Letak Titik Pijat Refleksi Untuk Mengobati Batuk

Diposting pada

Mengobati batuk dengan pijat refleksi

Batuk adalah sebuah reaksi tubuh yang terjadi karena adanya gangguan pada tenggorokan yang diakibatkan karena virus dan kotoran yang terhirup atau terbawa dengan makanan yang kita makan. Secara alami batuk akan terjadi bila ada benda asing atau gangguan pada tenggorokan, hal itu adalah suatu yang lumrah terjadi sebagai reaksi tubuh untuk mengeluarkan racun dan kotoran yang ada di tenggorokan.

Namun jika batuk terjadi dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus, maka hal itu bukan lagi reaksi yang baik dan sudah menjadi sebuah penyakit yang akan menggangu aktivitas anda. Biasanya batuk juga disertai dengan demam, flu atau pilek, sakit kepala, bersin-bersin, gatal dan sakit di tenggorokan bahkan jika sudah parah bisa sampai batuk berdarah. Secara umum batuk dibagi menjadi dua yaitu batuk kering dan batuk berdahak yang keduanya bisa disembuhkan dengan melakukan pijat pada titik-titk refleksi batuk yang akan saya jelaskan disini.

Baca juga: Mengobati sesak nafas dengan pijat refleksi

Selain itu titik pijat refleksi batuk yang saya share ini, bisa juga anda gunakan untuk mengobati berbagai macam batuk karena asma, bronkitis, batuk pilek dan lainnya, tentunya lama terapi untuk sakit batuk kronis dan medium juga berbeda dengan batuk biasa, asalkan anda rajin melakukan terapi, sabar dan tawakal InsyaAlloh penyakit anda bisa sembuh dengan metode refleksi.

Letak Titik-Titik Refleksi Batuk

Disini saya akan membagi letak titik refleksi batuk menjadi 3 bagian yang terdiri dari titik refleksi di telapak kaki, telapak tangan serta beberpa titik akupresur di tubuh yang merupakan saraf langsung untuk mengobati batuk yang anda derita. Fahami setiap titik yang ada pada gambar-gambar yang sudah saya sediakan dan lakukan pemijatan pada setiap titik secara perlahan.

Titik Pijat Refleksi Batuk di kaki

Berikut ini beberpa titik refleksi kaki untuk mengobati sakit batuk yang berada di telapak kaki dan punggung kaki sebelah kiri dan kanan.

Titik refleksi batuk di telapak kaki

Keterangan:

  • A adalah titik refleksi paru-paru sebelah kanan
  • B merupakan titik refleksi paru-paru sebelah kiri

Titik refleksi batuk di punggung kaki

Keterangan:

  • A adalah titik refleksi Dada yang berada di bawah jari tengah kaki kiri dan kanan
  • B adalah titik refleksi tenggorokan yang bisa anda temukan di sela-sela ibujari kaki

Titik Refleksi batuk di tangan

Setelah dirasa cukup melakukan pemijitan pada titik refleksi di kaki, sekarang lanjutkan dengan melakukan pemijatan pada titik refleksi tangan untuk batuk yang berada di telapak tangan dan punggung tangan.

Titik refleksi batuk telapak tangan

Keterangan:

  1. Merupakan titik refleksi tenggorokan di telapak tangan
  2. Adalah titik refleksi untuk meredakan batuk yang berada di bawah ibu jari telapak tangan

Titik refleksi batuk punggung tangan

Keterangan:

  1. Titik refleksi tenggorokan di punggung tangan
  2. Titik refleksi dada di punggung kaki

Titik Akupresur Untuk Mengobati Batuk

Sekarang waktunya melanjutkan proses pengobatan batuk dengan melakukan pemijatan pada titik-titik akupresur yang akan cepat meredakan batuk yang anda derita.

Titik akupresur batuk di dada

Keterangan:

  1. Letak syarafnya di bawah tenggorokan di cekungan antara dua tulang iga atas
  2. Letak titiknya di bawah tulang iga atas (lihat gambar)
  3. Titiknya terletak di sebelah sendi bahu sebelah kiri
  4. Titiknya sama dengan no 3 hanya letaknya di sebelah kanan
  5. Titiknya terletak di ujung bawah tulang dada tengah

Titik akupresur batuk di punggung

Keterangan Gambar:

  • Titik no 1, 2 dan 3 terletak di bawah tulang tengkorak kepala
  • Titik no 4 dan 5 terletak di tulang tengah punggung leher kiri dan kanan
  • Titik no 6 dan 7 berada di sebelah tulang belikat atas sebelah kiri dan kanan

Lakukan pemijatan pada semua titik-titik saraf refleksi dan akupresur yang sudah saya jelaskan diatas untuk meredakan dan mengobati sakit batuk yang anda derita, untuk penderita batuk yang akut, lakukan terapi setidaknya 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut setelah itu bisa berjangka setidaknya 3 hari sekali secara rutin. Pengobatan metode pijat refleksi untuk mengobati sakit batuk ini bisa diterapkan juga pada anak-anak, tentunya dengan melakukan pemijatan dengan perlahan-lahan agar anak tidak kesakitan.

Demikian sahabat semua, artikel saya tentang cara mengobati batuk dengan melakukan pemijatan pada daerah refleksi dan akupresur yang bisa saya share kepada anda, semoga bermanfaat dan bisa menjadi alternatif mengobati batuk dengan mudah dan murah serta tanpa efek samping. Selahkan share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Terimakasih.

9 thoughts on “Letak Titik Pijat Refleksi Untuk Mengobati Batuk

  1. Alhamdulilah bermanfaat sekali untuk pengobatan..batuk suami sudah sebulan..di periksa di empat dokter berbesa menyatakan radang biasa..tp kok ndak sembuh2..sy coba pijat ini sudah 2 kali..harus brp kali agar cepat sembuh pak?

    1. Untuk terapi pijat refleksi tak ada pakem khusus masalah jangka waktu terapi, akan tetapi menurut saran saya lakukan terapi tahap awal sebanyak 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut. Setelah itu lakukan terapi minimal 1 kali setiap hari. Demikian semoga Alloh segera mengangkat penyakit suami ibu dengan segera… Amiiin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *