12 Titik Refleksi Untuk Mengatasi Haid Tidak Lancar

Diposting pada

Terapi terlambat haid

Haid yang tak teratur merupakan hal pastinya sangat tidak diinginkan oleh setiap wanita, hal itu bisa saja terjadi pada remaja putri sampai wanita dewasa sekalipun. Haid tak lancar adalah suatu kondisi ketika siklus menstruasi terjadi lebih cepat atau lebih lambat dan bahkan dalam beberapa kasus bisa tak mengalami haid sama sekali setiap bulannya.

Pada umumnya siklus menstruasi yang normal terjadi setiap 28 sampai 35 hari selama 3 hari sampai satu minggu. Namun tak semua wanita memiliki siklus haid yang normal seperti pada wanita pada umumnya.

Faktor penyebab haid tak lancar

Ada beberpa faktor utama yang menyebabkan haid tak lancar diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Stres dan beban fikiran yang berlebihan
  • Diet yang ketat dan perubahan berat badan yang signifikan
  • Sedang menyusui
  • Pengaruh dari alat kontrasepsi
  • Adanya gangguan pada rahim
  • Karena menjelang menopause
  • Adanya gangguan pada kelenjar tiroid

Baca juga: Terapi refleksi atasi nyeri saat haid

Gangguan menstruasi atau haid tak lancar bisa terjadi pada tahun-tahun pertama awal  menstruasi dan menjalang menopouse, hal itu bisa terjadi karena hormon yang belum seimbang. Untuk mengatasi masalah haid yang tak teratur, disini admin akan berbagi tips mengatasinya dengan metode terapi pijat refleksi dan akupresur yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah.

Titik refleksi melancarkan menstruasi

Setidaknya ada 12 titik refleksi yang berada di telapak kaki dan beberapa titik akupresur tubuh yang bisa anda gunakan untuk terapi agar menstruasi anda bisa lancar dan teratur. Untuk lebih jelasnya silahkan anda pelajari letak titiknya pada gambar berikut ini.

titik refleksi haid tidak lancar

Setelah anda mempelajari dan memahami letak titik refleksinya selanjutnya silahkan lakukan pemijatan pada titik-titik yang diperlukan seperti gambar diatas. Pemijatan bisa anda lakukan minimal 1 menit setiap titiknya yang bisa anda lakukan 3 kali sehari untuk tiga hari pertama dan lanjutkan terapi setelahnya 1 kali setiap harinya.

Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih minimal 2 gelas atau setara 500 ml setiap selesai proses terapi pijat refleksi. Imbangi juga dengan menerapkan gaya hidup sehat agar tubuh anda tetap bugar dan tak mudah terserang penyakit.

Demikian artikel singkat saya tentang cara mengatasi haid tak lancar dengan terapi pijat refleksi dan akupresur yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan dan menjadi solusi tepat bagi masalah yang sedang anda alami. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *