Pantangan Makanan Penderita Asam Urat Agar Cepat Sembuh

Diposting pada

Pantangan makanan asam urat

Pada dasarnya penyakit asam urat bisa menyerang siapa saja baik pada usia muda maupun orang dengan usia lanjut, besarnya resiko asam urat pada setiap orang berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh dan gaya hidup yang ia jalani.

Penyakit asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat didalam darah sehingga tak mampu di bersihkan oleh ginjal dan menumpuk di persendian yang berakibat pada rasa nyeri dan pembengkakan pada area sendi.

Penyebab yang umum seseorang terkena asam urat adalah karena gemar atau sering mengonsumsi jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi yang secara otomatis akan meningkatkan kadar asam urat didalam darah sehingga meningkatkan resiko terhadap penyakit asam urat.

Jika seseorang sudah terkena asam urat, ia akan mengalami rasa sakit yang luar biasa pada persendian seperti sendi kaki dan tangan, rasa nyeri persendian tersebut akan di barengi dengan pembengkakan dan membuat sendi sulit dan sakit saat digerakkan.

Oleh sebab itu untuk memperkecil resiko terkena penyakit asam urat selain menerapkan pola hidup sehat, sebaiknya kurangi dan kalau bisa hindari beberapa jenis makanan yang benyak mengandung zat purin tinggi. Dan untuk penderita asam urat makanan jenis ini wajib di hindari agar penyakit yang ia derita bisa cepat sembuh.

Daftar makanan pantangan asam urat

Berpantang terhadap makanan untuk mempercepat penyembuhan penyakit tertentu adalah hal yang bisa anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan, jadi jika pantangan tersebut di langgar akan berakibat tak baik untuk jenis penyakit yang ia derita.

Menghindari jenis makanan atau berpantang juga bukan berarti kita mengharamkan jenis makanan yang pada dasarnya halal untuk di konsumsi, namun semata-mata untuk kebaikan dan kesehatan penderita penyakit.

Termasuk dalam hal ini adalah penyakit asam urat yang memiliki beberapa pantangan terhadap jenis makanan yang banyak mengandung zat purin tinggi yang harus di hindari agar penyakit asam urat tidak semakin parah.

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Daftar makanan dan minuman pantangan asam urat

Untuk lebih jelasnya tentang jenis pantangan makanan asam urat, silahkan baca daftarnya berikut ini :

  • Hindari mengonsumsi daging

Orang yang menderita penyakit asam urat harus mengurangi atau menghindari makanan daging yang banyak mengandung zat purin terutama daging merah seperti daging sapi, kambing, domba.

  • Stop makan jeroan binatang

Jeroan binatang mengandung zat purin yang sangat tinggi, untuk orang sehat saja mengonsumsinya harus dibatasi apalagi bagi penderita penyakit asam urat jeroan harus masuk daftar makanan yang harus dihindari.

Jenis jeroan binatang yang harus anda hindari adalah hati, usus, limpa, babat, jantung, otak, ginjal dan jeroan binatang lainnya.

  • Stop mengonsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol adalah jenis minuman yang harus masuk daftar hitam dalam hidup anda baik ketika sehat apalagi ketika menderita asam urat. Jenis minuman ini membawa dampak yang sangat buruk untuk kesehatan secara keseluruhan.

  • Hindari makanan laut (sea food)

Bagi anda penderita asam urat agar mengurangi jenis makanan sea food karena makanan laut mengandung zat purin yang tinggi, makanan laut yang kaya akan purin adalah kerang, kepiting, ikan asin, ikan makarel (ikan kembung), ikan teri, tiram, udang dan lobster.

  • Sayuran dengan purin tinggi

Sayuran sebenarnya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, namun untuk kasus penderita asam urat, ada beberapa jenis sayuran yang mengandung purin tinggi yang harus dihindari seperti bayam, kacang polong, bunga kol, buncis dan jamur.

  • Mengurangi mimuman manis

Meskipun minuman manis mengandung zat purin yang rendah, namun untuk penderita asam urat sebaiknya dihindari untuk mempercepat proses penyembuhan. Jenis minuman yang harus dihindari adalah softdrink, minuman kemasan, sirup yang tinggi fruktosa dan jenis minuman kemasan lainnya.

  • Kurangi makan daging unggas

Daging unggas juga harus dihindari atau minimal dikurangi oleh penderita asam urat, meskipun kadar purin dari jenis daging ini termasuk rendah.

Kesimpulan yang bisa diambil

Berpantang atau menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung purin tinggi untuk penderita asam urat akan membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit yang ia derita.

Meskipun begitu bukan berarti penyakit anda bisa sembuh begitu saja dengan hanya menghindari jenis makanan dan minuman tersebut, pantangan makanan asam urat tersebut sifatnya hanya membantu dan bukan mengobati.

Untuk mengobati penyakit asam urat anda bisa mengikuti metode pengobatan yang sudah ada seperti mendatangi dokter, melakukan terapi bekam asam urat atau dengan metode pijat refleksi dan akupresur yang bisa anda pilih sendiri.

Demikian artikel saya tentang daftar 7 pantangan makanan untuk asam urat yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang menderita asam urat sebagai referensi menghindari jenis makanan yang berbahaya untuk asam urat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *