Titik dan Area Tubuh Yang Terlarang Untuk Dibekam

Diposting pada

Titik Terlarang untuk dibekam

Meskipun bekam itu sendiri merupakan sebaik-baik pengobatan seperti yang pernah saya sebutkan didalam hadits bekam sebelumya, namun bukan berarti kita bisa sembarangan melakukan pembekaman terhadap diri sendiri maupun orang lain. Sebelum melakukan pembekaman sudah seharusnya kita mempelajari dan mengerti ilmunya agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari terapi bekam tersebut.

Selain memahami letak titik bekam sunnah yang sudah terbukti mampu mengobati banyak macam penyakit, seorang terapis bekam juga harus mengetahui dan memahami golongan orang yang tak boleh dibekam serta beberapa area dan anggota tubuh tertentu yang dilarang untuk dibekam agar terhindar dari efek buruk yang terjadi setelah terapi bekam dilakukan.

Titik terlarang untuk bekam merupakan area tertentu dari tubuh kita yang tak boleh dilakukan pembekaman diatasnya, melakukan pembekaman pada area terlarang akan berdampak negatif terhadap kesehatan. Titik bekam yang dilarang yang akan saya jelaskan didalam artikel ini hendaknya dihindari oleh setiap terapis bekam agar tak memberikan dampak negatif dan merugikan orang yang kita terapi. Alih-alih hendak mengobati penyakit, malah bisa menambah penyakit baru pada pasien.

Titik Terlarang Untuk Dibekam

Setelah pada artikel terdahulu admin telah mengupas tuntas beberpa golongan orang yang tak boleh dibekam karena kondisi tubuh dan penyakit tertentu, maka pada kesempatan hari ini saya akan melengkapi artikel tersebut dengan berbagi beberapa area tubuh atau titik terlarang untuk dibekam yang berlaku untuk setiap pasien yang akan dibekam baik pria maupun wanita dan berikut ini titik-titiknya.

  • Beberapa tempat yang menjadi pusat kelenjar limpa dan getah bening seperti di area berikut ini
    – Titik yang berada di leher samping dibawah telinga
    – Titik yang berada di kedua ketiak kanan dan kiri
    – Area selakangan depan sebelah kanan dan kiri
    – Titik tepat dibawah otak kecil diakhir tulang tengkorak belakang
    – Area di leher depan bagian tenggorokan
  • Tak boleh membekam pada tempurung lutut dan area dibawah / lipatan lutut
  • Dilarang membekam pada area lubang alami tubuh seperti lubang telinga, mulut, hidung, mata, kemaluan, dubur termasuk payudara dan pusar
  • Dilarang juga membekam pada area sendi besar tubuh
  • Jangan membekam lipatan siku bagian dalam
  • Jangan melakukan pembekaman pada area yang terdapat pembuluh darah besar / nadi
  • Dilarang membekam perut wanita hamil
  • Area yang sedang terluka / borok juga terlarang untuk dibekam diatasnya
  • Dilarang membekam pada area tubuh yang terkena infeksi
  • Area yang bengkak karena benturan dan asam urat juga terlarang untuk dibekam
  • Pada area tubuh yang terkena tumor atau kanker
  • Dilarang membekam pada area yang terkena varises
  • Bagian tubuh yang terkena cacar air juga gak boleh di bekam
  • Titik yang sudah pernah dibekam kecuali sudah berlalu 1 bulan

Kesimpulan yang bisa diambil

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan setelah terapi bekam, hendaknya setiap terapis bekam memahami letak titik-titik terlarang untuk dibekam untuk dihindari pembekaman pada area tersebut. Hendaknya juga mengetahui dan memahami letak titik bekam yang tepat untuk setiap penyakit agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari terapi bekam itu sendiri.

Bekam atau hijamah yang berdarah-darah tersebut akan tetap aman dilakukan apabila kita mengetahui ilmunya lebih dulu sebelum melakukannya, banyak manfaat bekam yang bisa kita peroleh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bekam juga merupakan sunnah nabi muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam berdasarkan banyak hadits-hadits tentang bekam yang sudah terkenal dan tak asing ditelinga kita. Jadi tak ada alasan untuk kita takut dengan terapi bekam.

Demikian artikel saya tentang beberapa titik dan area tubuh yang tak boleh dilakukan pembekaman diatasnya agar tak terjadi hal-hal yang tak kita inginkan, yang perlu kita fahami dari artikel ini adalah tak semua area tubuh bisa dibekam berdasarkan letak titik secara mutlak dan berdasarkan kondisi tubuh pasien yang akan dibekam. semoga bermanfaat dan menjadi pelajaran berharga bagi kita yang ingin mendapatkan manfaat dari terapi bekam yang merupakan sebaik-baik pengobatan menurut Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

(Visited 2.654 times, 30 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *