5 Tips Untuk Menghilangkan Bekas Bekam

Diposting pada

Bekas bekam hitam

Seperti biasa setelah selesai melakukan terapi bekam, akan menyisakan bekas lebam dengan warna yang berbeda-beda yang berbentuk bulat pada area kulit yang dibekam. Ada yang berwarna merah menyala, merah gelap atau hitam, ungu bahkan ada juga yang tak berubah warnanya sama sekali setelah di bekam. Untuk mengetahui makna atau arti warna kulit bekas bekam silahkan baca artikel saya terdahulu, atau klik pada link tersebut.

Sebenarnya lebam bekas bekam tersebut akan hilang secara alami dalam waktu 3 sampai satu minggu tergantung dengan jenis kulit, ketebalan kulit, lamanya pembekaman, lokasi atau area yang dibekam, angin didalam tubuh dan faktor lainnya yang bisa saja berbeda pada setiap orang. Mungkin bagi kita yang sudah sering melakukan terapi bekam, tak akan merasa terganggu dan risih dengan bekas bekam tersebut, apalagi jika letaknya berada di area yang bisa kita tutupi dengan pakaian seperti di punggung misalnya.

Namun jika bekas bekam tersebut terletak di kening, dagu, pelipis atau area lain diwajah, tentunya akan sangat mempengaruhi penampilan kita. Bisa-bisa kita dikira habis digebuki karena wajah nampak babak-belur penuh dengan bekas bekam. Tak mungkin juga bagi kita untuk menutupi wajah selama satu minggu untuk menyembunyikan bekas bekam dari terlihat oleh orang lain.

Oleh sebab itu, disini admin akan berbagi tips dan cara untuk menghilangkan bekas bekam atau setidaknya mengurangi dan mempercepat serta memulihkan warna kulit lebam bekas bekam sehingga warnanya cepat kembali seperti sediakala.

Menghilangkan bekas bekam

 

Cara Menghilangkan Bekas Bekam

Tips yang sedang saya bahas disini, bukan berarti bisa menghilangkan bekas bekam secara langsung. Namun setidaknya mengurangi dan mempercepat proses pengembalian pigmen kulit sehingga bisa cepat hilang, cara ini juga sudah banyak dibahas oleh para ahli bekam, namun tak ada salahnya untuk saya ulas lagi disni untuk melengkapi artikel tentang bekam di website Refleksi.id. Dan berikut ini beberpa tips yang bisa anda ikuti untuk menghilangkan warna lebam bekas bekam.

  • Untuk area tubuh yang terbuka seperti di wajah, dianjurkan untuk tak melakukan pembekaman terlalu lama terutama untuk penyedotan darah kotor, karena hal itu akan membuat bekas bekam menjadi lebih lama hilangnya.
  • Lakukan pemijatan atau pengurutan pada area bekas bekam yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah diarea tersebut, pemijatan bisa anda lakukan dengan menggunakan jari tangan atau dengan menggunakan alat pijat elektrik jika anda memilikinya.
  • Anda juga bisa melakukan pengompresan pada area bekas bekam setelah minimal 1 jam kemudian dengan menggunakan air hangat, bukan dengan menggunakan air panas.
  • Jangan tutup rapat area bekas bekam dengan pakaian terlebih dulu, biarkan sementara sirkulasi udara berjalan lancar disekitar area tubuh yang sudah dibekam.
  • Berikan minyak zaitun atau minyak habatussauda pada area bekas bekam secara merata, jika tidak punya, anda juga bisa menggunakan minyak but-but untuk mengurangi warna lebam bekas bekam.

Berapa lama bekas bekam bisa hilang setelah mengikuti tips diatas adalah berbeda-beda pada setiap orang, karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Jika anda tak terganggu dengan warna lebam bekas bekam tersebut, tidak ada masalah jika anda membiarkannya, karena ia akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 3 atau 1 minggu setelah proses pembekaman. Demikian artikel saya semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk masalah yang sedang anda alami.

(Visited 1.183 times, 30 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *