Cara Efektif Atasi Stres Dengan Terapi Bekam

Diposting pada

Cara alami atasi stres

Stres adalah penyebab kekhawatiran bagi banyak orang dari segala usia dan kalangan pada saat sekarang ini. Atas dasar tersebut, mencari solusi tepat dan efektif untuk mengatasinya merupakan sebuah topik hangat yang banyak di diskusikan.

Gejala stres biasanya disebabkan oleh berbagai tekanan baik dari luar maupun dari diri sendiri. Stres bisa memacu seseorang untuk lebih bersemangat dalam menghadapi berbagai tantangan, namun kebanyakan kondisi ini membuat seseorang cenderung patah semangat. Tinggal bagaimana kita mensikapi stres karena management stres setiap orang berbeda-beda.

Untuk mengatasi stres, terapi bekam bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat karena merupakan jenis terapi yang aman dan minim efek samping yang ditimbulkan. Terapi ini akan membantu anda untuk mengatasi stres serta terhindar dari penyakit fisik dan psikologis yang menyertainya.

Namun sebelum kita masuk pada pokok pembahasan tentang cara mengatasi stres dengan terapi bekam, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui gejala stres dan bagaimana terapi bekam bekerja untuk membantu mengatasi stres.

Gejala stres

Stres memiliki gejala atau tanda-tanda yang bisa kita lihat dan rasakan, kondisi ini bisa menimpa siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak sekalipun. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa gejala stres yang bisa anda kenali:

  • Mengalami insomnia atau susah tidur
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Daya ingat yang terganggu
  • Sakit kepala
  • Kurangnya nafsu makan
  • Penurunan kekebalan tubuh
  • Sering mengalami gelisah dan gugup
  • Mengalami iritasi pada kulit
  • Mudah tersinggung dan marah meskipun dengan hal yang remeh
  • Merasa terbebani dengan pekerjaan atau tugas-tugas
  • Khawatir yang berlebihan tak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan

Gejala stres

Ketika mengalami stres, tubuh kita akan membacanya sebagai sebuah ketidak seimbangan dan merupakan sebuah ancaman. Oleh sebab itu mekanisme perlindungan diri akan secara otomatis diaktifkan yakni dengan cara tubuh kita akan memproduksi hormon dan zat kimia seperti adrenalin, kortisol, dan norepinefrin.

Akibat dari peningkatan hormon tersebut, kita akan merasakan besarnya dorongan energi untuk meningkatkan konsentrasi guna merespon sumber tekanan yang menjadi penyebab timbulnya stres.

Efek negatifnya, sistem tubuh kita akan menurunkan fungsi organ lainnya seperti organ pencernaan yang membuat kita kehilangan nafsu makan, penurunan fungsi otak bagian tertentu yang menyebabkan kita sulit untuk berpikir jernih.

Atasi stres dengan terapi bekam

Stres yang berkepanjangan dan secara konstan, akan membuat kadar adrenalin dan kortisol tetap tinggi di dalam darah. Hal itu bisa menjadi penyebab komplikasi gangguan kesehatan tubuh dan mental. Oleh sebab itu penanganan yang tepat untuk mengatasi stres harus cepat dilakukan agar tak terjadi hal yang tak kita inginkan.

Dengan melakukan terapi bekam akan membuat tubuh anda menjadi lebih rileks, selain itu manfaat terapi bekam juga akan membantu menyeimbangkan kinerja hormon di tubuh anda agar terhindar dari komplikasi kesehatan yang ditimbulkan oleh stres yang dialami.

Bagaimana bekam mengatasi stres

Bagi anda yang ingin menghilangkan stres dengan terapi bekam, sebaiknya carilah klinik yang nyaman dengan suasana yang menentramkan. Hal itu akan cukup membantu sebagai awal untuk menenangkan fikiran sebelum sesi terapi bekam dilakukan.

Bekam stres

Proses pembekaman dengan melakukan penghisapan pada permukaan kulitaakan memberikan efek relaksasi, meningkatkan dan memperlancar peredaran darah. Efek relaksasi juga akan menjangkau dan meluas ke sistem syaraf anda.

Orang yang sedang mengalami stres biasanya akan mengalami ketegangan pada otot-otot tubuh sehingga menyebabkan otot menjadi kaku. Dengan terapi bekam juga akan mengurangi ketegangan pada otot leher, bahu, punggung dan pinggang anda.

Efek relaksasi pada terapi bekam akan membuat stres menjadi mencair, seperti mencairnya balok es di bawah terik matahari. Tak jarang seseorang sampai bisa tertidur saat sesi bekam sedang berlangsung.

Anda juga bisa kombinasikan bekam stres dengan metode lainnya seperti melakukan pemijatan pada titik-titik syaraf refleksi dan akupresur untuk membantu mempercepat pemulihan stres. Anda bisa pelajari metode tersebut pada artikel saya tentang terapi refleksi untuk mengatasi stres di artikel saya terdahulu.

Terapi bekam bisa menjadi pilihan tepat dan efektif untuk mengatasi stres. Terapi ini terbukti mampu mengatasi stres dan gangguan kesehatan fisik atau mental yang disebabkan oleh stres. Kondisi tersebut bisa meliputi ketegangan pada otot tubuh, kelelahan, kurangnya nafsu makan, kesemasan yang berlebihan dan lainnya.

Silahkan konsultasikan dengan ahli bekam di kota anda untuk mendapatkan penanganan dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penerapan terapi bekam stres yang akan anda jalani. Akhirnya semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang membutuhkan solusi tepat untuk mengatasi stres secara alami.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *