Bagaimana Rasanya Gurah Hidung? Pemula Wajib Baca

Diposting pada

gurah apakah sakit

Terapi gurah merupakan sebuah metode pengobatan kuno yang sudah mashur di tengah masyarakat kita. Telinga kita pasti sudah tak asing lagi dengan gurah hidung yang menggunakan ramuan tertentu untuk memancing keluarnya lendir dan ingus dari saluran pernafasan.

Pada umumnya gurah hidung menggunakan ramuan dari akar srigunggu atau senggunggu yang memiliki khasiat untuk merangsang syaraf pada saluran pernafasan sehingga mampu mengeluarkan lendir kotor yang banyak mengandung racun dan toksin dari dalam tubuh kita.

Dahulu terapi gurah banyak dimanfaatkan oleh pesinden dan dalang untuk mendapatkan suara yang bagus dan nafas yang panjang, dilingkungan pesantren gurah hidung juga sangat bermanfaat untuk menyaringkan suara muadzin dan qori’ ketika melantunkan ayat suci Alquran.

Selain untuk mendapatkan suara yang bagus dan nafas yang panjang, ternyata terapi ini juga sangat efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan seperti sinusitis, sesak nafas, batuk dan lainnya.

Bagaimana rasanya digurah?

Melihat banyaknya manfaat gurah hidung yang bisa kita rasakan, banyak orang yang penasaran dan ingin melakukan sekaligus merasakan manfaat luarbiasa dari terapi tradisional yang sudah digunakan sejak zaman dahulu dan diwariskan secara turun temurun.

Namun ketika melihat seorang yang digurah dan banyak mengeluarkan lendir serta air mata, banyak orang yang merasa ngeri dan bertanya-tanya, apakah terapi gurah ini aman dan bagaimana sich rasanya digurah apakah menyakitkan dan akan membawa dampak buruk bagi kesehatan?

Pertanyaan tersebut lazim ditanyakan oleh mereka yang belum pernah merasakan terapi gurah, hal itu sangat wajar karena merasa ngeri melihat lendir bercucuran dari hidung dan mulut orang yang melakukan terapi gurah.

Disebut gurah hidung karena biasanya terapis akan memasukkan ramuan khusus melalui dua lubang hidung yang akan mengalir ke dalam kerongkongan. Bersamaan dengan mengalirnya ramuan tersebut, pasien akan merasakan panas pada hidung dan tenggorokan.

Selain itu anda juga akan melihat wajah yang memerah dan mata yang bercucuran air mata pada tahap awal proses gurah, kemudian sekitar 5 sampai 15 menit pasien akan mengalami hidung yang tersumbat total sehingga hanya bisa bernafas dari mulut saja.

Rasanya gurah hidung

Biasanya rasa panas pada hidung dan tenggorokan akan berangsur hilang, setengah jam pertama adalah masa dimana pasien akan merasakan tidak nyaman. Namun setelah itu pasien akan berangsur tenang seiring dengan berkurangnya rasa panas dari ramuan.

Proses terapi gurah hidung biasanya akan memakan waktu sekitar 1 sampai 2 jam dengan ditandai hidung yang sudah mulai plong dari sumbatan lendir dan hilangnya rasa panas pada hidung dan tenggorokan.

Rasa sakit pada awal digurah merupakan salahsatu fase yang harus dilalui oleh setiap pasien. Oleh sebab itu diperlukan persiapan sebelum melakukan terapi gurah untuk meminimalisir efek samping yang bisa saja terjadi bila tidak mempersiapkan diri.

Kesimpulan

Terapi gurah memang cukup menguras tenaga dan energi. Namun percayalah setelah selesai melakukan terapi ini, pengorbanan anda akan terbayar kontan dengan bisa merasakan langsung dari manfaat gurah yang sudah anda lakuakan.

Yang perlu anda ketahui bahwasanya tak ada terapi yang tak memiliki efek samping atau side effect, seperti pijat refleksi dan bekam yang juga harus merasakan sakit saat titik syaraf dipijat dan rasa sakit saat dihisap gelas bekam.

Namun semua itu bisa diminimalisir dengan persiapan yang matang serta mengikuti berbagai arahan dan anjuran dari seorang terapis professional. Yang jelas menurut saya manfaat yang anda peroleh lebih besar dibandingkan dengan pengorbanan yang harus anda lakukan.

Jadi bagi anda yang kebetulan akan melakukan terapi gurah, gak usah takut lagi untuk melakukannya, karena dengan persiapan yang matang dan dilakukan dengan bener, terapi gurah akan tetap aman dilakukan, jangan lupa setelah selesai terapi untuk memperhatikan juga pantangan gurah yang harus di hindari untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari terapi yang anda lakukan. Terimakasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *