Terapi Pijat Refleksi Varises di Kaki

Diposting pada

Terapi pijat varises

Varises atau varicose veins merupakan terjadinya penumpukan darah pada pembuluh vena yang berakibat pada pembengkakan dan pembuluh darah tersebut, meskipun semua pembuluh darah vena diseluruh tubuh berpotensi terkena varises, namun penyakit ini biasanya menyerang organ kaki terutama di betis, paha dan pada lipatan sendi lutut yang ditandai dengan munculnya tonjolan pembuluh darah vena yang berwarna kebiruan atau keunguan serta kadang melingkar-lingkar seperti tali.

Faktor utama penyebab terjadinya penyakit varises adalah rusaknya katup searah pada pembuluh darah vena dimana fungsinya adalah untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Dalam keadaan normal katup vena akan terbuka ketika darah mengalir ke jantung dan mencegah darah yang sudah lewat untuk kembali. Rusaknya katup tersebut menyebabkan darah bisa balik lagi dan menumpuk pada pembuluh darah vena.

Penyakit varises bisa menimpa siapa saja, namun menurut penelitian wanita lebih rentan terkena varises dibandingkan kaum pria, faktor lainnya yang memicu penyakit ini adalah kegemukan atau obesitas, pekerja berat, usia yang sudah lanjut serta kehamilan.

Baca juga: Terapi refleksi untuk mengatasi sakit lutut

Salahsatu cara untuk mengatasi penyakit varises yang bisa anda tempuh adalah dengan melakukan terapi pijat refleksi dan akupresur pada titik-titik tertentu yang terbukti mampu meringankan penderita varises dan mempercepat penyembuhan pada tahap gejala.

Letak titik refleksi varises

Untuk terapi penyembuhan pada penyakit varises dengan metode pijat refleksi, ada beberapa titik tertentu yang harus anda pelajari untuk dilakukan pemijatan padanya, oleh sebab itu disini admin sediakan sebuah gambar kumpulan titik refleksi varises di kaki yang dibutuhkan sebagai berikut.

Titik refleksi varises

Keterangan gambar:

  • Nomor 1 titiknya terletak 1 jari di atas titik tengah telapak kaki
  • Nomor 2 letaknya 4 jari diatas mata kaki dalam
  • Nomor 3 terletak 2 jari dibawah mata kaki dalam
  • Nomor 4 terletak 4 jari diatas lipatan sendi lutut
  • Nomor 5 titiknya berada di tengah betis
  • Nomor 6 berada di sendi lutut dalam

Terapi penyembuhan varises

Varises dalam tahap gejala atau masih tergolong ringan bisa lebih mudah diatasi dan disembuhkan dengan penanganan sendiri, jika masalahnya disebabkan oleh kegemukan maka diet adalah solusi utamanya. Kurangi aktivitas yang memforsir kaki anda sepeti berdiri terlalu lama, luangkan waktu sebentar untuk istirahat dengan meletakkan kaki pada posisi lebih tinggi dari badan anda. Penggunaan stoking antivarises juga sangat membantu penyembuhan.

Selain itu anda juga bisa menambahkan pijatan pada titik refleksi dan akupresur yang sudah saya jelaskan letaknya pada gambar diatas, lakukan pemijatan dengan tekanan sedang pada setiap titiknya minimal 1 menit, hindari dan abaikan pemijatan pada titik yang terkena varises secara langsung untuk menghindari luka pada pembuluh vena.

Pelajari juga: Titik pijat akupresur sakit betis

Demikian artikel saya tentang metode pijat refleksi varises pada kaki yang bisa saya jelaskan disini, meskipun jauh dari sempurna namun harapan saya semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan solusi sehat alami untuk masalah yang sedang anda alami. Jangan lupa untuk like FB fanspage refleksi.id untuk mendapatkan update terbaru .Terimakasih atas kunjungan anda di blog saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *