Apa itu Bekam Kering dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Diposting pada

Bekam kering

Seperti yang sudah sering saya singgung dalam setiap artikel bekam diblog ini, bahwasanya terapi bekam memiliki segudang manfaat yang bisa kita rasakan yang bisa dilakukan dengan mudah dan biaya yang sangat murah.

Pada dasarnya terapi bekam sangat mudah dilakukan, idealnya setiap orang bisa melakukannya asalkan memiliki kemauan untuk belajar dan berlatih untuk menggunakan alat bekam yang bisa dengan mudah untuk kita dapatkan.

Dengan bisa melakukan terapi bekam untuk pengobatan, hal itu akan sangat membantu anda untuk mengobati keluarga, teman dan orang-orang disekitar anda yang membutuhkan pertolongan, sehingga keahlian anda akan bermanfaat tak hanya untuk diri sendiri namun juga orang lain.

Untuk bisa melakukan terapi bekam dengan baik dan benar, tentunya diperlukan pengetahuan tentang ilmu tersebut. Anda bisa belajar langsung kepada seorang ahli bekam atau mengikuti pelatihan bekam dari lembaga yang sudah diakui kredibilitasnya.

Namun untuk menambah pengetahuan anda tentang ilmu bekam, pada kesempatan hari ini admin akan share tentang bekam kering dan cara melakukannya yang bisa anda ikuti dan praktekkan sendiri dirumah.

Apa itu bekam kering?

Sebelum mulai pada tutorial cara melakukan bekam kering, ada baiknya kita mengetahui apa sih yang dimaksud dengan terapi bekam kering tersebut dan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari terapi yang kita lakukan.

Bekam kering atau dry cupping merupakan salahsatu jenis bekam tanpa mengeluarkan darah dalam proses yang dilakukan, biasanya terapi ini dilakukan untuk mengeluarkan angin berlebih didalam tubuh dan untuk merelaksasi jaringan otot yang dibekam.

Manfaat bekam kering

Melakukan bekam kering relatif lebih mudah dilakukan oleh pemula dibandingkan dengan bekam basah yang harus melalui pelatihan khusus atau dibawah pengawasan seorang ahli bekam jika hendak melakukannya.

Terapi bekam kering bisa dilakukan pada titik-titik tertentu tubuh kita selama itu bukan termasuk titik terlarang untuk dibekam, tentunya menentukan titik bekam kering juga harus memperhatikan keluhan dan sesuai kebutuhan.

Cara melakukan bekam kering

Setelah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan bekam kering, sekarang saatnya bagi anda untuk mengetahui tentang cara dan tehnik yang benar untuk melakukan bekam kering agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari bekam kering yang anda lakukan.

Sebelum melakukan terapi bekam kering, pertama sekali yang harus anda lakukan adalah menyiapkan berbagai hal yang diperlukan selama terapi dilakukan diantaranya adalah alat bekam pompa dan minyak zaitun atau jika tak ada bisa juga menggunakan minyak urut biasa.

 

Dan berikut ini cara melakukan bekam kering yang baik dan benar:

  • Bacalah basmalah sebelum mulai melakukan proses pembekaman
  • Tentukan titik bekam sesuai keluhan dan kebutuhan
  • Olesi bagian tubuh yang akan dibekam dengan minyak urut yang anda miliki
  • Setelah itu lakukan pemijatan ringan pada area tubuh yang akan dibekam selama kurang lebih 5 menit
  • Lakukan pembekaman pada titik yang ditentukan menggunakan gelas yang sesuai dengan bidang yang dibekam
  • Untuk pertama kali pompa gelas bekam sebanyak 3 kali dan tambah hisapannya secara berkala setiap 1 menit sampai tak bisa dihisap lagi
  • Anda bisa melakukan pembekaman secara bersamaan pada area yang dibutuhkan
  • Pembekaman dilakukan maksimal 10 menit pada setiap titiknya
  • Setelah selesai dibekam pijat area yang telah dibekam menggunakan minyak zaitun untuk mengurangi lebam atau warna merah bekas bekam
  • Pembekaman boleh dilakukan lagi setelah minimal satu minggu kemudian

Cara melakukan bekam kering

Agar proses bekam kering tidak menyakitkan, hendaknya ikuti semua cara diatas dengan benar, terutama pada proses penghisapan gelas bekam yang harus dilakukan secara bertahap, hal itu akan membuat jaringan otot dan kulit tak terkejut dengan proses penghisapan yang dilakukan.

Manfaat melakukan bekam kering

Banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh dari terapi bekam kering yang anda lakukan, diantaranya adalah untuk mengeluarkan angin berlebih didalam tubuh sehingga metode ini sangat efektif untuk mengobati masuk angin dengan cepat.

Selain itu bekam kering juga sangat bermanfaat untuk relaksasi otot yang kelelahan sehingga setelah melakukan terapi bekam biasanya pasien akan merasakan badan yang lebih segar dan otot yang tegang menjadi mengendur.

Untuk mengetahui berbagai manfaat bekam kering untuk kesehatan tubuh, anda bisa membaca artikel saya terdahulu yang telah saya uraikan secara detail tentang manfaat yang bisa anda dapatkan dari terapi bekam kering yang anda lakukan.

Demikian sahabat sekalian artikel singkat yang bisa saya sajikan mengenai cara melakukan bekam kering yang baik dan benar pada kesempatan hari ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya dan jangan lupa untuk like FB fanspage Refleksi.id untuk mendapatkan update berkala dari blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *