Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur Menurut Islam

Diposting pada

Mengatasi susah tidur

Tidur yang cukup merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi oleh tubuh kita agar tetap terjaga kesehatan dan kebugaran. Kekurangan tidur akan membuat tubuh menjadi lemah dan rentan terkena penyakit yang pastinya sangat tidak kita harapkan.

Meskipun tidur merupakan cara yang terbaik untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah merasa lelah dalam menjalani aktfitas sehari-hari. Namun tak semua orang bisa menikmati tidur malam yang berkualitas atau bahkan tak bisa tidur sama sekali sehingga hal itu akan menggangu kesehatan tubuhnya.

Biasanya orang yang kurang tidur malam akan merasakan tubuhnya menjadi lemas, kurang bersemangat menjalani aktifitas dan mengantuk pada siang hari. Selain itu kurang tidur juga berpengaruh terhadap kinerja otak anda sehingga susah untuk konsentrasi.

Tubuh kita membutuhkan tidur malam kurang lebih 8 jam setiap harinya agar tubuh terjaga kesehatannya, terlalu banyak tidur juga tak baik untuk keseimbangan tubuh, karena hal itu akan menimbulkan rasa malas untuk melakukan aktifitas apapun.

Lemas kurang tidur

Penyebab susah tidur

Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami susah tidur atau insomnia. yang paling sering menjadi pemicu utama adalah masalah psikologi seperti depresi, was-was, banyak fikiran, stres dan masalah non fisik lainnya.

Selain itu, gangguan kesehatan juga menjadi pemicu insomnia seperti sedang mengalmi flu yang menyebabkan anda susah bernafas, batuk pada malam hari, sakit kepala dan jenis penyakit lainnya yang bisa mengganggu istirahat tidur anda.

Terlalu banyak tidur pada siang hari juga bisa menjadi penyebab susah untuk tidur pada malam harinya, oleh sebab itu agar anda bisa tidur nyenyak pada malam hari, sebaiknya kurangi dan batasi waktu tidur siang anda maksimal 1 atau 2 jam saja.

Dan masih banyak lagi faktor pemicu insomnia yang harus anda hindari seperti makan terlalu malam, mengonsumsi obat-obatan tertentu, minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan minuman suplemen.

Tips mengatasi susah tidur menurut Islam

Agama Islam merupakan sebuah agama yang tak hanya mengatur masalah ibadah ritual saja, dalam kehidupan sehari-hari juga ada ajaran dan anjuran yang bisa kita ikuti untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik sesuai tuntunan yang telah diajarkan oleh Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam.

Berdo'a sebelum tidur

Sebagai umat pengikut Nabi Muhammad, sudah selayaknya kita mengikuti dan meneladani setiap ajaran beliau. Ada beberapa amalan dan adab sebelum tidur yang diajarkan beliau diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Waktu tidur tidak larut malam, Rasulullah biasa tidur setelah sholat isya
  • Berwudhu sebelum tidur
  • Melakukan sholat witir
  • Membersihkan tempat tidur dengan mengibas-kibaskan kain
  • Membaca surat Al Ikhlash, Al Falaq dan An Naas kemudian meniupkannya pada kedua telapak tangan dan mengusapkannya ke seluruh bagian depan tubuh yang dapat dijangkau sebanyak 3 kali
  • Mematikan lampu sebelum tidur
  • Berbaring diatas rusuk sebelah kanan dan badan menghadap kiblat
  • Berdo’a sebelum tidur
  • Jangan tidur tengkurap

Setelah melakukan semua amalan dan adab yang diajarkan oleh Rasulullah, InsyaAlloh tidur anda akan nyenyak tanpa gangguan, dan jika anda terbangun karena mengalami mimpi buruk, lakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Meludah kesebelah kiri sebanyak 3 kali
  2. Memohon perlindungan kepada Alloh dengan membaca ta’awudz
  3. Jika masih belum tenang hendaknya bangun lakukan sholat
  4. Mengubah posisi jika hendak melanjutkan tidur
  5. Jangan memikirkan dan menafsirkan mimpi buruk yang telah anda alami

Jangan lupa untuk membaca do’a setelah bangun tidur di pagi harinya. Jika anda masih mengalami susah tidur juga, anda bisa melakukan terapi pijat refleksi insomnia yang bisa anda baca dan ikuti tutorialnya pada artikel terdahulu.

Demikian sahabat sekalian, semoga artikel tentang cara mengatasi susah tidur menurut Islam ini bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya, jika ada yang salah dalam penyampaian diatas saya mohon maaf karena saya bukanlah mahluk yang sempurna. Terimakasih atas perhatian anda.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *