11 Titik Pijat Refleksi Untuk Terapi Sakit Jantung

Diposting pada

Terapi sakit jantung

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh kita, organ ini bekerja secara terus menerus setiap hari tanpa henti sejak ruh ditiupkan kedalam raga hingga jantung berhenti berdetak yang menjadi tanda utama kematian telah datang. Oleh sebab itu menjaga kesehatan jantung adalah sangat penting agar kita terbebas dari penyakit jantung yang sangat berbahaya dan merupakan salahsatu penyakit yang paling mematikan saat ini.

Salahsatu penyakit jantung yang menjadi penyebab kematian paling umum adalah jantung koroner yang bisa menimpa siapa saja baik pria maupun wanita. Penyakit jantung koroner yang paling umum adalah agina pectoris yang ditandai dengan rasa nyeri dan berat di dada hingga sesak nafas, bahkan rasa sakit bisa dirasakan pada leher, tenggorokan dan perut bagian atas.

Selain itu jenis penyakit kronis lain juga mempengaruhi kesehatan jantung seperti kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi, ginjal dan lainnya. Oleh sebab itu menjaga kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting dengan merubah gaya hidup yang tak sehat dan beralih pada pola hidup yang sehat.

Baca Juga: Titik Refleksi untuk mengobati kolesterol tinggi

Faktor penyebab sakit jantung

Ada beberapa faktor dan kondisi kesehatan yang menjadi penyebab serta meningkatkan resiko sakit jantung diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kerusakan pada pembuluh darah dan atau organ jantung
  • Penyakit koroner arteri
  • Diet yang tak sehat juga menjadi penyebab sakit jantung
  • Kurang melakukan aktifitas fisik atau olahraga
  • Kelebihan berat badan atau kegemukan
  • Mengonsumsi minuman beralkohol
  • Merokok berlebihan
  • Menonsumsi kafein yang berlebihan
  • Penyakit tekanan darah tinggi
  • Adanya penyakit diabetes
  • Kolesterol didalam darah yang terlalu tinggi
  • Stres berat yang berlarut-larut

Dan faktor lainnya yang bisa meningkatkan resiko sakit jantung lainnya yang harus anda hindari agar kesehatan jantung anda tetap terjaga. Disini admin akan berbagi beberapa titik pijat refleksi sakit jantung yang bisa anda gunakan untuk terapi masalah jantung yang anda alami, selain itu saya sertakan juga beberpa titik akupresur yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Titik Refleksi sakit jantung

Titik refleksi untuk mengobati sakit jantung yang saya share disini terdiri dari titik refleksi di telapak kaki dan tangan yang berhubungan langsung dengan organ jantung. sedangkan titik akupresurnya terfokus pada area disekitar dada yang merupakan syaraf langsung untuk meringankan sakit dan nyeri pada dada dan perut bagian atas. Untuk lebih jelasnya tentang letak titik yang diperlukan, silahkan lihat pada gambar di bawah ini:

Titik refleksi sakit jantung

Keterangan gambar:

  1. Titik refleksi jantung yang hanya ada di telapak kaki kiri saja
  2. Adalah titik refleksi jantung di telapak tangan
  3. Titik akupresur di punggung kaki yang terletak 2 jari di atas sendi ibu jari
  4. Terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk punggung tangan
  5. Letaknya 3 jari dari sendi siku luar
  6. Titik ini tepat di lipatan sendi siku luar
  7. Titik akupresur ini terletak di pergelangan tangan sejajar dengan jari manis
  8. Titik yang ini terletak 2 jari dari pergelangan tangan bagian dalam
  9. Titik noor 9 letaknya dibawah tulang iga pertama di bawah leher
  10. Letaknya di tengah dada bawah tepatnya di tulang dada bawah
  11. Titik ini terletak 2 jari dibawah titik nomor 10

Baca juga: Menurunkan tekanan darah tinggi dengan pijat refleksi

Terapi Refleksi sakit jantung

Setelah anda pelajari dan memahami letak titik refleksi sakit jantung yang sudah saya sediakan gambarnya diatas, sekarang mulai proses terapi pemijatan pada titik-titik tersebut dengan tekanan sedang setidaknya 3 menit pada setiap titiknya, anda boleh melakukan terapi pemijatan sendiri atau dengan bantuan orang lain disekitar anda.

Terapi pijat refleksi bisa anda lakukan 3 kali berturut-turut untuk 3 hari pertama, setelah itu lanjutkan terapi rutin setiap hari minimal satu kali. Setiap selesai terapi refleksi dianjurkan untuk banyak minum air putih minimal 500 ml untuk membantu mempercepat penyembuhan.

Titik refleksi sakit jantung yang saya share disini bisaanda gunakan untuk terapi sakit jantung koroner, jantung lemah, jantung berdebar dan untuk menjaga kesehatan jantung anda. Namun begitu pijat refleksi tak dianjurkan untuk anda yang mengalami serangan jantung mendadak yang harus mendapatkan pertolongan dokter ahli jantung dengan segera. Demikian artikel saya semoga bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *