Titik Bekam Efektif Untuk Mengobati Stroke

Diposting pada

Terapi bekam untuk stroke

Stroke merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke otak akibat penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke organ tersebut. Kurang lancar atau bahkan terputusnya suplay darah ke otak akan berakibat pada melemahkan fungsi otak  karena tak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk regenerasi jaringan dan sel-sel didalam otak.

Kerusakan otak akibat stroke akan berimbas pada kelumpuhan pada anggota badan sebelah kanan atau kiri bahkan kelumpuhan bisa terjadi pada semua anggota badan. Penyakit stroke bisa menimpa siapa saja baik pria maupun wanita, dewasa ini serangan stroke tak hanya menyerang para lansia saja, namun banyak kita jumpai kasus stroke yang dialami oleh orang muda yang kurang memperhatikan gaya hidup sehat.

Banyak faktor yang bisa memicu terjadinya penyakit stroke pada diri seseorang, diantaranya yang paling umum adalah gaya hidup yang tak sehat, adanya panyakit darah tinggi atau hipertensi, penderita diabetes dan masalah kegemukan atau obesitas juga beresiko besar mengalami serangan stroke. Oleh sebab itu selalu perhatikan kondisi kesehatan dan gaya hidup anda agar terhindar dari penyakit stoke ini.

Stroke merupakan salahsatu penyakit yang membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan kesembuhan, dibutuhkan tekat yang kuat dan optimisme yang tinggi  seorang pasien untuk mempercepat penyembuhan. Oleh sebab itu terapi psikologi juga sangat diperlukan untuk membesarkan hati penderita stroke sebagai modal dasar terapi yang akan dijalani selanjutnya.

Baca juga: Terapi refleksi untuk menurnkan darah tinggi

Salahsatu terapi yang efektif untuk penyembuhan penyakit stoke adalah dengan melakukan bekam atau hijamah yang sudah terbukti mampu mengobati stroke dengan lebih cepat, aman dan biaya yang relatif lebih murah. Nah di hari yang baik ini admin refleksi.id akan berbagi beberpa titik bekam stroke yang bisa anda gunakan untuk terapi pemulihan kesehatan dan kelumpuhan pada penderita stroke.

Letak titik bekam stroke

Bekam atau cupping dalam baha inggris telah digunakan oleh manusia untuk mengobati berbagai macam penyakit sejak ribuan tahun yang lalu, bahkan Rasulullah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga menganjurkan untuk menggunakan metode ini untuk pengobatan. Dan bekam merupakan salahsatu terapi efektif untuk mempercepat penyembuhan pada penderita strok berat maupun stroke ringan.

Dalam melakukan terapi bekam pada penderita stroke dibutuhkan titik-titik yang tepat agar manfaat bekam bisa lebih cepat dirasakan oleh pasien. Oleh sebab itu disini admin akan berbagi gambar titik bekam stroke kanan dan kiri, karena banyaknya titik bekam yang dibutuhkan untuk pemulihan stroke, disini gambarnya saya bagi menjadi 2 bagian sebagai berikut:

Titik bekam stroke part 1

titik bekam stroke part 2

Titik bekam stroke kanan

Untuk penderita stroke yang mengalami kelumpuhan pada anggota badan sebelah kanan seperti kelumpuhan pada tangan dan kaki kanan, silahkan ambil titik bekam yang ada pada bagian tubuh sebelah kanan kecuali untuk titik yang berada di kepala untuk kelumpuhan sebelah kanan berarti titiknya ada pada kepala sebelah kiri karena syaraf kepala adalah terbalik.

Titik yang anda butuhkan untuk stroke lumpuh sebelah kanan adalah: Titik nomor 1, 3, 4, 6, 8, 10, 12, 14 dan titik bekam di kaki dan tangan sebelah kanan yakni A, B, C, D, I, J, M, N, O, P yang bisa anda lihat pada gambat titik bekam diatas.

Titik bekam stroke lumpuh sebelah kiri

Sedangkan untuk terapi bekam yang mengalami kelumpuhan pada anggota badan sebelah kiri, titik bekam yang dibutuhkan berbeda dengan titik bekam pada penderita stroke yang mengalami kelumpuhan pada sisi kanan tubuh. Titik bekam yang dibutuhkan sebagian besar terletak pada sisi kiri tubuh dan titik di kepala saja yang berada di sisi kanan.

Dan titik bekam yang diperlukan untuk stroke lumpuh sebelah kiri adalah: Titik nomor 1, 2, 5, 6, 7, 9, 11, 13 dan dilanjutkan dengan titik bekam pada kaki dan tangan sebelah kiri yakni titik E, F, G, H, K, L, M, N, O, P.

Tips terapi bekam stroke

Sebelum melakukan terapi bekam untuk penderita stroke, anda harus bisa menentukan terlebuh dahulu apakah strokenya merupakan tipe pendarahan ( hemorragik) atau tipe stroke akibat sumbatan (iskemik). Jika stroke tipe pendarahan tunggu minimal 1 minggu setelah stroke baru bisa boleh dilakukan pembekaman pada titik bekam yang sudah saya jelaskan tadi.

Dan jika tipe stroke yang diderita akibat sumbatan, anda boleh melakukan terapi bekam setelah minimal 24 jam setelah serangan stroke. Pembekaman yang dianjurkan adalah bekam basah yakni dengan mengeluarkan darah kotor pada beberapa titik bekam stroke yang sudah saya jelaskan diatas.

Terapi bekam pada penderita stroke bisa anda lakukan maksimal 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali tergantung kondisi penderita. Untuk mempercepat proses penyembuhan pada penderita stroke, sebaiknya lakukan terapi harian dengan melakukan terapi pijat refleksi dan akupresur untuk penderita stroke yang sudah saya jelaskan pada artikel saya terdahulu. Demikian semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan referensi terapi bekam untuk penderita stroke. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *