Cara Mengobati Batuk Dengan Terapi Bekam

Diposting pada

Pengobatan alami batuk kronis

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya batuk, baik batuk yang disertai dengan dahak maupun batuk kering yang dalam keadaan wajar harusnya tak berlangsung dalam waktu lama, namun jika batuk yang anda alami tak kunjung sembuh dalam jangka waktu 3 minggu, maka diperlukan perhatian dan penanganan khusus dengan keadaan tersebut.

Batuk sendiri merupakan sebuah reaksi alami tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan dari lendir dan kotoran yang memicu iritasi seperti debu, asap dan lainnya. Dengan seseorang mengalami batuk, hal itu akan membersihkan dan mencegah benda asing masuk ke dalam paru-paru.

Batuk wajar biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu singkat dan maksimal selama 3 minggu, akan tetapi ada jenis batuk yang terus-menerus dan seolah-olah tak mau sembuh sehingga akan sangat menggangu aktifitas harian yang anda jalani.

Batuk yang berlangsung lama, biasanya merupakan indikasi penyakit serius yang mengharuskan penanganan yang serius pula seperti asma, bronkitis, paru-paru basah (pneumonia), batuk rejan, asam lambung yang naik ke tenggorokan dan masalah kesehatan serius lainnya.

Terapi bekam untuk meredakan batuk

Terapi bekam merupakan sebuah metode pengobatan klasik yang telah dikenal dan digunakan manusia selama lebih dari 1500 tahun untuk mengobati berbagai macam penyakit baik ringan maupun penyakit serius.

Terapi bekam

Termasuk disini adalah terapi bekam yang bisa kita gunakan untuk mengobati batuk yang tak kunjung sembuh dengan cara sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Terapi bekam yang dilakukan pada penderita batuk kronis, akan memberikan efek relaksasi dan memperlancar peredaran darah yang menuju ke organ yang mengalami masalah kesehatan. Hal itu juga akan memberikan efek positif terhadap proses penyembuhan batuk yang anda alami.

Titik bekam batuk

Sebelum melakukan pembekaman untuk mengobati batuk, hendaknya seorang terapis mengetahui penyebab batuk kronis yang dialami oleh penderita dengan menanyakan dan mendengarkan keluhan sehingga bisa diambil kesimpulan untuk menentukan titik bekam yang tepat.

Karena batuk biasanya disebabkan oleh gangguan saluran pernafasan, maka titik bekam batuk yang bisa anda gunakan adalah di sekitar punggung atas dan dada depan dengan mengedepankan titik bekam sunnah kemudian ditambahkan beberapa titik bekam tambahan.

Anda bisa menggunakan titik bekam yang saya share pada dalam gambar dibawah ini untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh asma, bronkitis, batuk rejan, pneumonia dan batuk yang disebabkan oleh infeksi tenggorokan. Perhatikan titik warna hijau pada gambar dibawah ini.

Titik bekam batuk

Namun jika batuk kronis yang dialami penderita disebabkan oleh naiknya asam lambung ke tenggorokan atau yang biasa disebut gastroesophageal reflux disease (GERD) maka anda bisa menggunakan titik bekam maag yang sudah saya share pada artikel terdahulu.

Bekam yang disarankan untuk mengobati batuk disini adalah bekam basah yakni dengan mengeluarkan darah kotor pada area yang pembekaman. Tentunya untuk melakukan bekam darah harus dilakukan oleh terapis yang sudah memahami seluk beluk bekam basah untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Terapi bekam batuk bisa anda gunakan berdampingan dengan metode pengobatan lainnya, misalnya dengan mengonsumsi ramuan herbal dan terapi pijat refleksi batuk yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Terimakasih semoga membantu.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *