki, hal itu bisa menyebabkan darah mudah mengental dan menggumpal di kaki anda. Maka dari itu lakukan peregangan setiap minimal 1 jam sekali jika memang kondisi mengharuskan anda harus lama dalam kondisi duduk.

Cara mengencerkan darah yang kental

Jika pengentalan darah sudah terjadi, maka langkah terbaik yang bisa anda tempuh adalah segera melakukan pengobatanyang tepat untuk mengatasinya. Karena jika hal ini tak segera di atasi dengan baik, dikhawatirkan akan membawa dampak buruk dan menjadi penyebab masalah serius lainnya mengingat begitu pentingnya peranan darah dalam tubuh kita.

Selain dengan mengonsumsi obat pengencer darah yang bisa anda dapatkan di apotik dengan resep dokter, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi masalah darah yang kental diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Konsumsi buah-buahan

Ada beberapa jenis buah yang apabila dikonsumsi secara rutin akan sangat membantu untuk mengencerkan darah yang mengental diantaranya adalah buah anggur, kiwi, manggis, nanas, tomat dan jenis buah lainnya yang banyak mengandung vitamin E.

  • Konsumsi kunyit

Kunyit untuk darah kental

Siapa yang tak kenal dengan kunyit….? Bumbu dapur yang sering digunakan sebagai obat berbagai jenis penyakit ini sudah sangat akrab dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Menurut penelitian yang telah dilakukan, ternyata kandungan kurkumin pada kunyit dapat bekerja pada trombosit untuk mencegah terjadinya pengentalan darah.

  • Konsumsi makanan kaya vitamin E

Vitamin E dipercaya mampu menghambat pengentalan darah melalui beberapa mekanisme. Anda bisa mendapatkan vitamin E pada jenis makanan seperti kuning telur, kacang- kacangan, gandum, almon, biji bunga matahari dan pada biji-bijian lainnya.

  • Menjalani terapi bekam

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi pengentalan darah adalah dengan menjalani terapi bekam.

Mengapa dengan bekam bisa mengencerkan darah yang kental…? Karena terapi bekam akan mengeluarkan darah kotor secara langsung dari dalam tubuh kita yang berpotensi dapat meningkatkan resiko darah menggumpal di dalam pembuluh darah.

Selain itu manfaat bekam lainnya adalah mampu meningkatkan sirkulasi darah karena berbagai sumbatan yang ada pada pembuluh darah telah dikeluarkan melalui terapi bekam yang telah dilakukan.

Jadi waspadai pengentalan darah yang bisa saja menjadi pemicu masalah serius lainnya dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat dan hendaklah setiap diri memperhatikan kondisi tubuhnya dan lebih peduli terhadap kesehatan dirinya.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

6 thoughts on “Penyebab dan Cara Mengatasi Pengentalan Darah Secara Alami

  1. Jazakallohu khoiron katsiro…alhamdulillah apa yg bpk ajarkan sdh bnyk mbntu sy dlm mnyembuhkn org yg sakit pak…mdh mdhn Alloh sll mberi jenengan smua kebaikan…aaamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *