Apakah Pijat Refleksi Boleh dilakukan dan Aman Untuk Ibu Hamil?

Diposting pada

Terapi ibu hamil

Seorang ibu yang sedang hamil biasanya akan mengalami sering capek, lelah dan mengalami pembengkakan pada kaki. Ketika mengalami hal tersebut, maka pijat refleksi bisa menjadi solusi tepat yang bisa dilakukan untuk mengurangi masalah tersebut.

Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah bolehkah ibu yang sedang hamil menjalani terapi pijat refleksi? Apakah menjalani pijat refleksi tak akan membahayakan kehamilan dan janin yang sedang dikandung….?

Pada dasarnya terapi pijat refleksi adalah metode pengobatan yang sangat aman untuk semua orang, baik laki-laki maupun perempuan bahkan terapi ini juga aman dilakukan pada anak-anak maupun lansia dengan perlakuan khusus tentunya.

Akan tetapi untuk ibu hamil ada beberapa syarat dan hal-hal yang harus diperhatikan agar terapi pijat refleksi tetap aman dilakukan, serta tak membawa dampak buruk pada proses kehamilan yang sedang dijalani.

Pijat refleksi ibu hamil

Yang perlu diperhatikan sebelum pijat refleksi ibu hamil

Diantara hal yang harus diperhatikan untuk ibu hamil yang akan melakukan terapi refleksi kaki adalah sebagai berikut:

  • Sebaiknya jangan melakukan pijat refleksi saat hamil pada trimester pertama

Seorang ibu yang sedang hamil pada 3 bulan pertama adalah masa yang masih rentan pada proses kehamilan, pemijatan pada titik refleksi akan meningkatkan kontraksi pada rahim yang tentunya akan sangat berbahaya jika usia kandungan anda masih muda.

  • Jangan melakukan pijat refleksi bagi ibu hamil yang lemah kandungannya

Ibu hamil yang memiliki kandungan yang lemah harus lebih ekstra hati-hati dalam menjaga kandungannya dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan anda sebelum mencoba melakukan terapi pijat refleksi.

  • Lakukan pijat refleksi setelah usia kandungan 3 bulan lebih

Usia kandungan diatas 3 bulan biasanya akan lebih kuat dana aman untuk menjalani terapi pijat refleksi dan ibu hamil bisa merasakan manfaat dari terapi yang dilakukan.

  • Lakukan pijatan pelan dan terukur

Pijat refleksi pada ibu hamil hendaknya dilakukan secara perlahan dan tak terlalu keras, hal itu agar ibu hamil tak merasa kesakitan yang berakibat pada kontraksi pada kandungannya.

Kesimpulan

Pijat refleksi pada ibu hamil akan tetap aman jika dilakukan dengan benar dan mengikuti prosedur yang memang seharusnya di ikuti. Terapi pijat refleksi bisa menjadi solusi tepat untuk berbagai keluhan yang biasa dihadapi oleh ibu hamil seperti cepat lelah, kaki bengkak dan keluhan lainnya.

Menurut penelitian yang telah dilakukan terhadap beberapa ibu hamil yang melakukan terapi refleksi secara rutin, terbukti memberikan efek positif untuk mengatasi berbagai keluhan saat hamil, penelitian tersebut bisa anda baca selengkapnya disini.

Bagi para ibu hamil yang ingin melakukan terapi pijat refleksi, jangan khawatir karena anda masih tetap bisa melakukan terapi tersebut untuk meringankan keluhan yang anda alami, sepanjang dilakukan dengan benar, terapi refleksi ibu hamil akan tetap aman dan menjadi solusi mudah dan murah dari masalah yang anda hadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *