Pantangan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Gondongan

Diposting pada

Pantangan gondongan

Setiap kita pasti sudah pernah mendengar, melihat atau bahkan pernah mengalami yang namanya penyakit gondongan, penyakit ini disebabkan oleh pembesaran atau pembengkakan pada kelenjar parotid yang berfungsi untuk memproduksi air liur.

Pada fase awal, orang yang akan mengalami penyakit gondongan atau biasa juga disebut gondokan, akan mengalami rasa tidak nyaman pada tenggorokan dan pada fase-fase berikutnya penderita akan mengalami pembengkakan di leher.

Jika pembengkakan pada kelenjar parotid sudah terjadi, maka penderita biasanya akan mengalami rasa nyeri pada bagian leher atas yang bengkak dan kesulitan untuk mengunnyah serta menelan makanan.

Jika anda mengalami sakit gondongan, selain melakukan pengobatan secara intensif, ada beberapa pantangan gondongan yang harus anda hindari dan telah admin rangkum dalam artikel ini untuk mempercepat proses penyembuhan dari penyakit yang anda alami.

Pantangan Gondongan

Gondongan biasanya dialami oleh anak-anak rentang usia 5 sampai 12 tahun, namun juga tak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini jika belum pernah mengalaminya.

Namun jika sudah pernah mengalami gondongan sekali, kondisi tubuh pada umumnya akan kebal dari penyakit gondongan yang disebabkan oleh bakteri dan virusĀ paramyxovirus ini.

Pada dasarnya penyakit gondongan bukanlah penyakit yang berbahaya, namun begitu bukan berarti kita boleh menganggap enteng penyakit ini, karena bisa saja menjadi penyakit yang serius jika tak ditangani dengan segera.

Mengobati gondongan

Selain melakukan perawatan pada penyakit gondongan, disini admin telah merangkum beberapa pantangan yang harus dihindari oleh penderita gondongan sebagai berikut:

  • Hindari makanan padat

Penderita gondongan biasanya akan mengalami sakit dan kesulitan untuk mengunyah sehingga disarankan untuk menghindari makanan yang padat yang mengharuskan untuk dikunyah sebelum ditelan.

Sebaiknya penderita gondongan disediakan jenis makanan yang lembut dan mudah di telan seperti bubur dan sejenisnya untuk menghindari rasa sakit saat menelan makanan.

  • Hindari makanan berminyak

Makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak cenderung meperparah pada kasus gejala gondongan, oleh sebab itu sebisa mungkin untuk menghindarinya atau mengganti dengan jenis makanan yang di rebus atau dikukus.

  • Hindari makanan pedas dan asam

Makanan yang pedas dan asam akan memancing air liur keluar terus sehingga akan memperparah keadaan kelenjar parotid yang mengalami peradangan.

  • Kurangi mengonsumsi jus buah

Pada dasarnya jus buah sangat kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi untuk penderita gondongan mengonsumsi jus buah tidak dianjurkan.

Jus buah akan menyebabkan pembengkakan pada kelenjar parotit semakin dehidrasi sehingga rasa nyeri akan semakin menjadi, sebaiknya ganti jus buah dengan banyak minum air putih yang lebih aman untuk penderita gondongan.

  • Tidak minum air es

Untuk penderita gondongan, sangat disarankan untuk menghindari minuman es atau minuman dingin, yang dikhawatirkan akan memperparah pembengkakan pada kelenjar parotid, sebaiknya konsumsi air hangat atau air putih biasa agar lebih aman.

  • Tidak sering keluar rumah

Orang yang mengalami gejala gondongan biasanya mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga dianjurkan untuk banyak istirahat di dalam rumah untuk perawatan dan mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu cara ini juga untuk mengurangi resiko penularan penyakit gondongan yang disebabkan oleh virus yang bisa saja menyerang orang lain yang berbaur dengan anda yang sedang menderita gondongan.

Baca juga: Terapi pengobatan hipertiroid

Dengan mengetahui berbagai pantangan yang harus dihindari oleh penderita gondongan, diharapkan akan mengurangi rasa sakit, nyeri akibat pembengkakan pada kelenjar parotid serta membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Demikian artikel singkat dari saya tentang pantangan gondongan yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga dengan mengetahui dan menghindari pantangan tersebut bisa menjadi solusi tepat untuk penyakit yang anda alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *