Tips Sederhana Supaya Tidak Mudah Masuk Angin

Diposting pada

Mencegah masuk angin

Tak dapat dipungkiri bahwasanya masuk angin adalah hal yang sering kita alami, dan tak sedikit dari kita yang beranggapan masuk angin adalah penykit ringan dan sepele padahal jika dibiarkan berlarut akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Masuk angin sudah akrab dan dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya meskipun istilah masuk angin tak dikenal dalam ilmu medis. Penyakit ini sering hadir pada musim pancaroba atau peralihan antara musim kemarau ke musim hujan.

Menurut pengalaman, orang yang mudah terkena masuk angin adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga badan sangat rentan terkena penyakit termasuk masuk angin.

Penyebab Masuk angin

Seperti halnya penyakit pada umumnya yang memiliki penyebab khusus yang menjadi pemicu seseorang mengalami sakit, begitu juga pada masuk angin yang mempunyai beberapa sebab tertentu yang membuat orang rentan mengalaminya.

Mengetahui suatu penyebab suatu penyakit akan mumudahkan kita untuk bisa menghindarinya sehingga penyakit tersebut tak menimpa kita karena mencegah adalah lebih baik daripada mengobati.

Dan berikut ini beberapa penyebab utama seseorang mengalami masuk angin:

  • Lemahnya daya tahan tubuh yang menjadi sebab utama masuk angin
  • Kecapekan dan kelelahan akut
  • Perubahan cuaca yang cepat
  • Akibat kehujanan
  • Berada di ruangan ber AC dalam waktu lama
  • Akibat begadang dan kurang tidur
  • Akibat sering keluar malam
  • Karena mabuk kendaraan
  • Jenis makanan dan minuman tertentu
  • Karena terpapar oleh angin dalam waktu tertentu

Faktor penyebab masuk angin pada setiap orang bisa saja berbeda, namun gejala masuk angin yang dirasakan biasanya sama seperti badan meriang, menggigil, badan lemas, perut kembung, sering sendawa, sulit kentut dan lainnya.

Masuk angin dan perut kembung

Tips agar tak mudah masuk angin

Setelah kita mengetahui beberapa faktor penyebab dan pemicu kenapa sering masuk angin, tentunya sudah terfikir oleh kita tentang cara pencegahannya yakni dengan menghindari faktor penyebab yang sudah saya jelaskan diatas.

Namun begitu disini admin akan berbagi tips mudah untuk mecegah masuk angin yang bisa anda lakukan sendiri agar badan anda tetap bugar dan tak mudah mengalami masuk angin.

  • Selalu perhatikan kondisi tubuh anda

Masuk angin paling sering menimpa orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, oleh sebab itu selalu perhatikan kesehatan dan kondisi tubuh anda seperti memperhatikan kecukupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Diartikel saya yang lain anda bisa menemukan cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan metode pijat refleksi dan akupresur yang bisa anda gunakan sebagai terapi tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Jangan terlalu memforsir tenaga saat bekerja

Orang yang mengalami kelelahan akan sangat mudah terkena masuk angin, jadi hal yang harus anda lakukan agar tak mudah masuk angin salahsatunya adalah dengan tidak memaksakan diri untuk bekerja lembur dan terlalu keras jika kandisi tubuh tak memungkinkan.

Mengatasi kelelahan dengan pijat refleksi

Jangan karena rupiah anda mengorbankan dan mengabaikan kesehatan tubuh anda, karena berapapun banyaknya uang yang anda dapatkan tak bisa menebus nikmat sehat yang Alloh berikan.

  • Hindari keluar malam

Angin malam yang dingin bisa menjadi faktor penyebab masuk angin, oleh sebab itu jangan sering keluar malam jika tak ada urusan yang penting

  • Tidur yang cukup

Kurang tidur akan membuat badan menjadi lemah dan rentan terkena penyakit, demikian sebaliknya orang yang cukup tidur malam yang berkualitas akan cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat serta tak mudah sakit.

  • Hindari begadang

Malam hari merupakan saat yang tepat untuk istirahat dan tidur, jadi jangan sering begadang dan tidur terlalu larut karena akan membuat badan menjadi lemas dan kurang berenergi saat bangun pagi.

  • Gunakan jaket jika bersepeda motor

Untuk melindungi tubuh dari terpapar oleh angin dalam waktu lama saat mengendarai sepeda motor ketika melakukan perjalan jauh, selalu gunakan jaket yang tak tembus angin agar tubuh anda tetap hangat dan tak mudah masuk angin.

Jaket anti masuk angin

  • Hindari minuman ber gas

Bagi tubuh yang sehat, mungkin minuman yang bersoda tak akan memberi efek signifikan bagi tubuh, namun bagi anda yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah akan mudah mengalami perut kembung dan masuk angin.

  • Persiapkan diri untuk cuaca yang tak menentu

Musim pancaroba adalah waktu yang sangat rentan seseorang mengalami masuk angin, maka dari itu persiapkan diri anda siap melaluinya dengan menerapkan pola hidup sehat agar tak mudah sakit.

Selain itu persiapkan juga alat yang dibutuhkan untuk melindungi tubuh saat turun hujan seperti payung atau jas hujan. Sehingga jika suatu saat hujan turun anda sudah siap dengan pelindung yang diperlukan.

Kesimpulan

Mencegah masuk angin tentunya lebih baik dari pada mengobatiya, meskipun masuk angin adalah penyakit ringan namun bukan berarti boleh kita anggap remeh karena jika dibiarkan juga bisa membahayakan kesehatan bahkan sampai hilangnya nyawa.

Jika masuk angin tak terhindarkan lagi, segera lakukan pengobatan pada tahap gejala agar masuk angin yang anda derita lebih mudah untuk di obati.

Untuk cara mengobati masuk angin secara alami, anda bisa membaca artikel saya terdahulu tentang metode dan cara yang tepat, aman dan murah yang bisa anda ikuti untuk mengatasi masuk angin dengan cepat.

Demikian beberapa tips kesehatan untuk mencegah masuk angin yang bisa anda ikuti dan praktekkan agar tak gampang masuk angin. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi solusi yang tepat bagi anda yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *