Titik Pijat Refleksi Cepat Atasi Ngompol Pada Anak

Diposting pada

Terapi ngompol pada anak

Ngompol atau bedwetting umumnya dialami oleh anak balita ketika tidur pada malam hari, namun begitu tak menutup kemungkinan ngompol bisa dialami oleh anak yang sudah beranjak remaja dan bahkan orang dewasa juga tak jarang yang mengalaminya.

Menurut penelitian setidaknya 20% anak usia 5 dan 6 tahun masih mengalami kebiasaan ngompol ketika tidur, dan sekitar 1% kasus ngompol masih dialami oleh anak usia remaja antara umur 12 dan 13 tahun, serta sedikit kasus yang masih dialami oleh orang dewasa.

Meskipun merupakan kebiasaan umum yang terjadi pada anak usia pra sekolah, namun ngompol atau kencing tanpa sadar saat tidur adalah kebiasaan buruk yang harus di minimalisir sejak dini sehingga tak akan berlanjut ketika anak sudah menginjak usia sekolah.

Tips sederhana mengatasi ngompol

Orang tua memiliki peran penting untuk memantau keadaan anak-anaknya serta memberikan perhatian khusus pada anak yang masih suka ngompol. Ada beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ngompol pada anak diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi konsumsi air putih pada malam hari
  • Biasakan buang air kecil sebelum tidur
  • Bangunkan anak pada waktu tertentu untuk buang air kecil
  • Memberi hadiah kecil ketika anak tidak ngompol
  • Tidak memarahi anak ketika ngompol

Baca juga: Pijat refleksi untuk mengatasi Anyang-anyangan

Jika dengan melakukan beberapa tips tersebut belum memberikan tanda-tanda berhenti ngompol, tak ada salahnya anda mencoba melakukan terapi pijat refleksi yang bisa anda lakukan sendiri pada anak anda dirumah, terapi pijat refleksi dilakukan pada titik-titik tertentu yang akan membantu mengatasi ngompol pada anak anda.

Titik refleksi ngompol pada anak

Terapi pijat refleksi merupakan metode pengobatan yang mudah dan murah dan bisa anda lakukan sendiri dirumah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun begitu diperlukan pengetahuan letak titik pijat yang tepat agar metode ini bisa dirasakan manfaatnya secara maksimal.

Termasuk disini untuk kasus mengatasi ngompol pada anak dibutuhkan setidaknya 8 titik refleksi di kedua telapak kaki dan punggung kaki yang bisa anda pelajari pada gambar di bawah ini.

Titik refleksi ngompol

Keterangan gambar:

  • Nomor 1 dan 2 adalah titik refleksi otak besar dan otak kecil pada telapak kaki kanan dan kiri
  • Nomor 3, 4 dan 5 merupakan titik refleksi ginjal, saluran kencing dan kandung kemih di kedua telapak kaki
  • Nomor 6, 7 dan 8 adalah titik akupresur untuk membantu menyeimbangkan elemen air

Terapi pijat mengatasi ngompol

Setelah anda mengetahui dengan benar letak titik refleksi yang dibutuhkan, selanjutnya anda bisa mulai melakukan terapi permulaan yakni dengan melakukan pijatan pada seluruh telapak dan punggung kaki yang sebelumnya sudah diolesi minyak urut, pijatan dilakukan minimal 5 menit.

Setelah itu pijatan difokuskan pada titik-titik yang sudah saya jelaskan pada gambar diatas yang dimulai dari titik nomor 1 sampai 8, pijatan dilakukan selama minimal 1 menit di setiap titiknya.

Lakukan terapi pijat refleksi ini setiap hari terutama pada malam hari sebelum anak berangkat tidur, dengan terpapi refleksi secara rutin insyaAlloh akan cepat mengatasi masalah ngompol pada anak anda.

Fungsi dari terapi pijat refleksi disini adalah memberikan rangsangan pada titik refleksi yang akan meningkatkan kontrol anak terhadap keinginan kencing, menguatkan saluran kencing termasuk kandung kemih serta untuk membantu menyeimbangkan elemen atau unsur air didalam tubuh.

Titik refleksi ngompol yang saya share diatas bisa juga digunakan untuk mengatasi sering kencing dan ngompol pada remaja atau orang dewasa, demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat untuk anda yang membutuhkan. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *