Mengobati Nyeri Leher dan Bahu Dengan Terapi Bekam

Diposting pada

Pengobatan nyeri leher dengan terapi bekam

Nyeri pada bahu dan leher merupakan hal yang bisa menimpa siapa saja baik tua maupun muda. Siapapun yang mengalami nyeri dan sakit pada bahu dan leher pastinya akan sangat menghambat aktifitasnya karena biasanya penyakit ini akan mengganggu kemampuan seseorang untuk bisa bebas bergerak.

Pada umumnya munculnya rasa sakit pada pundak dan leher disebabkan oleh ketegangan pada otot dan ligamen yang tertarik yang disebabkan oleh kegiatan yang berlebihan menggunakan otot tersebut yang berakibat munculnya rasa nyeri di sekitar bahu dan leher setelah beberapa waktu kemudian.

Penyebab Sakit leher dan bahu

Banyak faktor yang menjadi pemicu terjadinya sakit pada bahu dan leher, diantaranya disebabkan karena melakukan pekerjaan berat seperti memanggul barang yang berat, olahraga berlebihan. Selain itu penyebab umum lainnya adalah akibat cidera otot bahu karena keseleo.

Anda juga bisa mengalami sakit bahu dan leher yang disebabkan oleh ketegangan pada otot karena menghabiskan waktu berjam-jam duduk di belakang meja kerja tanpa merubah posisi yang berakibat pada kekakuan pada otot leher dan bahu anda.

Faktor lainnya yang sering kita anggap sepele juga bisa menjadi penyebab sakit leher dan bahu seperti salah posisi tidur yang menyebabkan rasa nyeri pada leher atau bahu ketika bangun tidur atau yang sering kita sebut dengan tengengen. Melakukan gerakan tiba-tiba pada leher juga berpotensi menjadi penyebab timbulnya rasa nyeri pada leher anda.

Bekam nyeri leher dan bahu

Pada dasarnya nyeri leher dan bahu yang disebabkan oleh otot yang tegang bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 1 minggu, namun dengan melakukan terapi yang tepat dapat mempercepat penyembuhan yang sedang di alami.

Salahsatu metode efektif yang bisa anda tempuh untuk mempercepat pemulihan pasca cidera otot leher dan bahu adalah dengan melakukan terapi bekam yang akan memberikan efek relaksasi pada otot yang mengalami ketegangan.

Nyeri atau rasa sakit pada jaringan otot akan cepat teratasi dengan melakukan pembekaman pada titik yang tepat. Hal itu karena ketika proses pembekaman berlangsung akan melakukan penghisapan pada area kulit sehingga menciptakan ruang kosong yang akan dialiri oleh darah baru yang membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan.

Selain itu proses pembekaman juga akan membersihkan simpul dan penyempitan pada otot, memperlancar peredaran darah, mengeluarkan racun dan toksin yang menjadi penyebab otot menjadi kaku dan penyempitan otot. Para ahli pengobatan meyakini bahwasanya dengan lancarnya peredaran darah pada area yang mengalami cidera akan sangat membantu mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan.

Titik bekam nyeri leher dan pundak

Untuk melakukan terapi bekam pemulihan sakit pada otot leher dan bahu, anda bisa menggunakan beberapa titik bekam sunnah yang berada disekitar pundak dan leher. Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari letak titiknya pada gambar berikut ini.

Titik bekam nyeri leher dan bahu

Keterangan gambar:

  • Nomor 1 adalah Al-Kahil titik bekam yang berada di punuk leher pada ruas pertama tulang belakang bagian atas
  • Nomor 2 dan 3 adalah titik bekam Al-Akhda’in yang berada di urat leher belakang kanan dan kiri
  • Nomor 4 dan 5 merupakan titik bekam Al-Katifain yang berada di atas bahu kanan dan kiri

Saya kira dengan 5 titik bekam tersebut sudah cukup digunakan untuk referensi pengambilan area dalam proses pembekaman dalam proses penyembuhan nyeri leher dan pundak. Namun jika dirasa perlu, anda bisa menambahkan beberapa letak titik akupresur dalam proses bekam. Silahkan pelajari pada gambar dibawah ini.

Titik bekam akupresur nyeri leher

Proses pembekaman

Setelah kita mengetahui letak titik bekam yang diperlukan, selanjutnya proses pembekaman bisa mulai dilakukan. Bekam untuk mengatasi nyeri leher dan bahu disini boleh dilakukan hanya dengan bekam kering saja atau jika dibutuhkan maka bekam basah adalah lebih afdhol tentunya.

Pembekaman boleh dilakukan dengan posisi duduk ataupun dengan berbaring, lama proses pembekaman pada setiap titiknya maksimal 10 menit dengan melakukan penghisapan bertahap menggunakan pompa bekam. Untuk lebih jelasnya tentang cara melakukan bekam kering, anda bisa mempelajarinya pada artikel saya terdahulu atau dengan klik link tersebut.

Setelah proses bekam selesai jangan lupa untuk banyak minum air putih minimal 2 gelas untuk menyegarkan tubuh anda. terapi bekam boleh diulang untuk pengobatan minimal 1 minggu setelah sesi terapi selesai dilakukan.

Terapi bekam yang dilakukan, bisa dikombinasikan dengan terapi pijat refleksi untuk mengobati sakit leher dan terapi pemijatan lainnya untuk mempercepat proses penyembuhan serta meminimalisir efek samping dari terapi bekam yang dilakukan.

Menurut pengalaman, setelah proses pembekaman selesai dilakukan biasanya pasien akan merasakan perubahan yang signifikan seperti berkurangnya rasa nyeri dan sakit pada otot leher atau otot bahu yang sebelumnya dirasakan.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *