Titik Akupresur Mengatasi Terkilir di Pergelangan Kaki

Diposting pada

Terapi Nyeri Engkel

Pergelangan kaki atau sendi engkel merupakan organ yang sering mengalami masalah terkilir dan keseleo, hal itu terjadi karena pergelangan kaki merupakan salahsatu sendi yang sering digunakan beraktifitas dan sebagai tumpuan berat badan saat berjalan. Nyeri pada sendi engkel karena keseleo berakibat pada kaki tak bisa digunakan beraktifitas secara normal dan harus menggunakan alat bantu untuk berjalan.

Sendi ankle yang terkilir terjadi karena ligamen pada pergelangan kaki meregang melebihi batas normal akibat salah gerak, cedera olah raga, terjatuh, salah posisi saat mendarat setelah melompat dan sebab lainnya. Biasanya pemain sepak bola dan futsal sering mengalami cedera angkel karena aktifitas olahraga yang dilakukan banyak mengandalkan tumpuan sendi angkel tersebut.

Selain itu aktifitas sehari-hari yang mengandalkan tumpuan pada pergelangan kaki juga bisa menyebabkan cedera otot sendi yang ditandai dengan rasa nyeri pada otot ketika digunakan untuk bergerak, oleh sebab itu jangan terlalu memaksakan diri atau bekerja terlalu keras untuk pekerjaan yang beresiko pada cedera pada otot dan sendi pergelangan kaki agar keseleo bisa dihindari.

Baca juga: Titik refleksi sakit sendi lutut

Namun jika cedera sudah tak terelakkan lagi, maka salahsatu jalan adalah melakukan pengobatan dan pemulihan agar penyembuhan bisa berjalan lebih cepat. Salahsatu jalan yang bisa anda tempuh untuk mengatasi masalah terkilir pada pergelangan kaki adalah dengan metode pijat refleksi dan akupresur yang sudah digunakan orang selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai macam keluhan dan penyakit luar dan dalam.

Titik akupresur Pergelangan kaki

Cedera engkel ringan pada dasarnya bisa ditangani sendiri dirumah, nah…, untuk mempercepat penyembuhan nyeri pada pergelangan kaki, disini admin akan berbagi beberapa titik akupresur yang bisa anda gunakan untuk terapi pijat sendiri, perhatikan dan fahami letak titik-titik yang sudah saya tandai dengan warna merah pada gambar berikut ini.

Titik akupresure nyeri pergelangan kaki

Terapi pemijatan biasa anda lakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain dengan melakukan pemijatan pada titik-titik yang dimulai dari nomor 1 sampai nomor 7, lama pemijatan pada setiap titiknya adalah 3 menit dengan tekanan sedang. Anda boleh melakukan terapi 3 kali sehari dan bisa anda kombinasikan dengan memberikan obat oles yang banyak dijual dipasaran.

Selama proses terapi dan pergelangan kaki anda belum sembuh total, jangan melakukan aktifitas atau pekerjaan yang terlalu memberatkan sendi angkel yang cedera, berjalanlah dengan hati-hati dan jangan bertupu pada kaki yang cedera. Jika kakinya agak parah, istirahat total adalah pilihan yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan.

Demikian artikel singkat saya tentang cara mengobati pergelangan kaki yang terkilir dan keseleo yang bisa saya jelaskan disini, semoga bermanfaat dan menjadi solusi tepat bagi anda yang membutuhkan, terimakasih atas perhatian dan kunjungan anda, semoga Alloh menjaga kesehatan kita semua… Aamiin.

(Visited 664 times, 44 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *