Tips Sederhana Agar Hidup Tetap Sehat dan Berkualitas

Diposting pada

Tips hidup sehat

Hidup sehat dan bahagia merupakan harapan setiap orang serta merupakan sebuah anugerah yang tak ternilai harganya, tak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan banyak biaya dan menempuh berbagai macam cara untuk mendapatkannya.

Dengan badan yang sehat kita akan bisa lebih bersemangat menjalani berbagai aktifitas pekerjaan yang akan kita jalani, lebih fokus dan berkonsentrasi dalam melakukan berbagai hal, sehingga kita akan merasakan hidup yang lebih bermanfaat dan berkualitas.

Nikmat sehat juga merupakan salahsatu nikmat pemberian dari tuhan yang wajib kita syukuri, karena berkat tubuh yang sehat kita masih bisa tetap berkarya serta lebih mudah menjalankan tugas dan kuwajiban kita sebagai seorang hamba.

Salahsatu cara untuk mensyukuri nikmat sehat yang Alloh karuniakan kepada kita adalah dengan selalu menjaga keadaan tubuh kita agar tetap bugar.

Terus bagaimana cara agar tubuh kita tetap sehat dan tak gampang sakit?

Nah…, disini admin akan berbagi cara sederhana dan mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, baca terus arttikel ini sampai selesai agar kita bisa mengambil manfaatnya.

Konsumsi air putih yang cukup

Perlu disadari bahwasanya tubuh kita sangat membutuhkan asupan cairan yang cukup setiap harinya, sehingga mengkonsumsi air putih sangat penting sekali untuk memenuhi kebutuhan ciran yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda tergantung dengan usia, berat badan, jenis penyakit dan iklim suatu daerah. Bayi dan anak-anak pasti berbeda jumlah air minum yang dibutuhkan dibandingkan dengan remaja dan orang dewasa.

Untuk usia remaja dan dewasa dibutuhkan setidaknya 8 gelas air minum atau setara dengan 2 liter dalam keadaan normal setiap harinya, jumlah tersebut harus ditambah jika melakukan aktifitas fisik yang lebih atau pekerja berat yang banyak mengeluarkan keringat.

Cukup minum air putih

Tercukupinya kebutuhan cairan didalam tubuh kita akan sangat membantu proses detoksifikasi berbagai macam racun dan toksin yang akan dikeluarkan melalui air kencing, keringat dan buang air besar.

Selain itu dengan banyak minum air putih akan menghindarkan tubuh kita dari dehidrasi, gangguan sistem pencernaan, gangguan fungsi ginjal, terganggunya kesehatan kulit dan jenis penyakit berbahaya lainnya.

Jadi mulai sekarang tumbuhkan kesadaran akan pentingnya minum air putih untuk menjaga tubuh tetap sehat, segar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tidur cukup dan berkualitas

Istirahat yang cukup setelah penat menjalani aktifitas harian sangat dibutuhkan untuk memulihkan kebugaran dan kondisi tubuh secara umum, istirahat terbaik yang disarankan tersebut adalah tidur malam cukup dan berkualitas.

Kurang tidur akan membuat tubuh kita menjadi lemas dan malas untuk menjalani aktifitas, tak bersemangat dalam menjalani hidup serta mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh menurunnya kinerja sistem imun.

Baca juga: Meningkatkan kekebalan tubuh dengan terapi akupresur

Selain itu tidur yang cukup dan berkualitas akan menyehatkan badan anda, meningkatkan kualitas hidup anda, terhindar dari stres dan memperbaiki ingatan serta mendorong kreatifitas yang tinggi.

Rutin Berolahraga

Olahraga secara teratur akan memberikan manfaat untuk kesehatan yang bisa anda rasakan secara langsung maupun dalam jangka panjang, melihat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh, tak heran jika setiap dokter dan praktisi kesehatan menyarankan kepada kita untuk melakukannya secara rutin.

Selain itu rajin olahraga adalah obat yang sangat ampuh untuk menjaga badan anda tetap sehat sehat dan bugar, menjaga berat badan tetap ideal, mencegah dari berbagai jenis penyakit karena orang yang rutin olahraga akan memiliki kekebalan tubuh yang kuat.

Kita bisa melakukan olahraga ringan dengan berjalan kaki, berlari, berenang, senam kesehatan, push up, angkat beban dan berbagai macam jenis olahraga yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

Meskipun begitu, banyak orang yang mengabaikan pentingnya melakukan olahraga secara teratur padahal bisa kita lakukan dengan mudah dan dengan biaya yang sangat murah bahkan gratis.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Buah merupakan sumber nutrisi, serat dan vitamin alami yang sangat penting untuk menjaga tubuh anda tetap sehat, artinya dengan mengonsumsi lebih banyak buah-buahan setiap hari akan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

Manfaat lain dari buah juga merupakan sumber antioksidan alami yang diperlukan untuk menjaga tubuh kita dari radikal bebas yang dapat memicu reaksi berantai dan dapat merusak sel-sel tubuh.

Konsumsi buah-buahan

Vitamin dan serat serta antioksidan alami yang dibutuhkan tubuh juga bisa anda dapatkan pada berbagai jenis sayur-sayuran yang mudah didapatkan, perpaduan keduanya akan menciptakan keseimbangan dan menjaga tubuh kita tetap sehat.

Mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak disini bukan berarti berlebih-lebihan, karena tak ada kebaikan pada suatu yang baik jika dilakukan secara berlebih-lebihan.

Hindari makanan yang tinggi pengawet

Dizaman modern seperti saat sekarang ini makanan dengan banyak pengawet dan pewarna sudah merajalela dan mudah untuk didapat disekitar kita, Orang lebih memilih cara instan untuk memenuhi kebutuhan perutnya daripada ribet yang penting kenyang tanpa memperhatikan dampaknya dikemudian hari.

Makanan dengan pengawet dan pewarna tinggi memang tak kita rasakan dampaknya secara instan, namun dalam waktu yang panjang pengawet dan pewarna kimiawi bisa membahayakan tubuh anda serta berpotensi menjadi penyebab berbagai penyakit kronis berbahaya.

Sebisa mingkin kurangi dan hindari makanan dengan bahan pengawet kimiawi karena sudah banyak studi dari para ahli yang memberikan peringatan akan bahaya dan dampak jangka panjang yang akan kita hadapi.

Pilih makanan sehat dan alami

Untuk mendapatkan hidup yang sehat, kita harus lebih selektif dalam memilih makanan atau minuman yang kita konsumsi setiap hari. Hal itu dikarenakan jenis makanan yang halal dan baik tentunya akan mendatangkan kebaikan bagi tubuh kita.

Dalam hal ini, memilih makanan yang sehat dan alami bisa menjadi pilihan utama, yakni dengan mengonsumsi makanan yang tak mengandung pengawet, pewarna dan pemanis buatan yang seharusnya kita hindari.

Memakan kananan yang tumbuh dari alam seperti buah, sayur dan biji-bijian serta daging ternak yang masih segar tentunya lebih enak dan menyehatkan dibandingkan dengan makanan dengan pengawet tinggi yang berpotensi merugikan.

Hanya memakan makanan yang halal dan baik

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwasanya makanan yang baik dan halal akan lebih menyehatkan dan membawa kebaikan bagi tubuh kita, karena suatu yang haram pastilah tak baik untuk kita konsumsi bahkan berpotensi membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Makanan yang baik dan halal tidak harus mahal, karena syarat makanan sehat tidak harus mahal namun makanan yang mampu memenuhi standar kebutuhan nutrisi tubuh yang dibutuhkan.

Yang dimaksud makanan yang halal itu mencakup jenis makanan yang baik dari segi sifatnya serta baik dan benar cara mendapatkannya. Artinya meskipun makanan dan minuman dari segi sifatnya baik belum tentu halal jika cara mendapatkannya dengan cara yang haram.

Jadi pastikan makanan dan minuman yang masuk kedalam perut kita adalah jenis makanan halal yang akan membawa kepada kesehatan dan keberkahan dalam hidup.

Hindari makan dan minum berlebihan

Berlebih-lebihan dalam berbagai hal akan membawa dampak buruk meskipun yang kita lakukan adalah hal yang baik, tak terkecuali dengan makan dan minum yang berlebihan juga berdampak buruk pada kesehatan.

Pada dasarnya kita akan merasakan lapar jika tubuh kita membutuhkan makan dan kita akan merasakan haus jika membutuhkan asupan minuman. Namun begitu bukan berarti kita menjadi rakus dan congok dengan melahap semua makanan yang ada tanpa memperhatikan porsi yang tepat untuk tubuh kita.

Idealnya kita bisa mengira porsi lambung yang kita miliki, makan dan minumlah secukupnya serta jangan sampai kekenyangan karena lambung yang penuh cenderung memberatkan kerja lambung dan membuat badan menjadi malas beraktifitas dan pembawaannya ngantuk terus.

Selain itu terlalu banyak makan juga berpotensi membuat berat badan menjadi cepat naik yang menyebabkan kegemukan atau obesitas, kalau sudah begitu maka badan akan mudah terserang penyakit.

Selalu berpikir positif dan optimis

Terlalu banyak fikiran juga bisa menjadi sumber berbagai macam penyakit, apalagi jika dibarengi dengan stress berkepanjangan serta depresi yang akan memperparah keadaan tubuh kita.

Berfikir positif

Otak merupakan pusat kendali dari tubuh manusia, sehingga menjaganya tetap sehat dengan tak membebaninya dengan berbagai hal yang berpotensi melemahkan kinerjanya adalah penting untuk kita lakukan.

Dengan berpikir positif dalam kehidupan ini erat kaitannya dengan menejemen pemulihan dari stress yang sering dihadapi oleh manusia modern saat ini, karena dengan berfikir positif akan mengurangi tingkat stress yang kita hadapi dan selalu optimis bahwasanya semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Hindari gaya hidup tidak sehat

Tak dapak dipungkiri bahwasanya gaya hidup yang tak sehat merupakan pemicu utama seseorang mudah terkena penyakit sehingga mengurangi kualitas hidup yang seharusnya kita hindari dengan sedaya upaya.

Pola hidup yang tak sehat biasanya berhubungan erat dengan kebiasaan hidup yang ingin serba instan tanpa memikirkan dampak buruk dikemudian hari.

Kebiasaan dan gaya hidup seperti minum-minuman keras, merokok, begadang, makan dan minum berlebihan, konsumsi makanan cepat saji, makanan berpengawet dan mengandung pewarna, tak menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, enggan berolahraga dan lainnya sebaiknya kita hindari untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih sehat.

Kesimpulan

Sebenarnya untuk mendapatkan kehidupan yang sehat dan berkualitas bisa dilakukan oleh siapa saja baik orang kaya maupun orang miskin sekalipun, mengingat untuk mendapatkannya tak dibutuhkan biaya yang besar bahkan gratis.

Meskipun untuk mendapatkan hidup sehat bisa kita raih dengan cara sederhana, mudah dan murah, pada kenyataannya masih banyak dari masyarakat kita di Indonesia yang masih enggan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupannya.

Sudah saatnya bagi kita untuk merubah pola fikir yang seharusnya mengutamakan kebiasaan hidup sehat untuk kualitas kehidupan jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang lebih baik, semoga kita semua bisa melakukannya dengan konsisten dan disiplin sehingga tercipta kehidupan masyarakan yang sehat dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *