Manfaat Terapi Bekam Untuk Kesehatan Secara Umum

Diposting pada

Manfaat terapi bekam

Terapi bekam adalah metode pengobatan klasik yang sudah berumur ribuan tahun dengan prinsip mengeluarkan darah kotor atau darah statis yang mengandung toksin dari dalam tubuh melalui proses pembekaman yang dilakukan.

Meskipun perkembangan ilmu pengobatan saat ini sudah berkembang sedemikian pesat, namun bukan berarti pengobatan klasik akan ditinggalkan dan hilang begitu saja. Buktinya saat ini makin banyak orang yang menggunakan berbagai metode pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang di derita.

Selain karena biaya yang lebih murah dibandingkan metode pengobatan pada umumnya, terapi bekam juga aman dilakukan dan minim efek samping jika dilakukan sesuai prosedur yang benar.

Tak hanya itu alasan mengapa orang memilih metode ini adalah lebih pada banyaknya manfaat terapi bekam yang bisa dirasakan secara langsung maupun tidak langsung setelah melakukan terapi bekam untuk masalah kesehatan yang dialami.

Bagi umat islam, melakukan bekam juga mengikuti ajaran dan anjuran Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang sudah saya bahas didalam hadits bekam terdahulu. Artinya dengan melakukan bekam sunnah kita akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan plus mengikuti sunnah nabi yang berati bernilai pahala didalamnya.

Manfaat Terapi Bekam

Terapi bekam memiliki segudang manfaat yang tak pernah cukup di tuangkan dalam artikel pendek ini, namun begitu penulis akan merangkum manfaat luar biasa yang bisa anda dapatkan pada terapi bekam yang anda lakukan.

Sebelum kita melakukan terapi bekam, ada baiknya untuk mengetahui apa sih manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan terapi ini. Dengan mengetahui manfaat terapi bekam akan menumbuhkan keinginan yang kuat untuk melakukan terapi ini untuk mendapatkan manfaat yang ada.

Berikut ini beberapa manfaat terapi bekam yang telah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Bekam untuk mengatasi rasa nyeri

Salah satu alasan seseorang melakukan terapi bekam adalah ingin mengatasi rasa nyeri dan ketidaknyamanan dari bagian tubuh yang dirasakan. Terapi bekam akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit akibat dari berbagai kondisi seperti sakit pinggang dan punggung, sakit leher, rematik, nyeri pada persendian, sakit kepala dan lainnya.

Melakukan pembekaman akan memberikan efek positif pada titik tertentu sehingga akan mengurangi rasa sakit dan nyeri yang dirasakan. Hal itu akan lebih aman dan efektif di lakukan dibandingkan anda mengonsumsi obat pereda nyeri pada umumnya.

Manfaat bekam relaksasi

Bekam untuk relaksasi

Terapi bekam memberikan efek yang hampir sama dengan pijat untuk relaksasi, penghisapan pada jaringan otot juga akan menyedot angin dari tubuh, merelaksasi otot-otot tubuh yang tegang yang bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres dan depresi.

Selain itu bekam relasasi juga akan memperlancar peredaran darah pada area yang dibekam sehingga sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi kelelahan atau capek pada badan, seperti sakit pada otot pinggang dan punggung, mengatasi rasa pegal pada otot betis kaki dan paha serta pada otot tubuh lainnya.

Bekam untuk meningkatkan fungsi organ tubuh

Melakukan pembekaman pada titik tertentu dan pengangkatan darah kotor yang mengandung racun akan meningkatkan fungsi pada organ dalam tubuh. Hal itu berfungsi untuk mengangkat sumbatan dan memperlancar peredaran darah di sekitar organ tersebut.

Dengan lancarnya peredaran darah, maka sudah bisa dipastikan kebutuhan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan akan lancar tanpa hambatan. Metode bekam ini baik digunakan untuk mengobati penyakit maag dan lambung secara umum, hati, menguatkan jantung, mengatasi masalah pernafasan, memperbaiki masalah pencernaan, meningkatkan fungsi ginjal dan masalah lainnya.

Khasiat terapi bekam untuk Mengobati cedera

Bagian tubuh yang mengalami cedera sangat membutuhkan nutrisi dan oksigen yang cukup untuk memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak akibat cedera dan mempercepat proses penyembuhan.

Pembekaman memang tak dibolehkan pada area yang cedera secara langsung, namun boleh di lakukan di sekitarnya untuk relaksasi dan memperlancar peredaran darah ke area yang sakit sehingga cidera cepat teratasi. Terapi ini sangat bermanfaat untuk penderita plantar fasciitis, terkilir di persendian tangan dan kaki, cedera otot dan lainnya.

Manfaat terapi bekam untuk pemulihan penyakit berat

Bekam yang dilakukan secara teratur pada penderita penyakit berat terbukti mampu memberikan efek positif dan memberikan peningkatan dari berbagai fungsi organ tubuh yang mengalami masalah.

Dengan prinsip detoksifikasi dan memperlancar peredaran darah, terapi bekam akan membantu proses pemulihan pada penderita stroke, kelumpuhan, syaraf terjepit, kolesterol tinggi, penyakit jantung dan berbagai jenis penyakit kronis lainnya

Bekam untuk vitalitas dan kesuburan

Manfaat luarbiasa lainnya dari terapi bekam adalah mampu meningkatkan vitalitas pria dan meningkatkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita.

Tentunya terapi bekam ini akan sangat bermanfaat bagi pasutri yang belum dikaruniai anak. Dengan melakukan ikhtiar terapi bekam secara teratur, InsyaAlloh akan membantu mengatasi masalah kesuburan agar cepat dapat momongan.

Manfaat bekam untuk kecantikan wanita

Melakukan bekam wajah dengan mengeluarkan darah statis yang mengandung toksin, hal itu akan mengangkat sumbatan pembuluh darah, membuang racun dan membuat peredaran darah disekitar wajah menjadi lancar tanpa hambatan.

Manfaat bekam secara teratur pada wajah akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan kulit wajah anda. menghilangkan jerawat, bersih dari komedo, menghilangkan kerutan serta membuat anda tampak awet muda.

Bekam untuk kecantikan wanita

Manfaat terapi bekam untuk kecerdasan

Manfaat luarbiasa lainnya yang bisa anda rasakan dari terapi bekam di leher dan kepala selain untuk mengatasi berbagai masalah sakit kepala adalah peningkatan daya ingat dan kecerdasan otak.

Hal itu bisa terjadi karena sumbatan pembuluh darah ke otak telah diangkat dengan melakukan terapi bekam, sehingga berbagai nutrisi penting untuk menunjang kinerja otak akan lebih lancar.

Bekam untuk menjaga kesehatan

Selain biasa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit luar dan dalam. Manfaat terapi bekam lainnya adalah untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar dan tak mudah sakit.

Bekam kesehatan adalah untuk detiksifikasi tubuh dari berbagai toksi dan racun pada darah dengan cara mengeluarkannya melalui terapi bekam pada titik-titik tertentu.

Waktu terbaik Terapi bekam untuk menjaga kesehatan adalah sebaiknya dilakukan pada tanggal 17. 19 dan 21 bulan hijriyah setiap bulannya seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel terdahulu.

Kesimpulan manfaat bekam

Melihat banyaknya manfaat terapi bekam yang bisa kita dapatkan dari uraian diatas, masihkan kita ragu untuk mengakui bahwasanya bekam adalah sebaik-baik pengobatan yang bisa kita gunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Selain manfaat yang sudah saya sebutkan diatas, bagi kita seorang muslim akan mendapatkan manfaat ganda. Yakni dengan niat melakukan terapi bekam untuk mengikuti sunnah Nabi maka kita juga akan mendapatkan pahala sunnah selain manfaat kesehatan yang kita peroleh.

Sudah saatnya bagi kita untuk menggunakan cara pengobatan Nabi ini untuk pengobatan berbagai masalah kesehatan yang kita alami, karena didalam terapi bekam terdapat manfaat yang besar untuk kesehatan dengan efek saming yang sangat sedikit jika dilakukan dengan benar.

Demikian artikel saya tentang manfaat terapi bekam yang bisa kita dapatkan untuk pengobatan dan menjaga kesehatan yang bisa saya share pada kesempatan hari ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk kita kembali pada pengobatan alami yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam melihat besarnya manfaat yang bisa kita dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *