Terapi Bekam Untuk Mengobati Asam Urat di Tangan

Diposting pada

Pengobatan asam urat di tangan

Asam urat merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan zat purin yang mengkristal pada persendian. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit asam urat, diantaranya adalah kegemaran mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, minuman beralkohol, mengonsumsi obat-obatan tertentu, memiliki riwayat penyakit diabetes, ginjal, kolesterol juga bisa memicu penyakit asam urat.

Dalam keadaan normal, seharusnya zat purin bisa dibersihkan dan dinetralisir oleh ginjal, namun jika kemampuan ginjal berkurang atau tidak mampu menyaring zat purin tersebut, maka akan terbawa oleh aliran darah dan mengendap di persendian.

Endapan atau penumpukan zat purin yang terus menerus akan menyebabkannya mengkristal sehingga terjadi peradangan pada persendian yang biasa kita sebut sebagai penyakit asam urat. Meskipun pada dasarnya asam urat bisa menyerang semua persendian di tubuh kita, namun biasanya penyakit asam urat lebih sering terjadi pada persendian tangan dan kaki.

Bekam untuk asam urat di tangan

Terapi bekam merupakan metode pengobatan dengan mengeluarkan darah kotor yang mengandung racun atau toksin dari dalam tubuh kita melalui proses penghisapan atau cupping pada titik-titik tertentu sehingga memberikan efek positif terhadap penyakit yang diderita.

Bekam asam urat

Bekam bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk penyakit asam urat di tangan yang sedang anda alami. Untuk anda yang mengalami penyakit asam uarat di kaki silahkan baca artikel saya terdahulu yang membahas tentang terapi bekam untuk asam urat di kaki.

Tentunya untuk melakukan terapi bekam basah pada penyakit asam urat harus dilakukan oleh seorang yang sudah ahli dan mengetahui semua tentang seluk-beluk terapi ini. Karena apabila terapi bekam dilakukan secara serampangan atau asal-asalan bisa berakibat buruk nantinya.

Jadi bagi anda yang sedang mengalami asam urat baik di tangan ataupun di kaki silahkan menghubungi ahli bekam di kota anda untuk informasi dan tindakan pembekaman yang baik dan benar sesuai standar.

Titik bekam asam urat di tangan

Agar mendapatkan hasil yang optimal dari terapi bekam yang dilakukan untuk mengobati asam urat di pergelangan atau persendian tangan, diperlukan pengetahuan letak titik yang benar sesuai kebutuhan.

Disini admin akan berbagi beberapa titik bekam asam urat ditangan yang dibutuhkan untuk meringankan dan mengobati gejala penyakit asam urat. Perhatikan gambar dibawah ini, titik bekam telah saya tandai berwarna hijau.

Titik bekam asam urat di tangan

Keterangan gambar:

  1. Adalah titik bekam sunnah bernama Al-Kaahil dimana bekam pada titik ini mampu mengobati 72 jenis penyakit
  2. Adalah titik bekam Al-Warik letak titiknya berada dekat dengan ginjal kanan dan kiri
  3. Letak titiknya berada dua jari di bawah pergelangan tangan
  4. Letaknya 2 jari diatas pergelangan tangan
  5. Terletak di samping luar sekitar 4 jari dibawah jari kelingking

Pembekaman asam urat di tangan

Proses pembekaman untuk mengobati asam urat dikaki yang dianjurkan adalah bekam basah yakni dengan mengeluarkan darah kotor pada setiap titik yang dilakukan pembekaman diatasnya. Dimulai dari titik bekam sunnah al-kahil dan 2 titik alwarik di pinggang kanan dan kiri.

Fungsi dari titik bekam sunnah tersebut adalah untuk membuang racun dan darah kotor yang terkonsentrasi di titik tersebut dan untuk memperbaiki kinerja ginjal yang mengalami masalah dalam menyaring zat purin didalam darah.

Sedangkan titik nomor 3, 4 dan 5 berfungsi untuk mengeluarkan darah kotor secara langsung disekitar persendian yang mengalami asam urat dan memberikan efek relaksasi. Titik bekam ini bisa anda gunakan untuk mengobati asam urat di pergelangan tangan dan sendi jari-jari tangan.

Jika persendian mengalami bengkak, dilarang untuk melakukan pembekaman diatasnya secara langsung. Namun dianjurkan pembekaman dilakukan disekitar sendi yang mengalami pembengkakan.

Karena yang dianjurkan proses pembekaman untuk asam urat adalah bekam basah, maka tak boleh dilakukan oleh orang yang belum memahami seluk-beluk bekam dengan mengeluarkan darah. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahli bekam di kota anda sebelum melakukan terapi bekam, karena setiap therapis punya analisa dan penentuan titik bekam sendiri berdasarkan keluhan yang anda utarakan.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia kesehatan sekaligus praktisi metode pengobatan klasik dan thibbun nabawi sejak tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *