7 Titik Pijat Refleksi Tingkatkan Nafsu Makan

Diposting pada

Terapi pijat susah makan

Menurunnya nafsu makan merupakan suatu hal sepele yang bisa saja menjadi masalah serius apabila tak segera diatasi, biasanya penurunan nafsu makan bisa terjadi disebabkan oleh masalah psikis seperti banyaknya fikiran, stres berkepanjangan serta karena mengalami sakit tertentu. Keadaan ini bisa menimpa siapa saja baik anak-anak sampai orang dewasa.

Umumnya hilangnya nafsu makan yang disebabkan karena sedang sakit akan berjalan dalam waktu yang singkat yang menandakan gejala penyerta dari sebuah penyakit tertentu, dan nafsu makan akan kembali normal pada saat sembuh dari penyakit tersebut.

Yang perlu dihawatirkan adalah ketika menurunnya nafsu makan berlaku pada orang sehat dalam jangka waktu lebih dari 3 hari, bila di biarkan berlaarut-larut akan mebawa dampak yang buruk pada tubuh anda karena kekurangan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh dari makanan yang di konsumsi.

Baca juga: Terapi pijat refleksi atasi kegemukan

Untuk mengatasi masalah turunnya nafsu makan, disini saya akan berbagi cara mengatasinya dengan metode pijat refleksi yang bisa anda lakukan sendiri dirumah yakni dengan melakukan pemijatan sederhana pada titik tertentu yang akan meningkatkan dan mengembalikan nafsu makan anda.

Titik pijat refleksi nafsu makan

Titik refleksi untuk meningkatkan nafsu makan yang akan saya share disini, terfokus pada titik pijat untuk menormalkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh yang berada di telapak kaki dan kedua telapak tangan. Selain itu saya tambahkan 3 juga titik akupresur yang berada di perut yang bisa anda pelajari pada gambar berikut ini.

Refleksi nafsu makan

Keterangan gambar:

  • 1 adalah titik refleksi kelenjar tiroid
  • 2 dan 3 merupakan titik refleksi serabut syaraf lambung dan organ lambung di kedua telapak kaki
  • Nomor 4 dan 5 adalah titik refleksi lambung dan usus
  • Nomor 6 adalah titik akupresur yang terletak 4 jari diatas pusar
  • Nomor 7 letaknya 2 jari disamping pusar kanan dan kiri

Pijat meningkatkan nafsu makan

Terapi pijat refleksi merupakan metode pengobatan alami yang sudah digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu dan terbukti mampu mengobati dan mempercepat penyembuhan untuk berbagai jenis penyakit dengan cara yang mudah, murah dan aman dilakukan. Salahsatunya adalah untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak dan orang dewasa.

Proses pemijatan bisa anda lakukan jika sudah memahami letak titik refleksi yang dibutuhkan seperti yang sudah saya jelaskan pada gambar diatas, terapi pijat refleksi dilakukan pada titik-titik dari nomor 1 sampai 7 dengan tekanan sedang selama minimal 1 menit pada setiap titiknya.

Jika penyebab hilangnya nafsu makan yang anda alami karena stres, silahkan tambahkan pemijatan pada titik refleksi atasi stres yang sudah saya bahas secara rinci dan bisa anda pelajari pada artikel terdahulu.

Untuk terapi tahap awal peningkatan nafsu makan, lakukan sebanyak 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut. Untuk pemijatan pada anak-anak hendaknya dilakukan denganperlahan karena syarafnya juga masih sensitif meskipun dengan tekanan yang ringan. Imbangi dengan banyak minum air putih setiap kali selesai terapi refleksi semoga penyakit anda cepat sembuh dengan izin Alloh Subhanahu Wata’ala aamiin.

Titik pijat nafsu makan tersebut akan meningkatkan keinginan untuk makan sehingga bisa juga digunakan untuk terapi anak yang susah makan atau bagi anda yang berbadan kurus dan ingin meningkatkan berat badan agar lebih ideal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *